PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 90 TOCEMBA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.4944

Authors

  • Taufiq Taufiq` Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Konsep, Model, STAD

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman konsep luas bangun datar yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil tes awal kondisi awal yaitu 66,73 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 77,2 dengan ketuntasan klasikal meningkat 73,33%. Tindakan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,4 dengan ketuntasan klasikal meningkat 80%.Sedangkan tindakan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,93 dengan ketuntasan klasikal meningkat 93,33%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heruman, H., & Pd, M. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15-19.
HIRZI, R. H., GAZALI, M., HAYATI, N., BASIRUN, B., & SATRIAWAN, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 215-221.
Mukti, A. F. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNINGTIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(1.1).
DATAR, P. P. K. L. B. MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Taufiq`, T. (2024). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 90 TOCEMBA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 338–348. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.4944