ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH POLYA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7246

Authors

  • Normalasari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma’rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Syamsu Alam Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

analisis kesalahan, masalah matematika, langkah penyelesaian Polya

Abstract

Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa yang melakukan kesalahan yang paling banyak yaitu satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki. Instrumen dalam penelitian ini Tes Penyelesaian Masalah Matematika (TPMM), wawancara, dan alat rekam audio. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa mengalami berbagai kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika, mulai dari memahami masalah hingga memeriksa Kembali jawaban akhir. Pada tahap awal, siswa kesulitan memahami bahasa soal, simbol matematika, dan informasi penting serta cenderung bergantung pada bantuan dari luar. Pada tahap perencanaan, siswa seringkali bingung dalam menentukan langkah-langkah, memilih strategi yang kurang tepat, serta kesulitan melanjutkan proses penyelesaian masalah. Pada tahap pelaksanaan, kesalahan yang muncul meliputi salah mengartikan satuan, kesalahan hitung, dan kegagalan menyusun langkah-langkah yang sesuai dengan konteks masalah. Meskipun beberapa siswa  mampu menentukan rumus awal yang benar, pelaksanaan sering kali terganggu oleh kurangnya kemampuan mengaitkan hasil dengan konteks dan kesulitan dalam melakukan konversi dengan tepat. Terakhir, dalam memeriksa kembali jawaban, siswa umumnya tidak melakukan refleksi secara memadai, cenderung percaya diri terlalu cepat merasa yakin terhadap hasil, dan belum memiliki kesadaran metakognitif yang berkembang secara optimal. Keseluruhan temuan mengindikasikan perlunya penguatan keterampilan memahami soal, menyusun strategi, berpikir reflektif, dan pemahaman metakognitif dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyaningrum, S. (2015). Identifikasi Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 4 Delanggu Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fauziah, F., & Astutik, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 996-1007.

Fitriyani, L., Hidayat, W., & Rahmawati, D. (2023). Peran Stimulus dalam Meningkatkan Pemahaman Soal Cerita Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 58–70.

Flavell, J. H. (1979). Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive-Developmental Inquiry. American Psychologist, 34(10), 906–911.

Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasan, B. (2020). Kesulitan Siswa dan Scaffolding dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang. Numeracy, 7(1), 49-64.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Lestari, H. R., & Yudhanegara, M. R. (2023). Pengaruh Struktur Soal terhadap Kesalahan Pemahaman Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 12(1), 33–48.

Nafi’ah, A. M., Wibowo, I. C., & Dianto F. (2017). Periodesasi Masa Perkembangan Anak-Anak. Skripsi. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nuraeni, I., Nurhalisa, F., & Fitriani, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus dan Balok intuk Siswa Kelas Viii SMP Negeri 1 Cililin. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1771-1778.

Nuraini, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang (Studi Di Kelas V MI Islamiyah Ciwaru Cipocok Jaya Kota Serang). Skripsi. Banten: Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Nurjannah, N., Mirna, M., Nurlili, N., & Ismunandar, A. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pisa ditinjau dari Gender. JTMT: Journal Tadris Matematika, 1(2), 1-8.

OECD. (2022). PISA 2022 Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.

Patmaniar. (2022). Profil Folding Back Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika berdasarkan Jenis Kelamin. Disertasi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Polya, G. (1945). How to Solve It. Princeton University Press.

Polya, G. (1945). How to Solve It. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Punding, W. (2018). Identifikasi Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus dan Balok Berdasarkan Taksonomi Anderson Di Kelas VIII MTS Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 19(1), 13-27.

Puspitasari, M., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Aspek Problem Representation dan Solution Execution. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 609-618.

Putra, A. R., & Wulandari, F. M. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Kontekstual Berdasarkan Representasi dan Bahasa Soal. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 9(1), 44–59.

Rahmawati, D., & Yuliana, M. (2022). Pengembangan Kemampuan Reflektif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika melalui Strategi Self-Questioning. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 77–89.

Risqiyanti, E., D., & Setyaningsih, N. (2018). Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Volume Kubus Dan Balok Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gender (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rosnawati, R., Lestari, H. R., & Cahyani, R. (2022). Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Memeriksa Kembali Jawaban Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 45–58.

Sari, D. P., & Hidayat, W. (2023). Analisis Strategi Perencanaan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Prosedural Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 9(1), 62–76.

Sari, D. P., & Setiawan, W. (2022). Analisis Kesalahan Eksekusi Strategi Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–127.

Schoenfeld, A. H. (1985). Mathematical Problem Solving. Orlando, FL: Academic Press.

Skemp, R. R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20–26.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wahyudi. (2015). Panduan Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Untuk Guru dan Calon Guru SD). Surakarta: UNS Press.

Yuliani, N., & Hidayat, W. (2023). Analisis Kesalahan Eksekusi Strategi dalam Soal Matematika Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 9(1), 49–61.

Yulianti, F., & Novtiar, C. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1647-1658.

Yusnaeni, R., & Amir, Z. (2023). Refleksi Kritis Siswa dalam Proses Evaluasi Jawaban Matematika: Studi Kasus pada Soal Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(2), 110–120.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Normalasari, N., Ma’rufi, M., & Alam, S. (2025). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN MASALAH POLYA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1575–1594. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7246

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>