ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH POLYA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7246
Keywords:
analisis kesalahan, masalah matematika, langkah penyelesaian PolyaAbstract
Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa yang melakukan kesalahan yang paling banyak yaitu satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki. Instrumen dalam penelitian ini Tes Penyelesaian Masalah Matematika (TPMM), wawancara, dan alat rekam audio. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa mengalami berbagai kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika, mulai dari memahami masalah hingga memeriksa Kembali jawaban akhir. Pada tahap awal, siswa kesulitan memahami bahasa soal, simbol matematika, dan informasi penting serta cenderung bergantung pada bantuan dari luar. Pada tahap perencanaan, siswa seringkali bingung dalam menentukan langkah-langkah, memilih strategi yang kurang tepat, serta kesulitan melanjutkan proses penyelesaian masalah. Pada tahap pelaksanaan, kesalahan yang muncul meliputi salah mengartikan satuan, kesalahan hitung, dan kegagalan menyusun langkah-langkah yang sesuai dengan konteks masalah. Meskipun beberapa siswa mampu menentukan rumus awal yang benar, pelaksanaan sering kali terganggu oleh kurangnya kemampuan mengaitkan hasil dengan konteks dan kesulitan dalam melakukan konversi dengan tepat. Terakhir, dalam memeriksa kembali jawaban, siswa umumnya tidak melakukan refleksi secara memadai, cenderung percaya diri terlalu cepat merasa yakin terhadap hasil, dan belum memiliki kesadaran metakognitif yang berkembang secara optimal. Keseluruhan temuan mengindikasikan perlunya penguatan keterampilan memahami soal, menyusun strategi, berpikir reflektif, dan pemahaman metakognitif dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Cahyaningrum, S. (2015). Identifikasi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fauziah, F., & Astutik, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 996-1007.
Fitriyani, L., Hidayat, W., & Rahmawati, D. (2023). Peran Stimulus dalam Meningkatkan Pemahaman Soal Cerita Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 58–70.
Flavell, J. H. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911.
Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hasan, B. (2020). Kesulitan Siswa dan Scaffolding dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang. Numeracy, 7(1), 49-64.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Lestari, H. R., & Yudhanegara, M. R. (2023). Pengaruh Struktur Soal terhadap Kesalahan Pemahaman Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 12(1), 33–48.
Nafi’ah, A. M., Wibowo, I. C., & Dianto F. (2017). Periodesasi Masa Perkembangan Anak-Anak. Skripsi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nuraeni, I., Nurhalisa, F., & Fitriani, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus dan Balok intuk Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Cililin. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1771-1778.
Nuraini, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang (Studi Di Kelas V MI Islamiyah Ciwaru Cipocok Jaya Kota Serang). Skripsi. Banten: Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Nurjannah, N., Mirna, M., Nurlili, N., & Ismunandar, A. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pisa ditinjau dari Gender. JTMT: Journal Tadris Matematika, 1(2), 1-8.
OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.
Patmaniar. (2022). Profil Folding Back Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Jenis Kelamin. Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Polya, G. (1945). How to Solve It. Princeton University Press.
Polya, G. (1945). How to Solve It. Princeton, NJ: Princeton University Press.
Punding, W. (2018). Identifikasi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok Berdasarkan Taksonomi Anderson Di Kelas VIII MTS Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 19(1), 13-27.
Puspitasari, M., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Aspek Problem Representation dan Solution Execution. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 609-618.
Putra, A. R., & Wulandari, F. M. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Representasi dan Bahasa Soal. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 9(1), 44–59.
Rahmawati, D., & Yuliana, M. (2022). Pengembangan Kemampuan Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Strategi Self-Questioning. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 77–89.
Risqiyanti, E., D., & Setyaningsih, N. (2018). Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Volume Kubus Dan Balok Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gender (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rosnawati, R., Lestari, H. R., & Cahyani, R. (2022). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Memeriksa Kembali Jawaban Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 45–58.
Sari, D. P., & Hidayat, W. (2023). Analisis Strategi Perencanaan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Prosedural Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 9(1), 62–76.
Sari, D. P., & Setiawan, W. (2022). Analisis Kesalahan Eksekusi Strategi Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–127.
Schoenfeld, A. H. (1985). Mathematical Problem Solving. Orlando, FL: Academic Press.
Skemp, R. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20–26.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Wahyudi. (2015). Panduan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Untuk Guru dan Calon Guru SD). Surakarta: UNS Press.
Yuliani, N., & Hidayat, W. (2023). Analisis Kesalahan Eksekusi Strategi dalam Soal Matematika Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 9(1), 49–61.
Yulianti, F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1647-1658.
Yusnaeni, R., & Amir, Z. (2023). Refleksi Kritis Siswa dalam Proses Evaluasi Jawaban Matematika: Studi Kasus pada Soal Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(2), 110–120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 