PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 90 TOCEMBA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.4944
Keywords:
Konsep, Model, STADAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif STAD pada siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman konsep luas bangun datar yang diperoleh dari nilai rata-rata hasil tes awal kondisi awal yaitu 66,73 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 77,2 dengan ketuntasan klasikal meningkat 73,33%. Tindakan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,4 dengan ketuntasan klasikal meningkat 80%.Sedangkan tindakan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,93 dengan ketuntasan klasikal meningkat 93,33%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 90 Tocemba tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15-19.
HIRZI, R. H., GAZALI, M., HAYATI, N., BASIRUN, B., & SATRIAWAN, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 215-221.
Mukti, A. F. (2017). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNINGTIPE STAD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD. KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN, 5(1.1).
DATAR, P. P. K. L. B. MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.