Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan SFBC untuk Meningkatkan Environmental Mastery pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sampang Kabupaten Cilacap

Authors

  • Intan Paramartha Permataningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Rossi Galih Kesuma Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6405

Keywords:

Efektivitas, Konseling Kelompok, Solution-Focused Brief Counseling, Environmental Mastery

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam mengelola aktivitas harian, beradaptasi dengan lingkungan sosial, serta mengenali potensi diri menunjukkan perlunya intervensi psikopedagogis yang tepat untuk meningkatkan environmental mastery. Salah satu pendekatan yang berfokus pada kekuatan individu dan solusi adalah Solution-Focused Brief Counseling (SFBC). Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling kelompok berbasis pendekatan SFBC dalam meningkatkan environmental mastery siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sampang, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 96 siswa, dan 12 siswa dengan skor environmental mastery rendah dipilih sebagai subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen (n = 6) dan kontrol (n = 6). Kelompok eksperimen mengikuti lima sesi konseling kelompok dengan pendekatan SFBC, sementara kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala environmental mastery yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dari skor I (M = 78,67) ke posttest (M = 149,17) dengan nilai t = 9,14 dan p < 0,001. Kelompok kontrol tidak mengalami perubahan signifikan (t = 2,37; p = 0,064). Uji beda antar kelompok juga menunjukkan perbedaan signifikan (t = 9,96; p < 0,001). Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan SFBC efektif dalam meningkatkan environmental mastery, khususnya dalam membantu siswa mengelola, menyesuaikan diri, dan memanfaatkan lingkungan secara adaptif. Oleh karena itu, SFBC direkomendasikan sebagai alternatif layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Habsy, B., Rahmawati, A., Ariyanti, D. W., Zahro, C. I., & Santoso, H. R. P. (2024). Pendekatan solution focused brief counseling dalam konseling kelompok. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(4), 14-14. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i4.515

Aldawsari, N. F., Adams, K. S., Grimes, L. E., & Kohn, S. (2018). The effects of cross-cultural competence and social support on international students’ psychological adjustment: Autonomy and environmental mastery. Journal of International Students, 8(2), 901-924. https://doi.org/10.32674/jis.v8i2.120

Dartina, V., Nabila, S., Alfaiz, A., & Maharani, I. F. (2024). Systematic literature review: penerapan layanan konseling kelompok solution focused brief therapy (SFBT) pada peserta didik di sekolah menengah. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 36-46. https://doi.org/10.30653/001.202481.319

Duri, R., Nurlela, N., & Rahmawaty, I. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Sfbc (Solution-Focused Brief Counseling). Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 210-218. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4919

Hana, N., Sugiyo, S., & Wibowo, M. E. (2020). Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy terhadap Peningkatan Self Disclosure Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 60-67. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1238

Harahap, J. S., & Silvianetri, S. (2024). Efektifitas Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(2), 107-122. https://doi.org/10.29240/jbk.v8i2.10836

Heriansyah, M. (2019). Efektivitas konseling kelompok kognitif behavioral untuk meningkatkan kesadaran akademik mahasiswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 96-101. http://dx.doi.org/10.29210/120192343

Kusumawati, E. (2024). Sinergi Kompetensi Kewirausahaan dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Pembelajaran Progresif dan Meningkatkan Kinerja Inovatif Guru. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(4), 529–535. https://doi.org/10.56916/ejip.v3i4.874

Lase, F., & Halawa, N. (2024). -Pengentasan Bahaya Narkolema Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Sosiety 5.0 Studi Pengaruh: Edukasi BK Kelasikal Strategi BMB3. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8787-8798. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5121

Lombu, J., Nugroho, A. R., & Gunawan, R. (2023). Keefektifan konseling kelompok SFBC dalam meningkatkan resiliensi siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 322-331. https://doi.org/10.30653/001.202372.300

Mulawarman, P. D. (2023). SFBC (Solution-Focused Brief Counseling) Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset, dan Prosedur. Prenada Media.

Nicolas, M., Martinent, G., Palinkas, L., & Suedfeld, P. (2022). Dynamics of stress and recovery and relationships with perceived environmental mastery in extreme environments. Journal of Environmental Psychology, 83, 101853. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2022.101853

Putri, D. N. S. S., Shakiera, L., Aziz, H. N., & Wardah, F. M. (2023). Psychological well-being: Penerimaan diri dan penguasaan lingkungan, mengenali mindfulness dari sikap negatif ke surplus sikap positif hidup. Journal of Indonesian Psychological Science, 3(2), 416-425. https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.19427

Regita, E., Luthfiyyah, N., & Marsuki, N. R. (2024). Pengaruh media sosial terhadap persepsi diri dan pembentukan identitas remaja di Indonesia. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(1), 46-52. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.830

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of personality and social psychology, 69(4), 719.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan kesejahteraan psikologis pada remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43-59. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323

Srianturi, Y., Distira, R. P. A., & Fitrianingsih, S. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(2), 211-219. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i2.15929

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.CV.

Wibowo, N. A. K., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 46-54. https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.289

Widayanti, W., Sugiyo, S., & Murtadho, A. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok SFBC dengan Teknik Exception dan Miracle Question untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Pelaku Tawuran di SMK Nasional Cirebon. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v4i2.1043

Wijayanti, T. (2020). Konseling kelompok untuk peningkatan motivasi belajar dengan pendekatan SFBC (Teknik miracle question). Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 106-114. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15063

Published

2025-07-30

How to Cite

Permataningtyas, I. P., & Kesuma, R. G. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan SFBC untuk Meningkatkan Environmental Mastery pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sampang Kabupaten Cilacap. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 990–1000. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6405

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.