PENALARAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA YANG MEMILIKI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Keywords: Penalaran, HOTS, Gaya Berpikir

Abstract

  1. Problem penelitian ini adalah kemampuan penalaran Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill di materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran mahasiswa calon guru matematika yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan penalaran matematika subjek dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill cenderung memenuhi semua indikator kemampuan penalaran, Dalam mengajukan dugaan,  subjek mampu menjelaskan banyak dugaan dalam menyelesaikan SPLTV baik menggunakan metode subtitusi, eliminasi, matriks ataupun grafik. Selain itu, subjek menjelaskan dugaan dalam membentuk persamaan pecahan dengan pendekatan perbandingan berbalik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
29-05-2021
How to Cite
Kriswinarso, T. B., Suaedi, S., & Ma’rufi, M. (2021). PENALARAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA YANG MEMILIKI GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL ABSTRAK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 33-44. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1196

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>