Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan SFBC untuk Meningkatkan Environmental Mastery pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sampang Kabupaten Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6405Keywords:
Efektivitas, Konseling Kelompok, Solution-Focused Brief Counseling, Environmental MasteryAbstract
Rendahnya kemampuan siswa dalam mengelola aktivitas harian, beradaptasi dengan lingkungan sosial, serta mengenali potensi diri menunjukkan perlunya intervensi psikopedagogis yang tepat untuk meningkatkan environmental mastery. Salah satu pendekatan yang berfokus pada kekuatan individu dan solusi adalah Solution-Focused Brief Counseling (SFBC). Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan konseling kelompok berbasis pendekatan SFBC dalam meningkatkan environmental mastery siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sampang, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi berjumlah 96 siswa, dan 12 siswa dengan skor environmental mastery rendah dipilih sebagai subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen (n = 6) dan kontrol (n = 6). Kelompok eksperimen mengikuti lima sesi konseling kelompok dengan pendekatan SFBC, sementara kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala environmental mastery yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dari skor I (M = 78,67) ke posttest (M = 149,17) dengan nilai t = 9,14 dan p < 0,001. Kelompok kontrol tidak mengalami perubahan signifikan (t = 2,37; p = 0,064). Uji beda antar kelompok juga menunjukkan perbedaan signifikan (t = 9,96; p < 0,001). Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan SFBC efektif dalam meningkatkan environmental mastery, khususnya dalam membantu siswa mengelola, menyesuaikan diri, dan memanfaatkan lingkungan secara adaptif. Oleh karena itu, SFBC direkomendasikan sebagai alternatif layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Downloads
References
Al Habsy, B., Rahmawati, A., Ariyanti, D. W., Zahro, C. I., & Santoso, H. R. P. (2024). Pendekatan solution focused brief counseling dalam konseling kelompok. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(4), 14-14. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i4.515
Aldawsari, N. F., Adams, K. S., Grimes, L. E., & Kohn, S. (2018). The effects of cross-cultural competence and social support on international students’ psychological adjustment: Autonomy and environmental mastery. Journal of International Students, 8(2), 901-924. https://doi.org/10.32674/jis.v8i2.120
Dartina, V., Nabila, S., Alfaiz, A., & Maharani, I. F. (2024). Systematic literature review: penerapan layanan konseling kelompok solution focused brief therapy (SFBT) pada peserta didik di sekolah menengah. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 36-46. https://doi.org/10.30653/001.202481.319
Duri, R., Nurlela, N., & Rahmawaty, I. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Sfbc (Solution-Focused Brief Counseling). Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 210-218. https://doi.org/10.51878/manajerial.v5i1.4919
Hana, N., Sugiyo, S., & Wibowo, M. E. (2020). Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy terhadap Peningkatan Self Disclosure Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 60-67. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i2.1238
Harahap, J. S., & Silvianetri, S. (2024). Efektifitas Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(2), 107-122. https://doi.org/10.29240/jbk.v8i2.10836
Heriansyah, M. (2019). Efektivitas konseling kelompok kognitif behavioral untuk meningkatkan kesadaran akademik mahasiswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 96-101. http://dx.doi.org/10.29210/120192343
Kusumawati, E. (2024). Sinergi Kompetensi Kewirausahaan dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Pembelajaran Progresif dan Meningkatkan Kinerja Inovatif Guru. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(4), 529–535. https://doi.org/10.56916/ejip.v3i4.874
Lase, F., & Halawa, N. (2024). -Pengentasan Bahaya Narkolema Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Sosiety 5.0 Studi Pengaruh: Edukasi BK Kelasikal Strategi BMB3. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8787-8798. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5121
Lombu, J., Nugroho, A. R., & Gunawan, R. (2023). Keefektifan konseling kelompok SFBC dalam meningkatkan resiliensi siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 322-331. https://doi.org/10.30653/001.202372.300
Mulawarman, P. D. (2023). SFBC (Solution-Focused Brief Counseling) Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset, dan Prosedur. Prenada Media.
Nicolas, M., Martinent, G., Palinkas, L., & Suedfeld, P. (2022). Dynamics of stress and recovery and relationships with perceived environmental mastery in extreme environments. Journal of Environmental Psychology, 83, 101853. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2022.101853
Putri, D. N. S. S., Shakiera, L., Aziz, H. N., & Wardah, F. M. (2023). Psychological well-being: Penerimaan diri dan penguasaan lingkungan, mengenali mindfulness dari sikap negatif ke surplus sikap positif hidup. Journal of Indonesian Psychological Science, 3(2), 416-425. https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.19427
Regita, E., Luthfiyyah, N., & Marsuki, N. R. (2024). Pengaruh media sosial terhadap persepsi diri dan pembentukan identitas remaja di Indonesia. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(1), 46-52. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.830
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of personality and social psychology, 69(4), 719.
Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan kesejahteraan psikologis pada remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43-59. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323
Srianturi, Y., Distira, R. P. A., & Fitrianingsih, S. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Perencanaan Karier. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(2), 211-219. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i2.15929
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.CV.
Wibowo, N. A. K., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 46-54. https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.289
Widayanti, W., Sugiyo, S., & Murtadho, A. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok SFBC dengan Teknik Exception dan Miracle Question untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa Pelaku Tawuran di SMK Nasional Cirebon. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v4i2.1043
Wijayanti, T. (2020). Konseling kelompok untuk peningkatan motivasi belajar dengan pendekatan SFBC (Teknik miracle question). Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(2), 106-114. https://doi.org/10.29407/nor.v7i2.15063
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Paramartha Permataningtyas, Rossi Galih Kesuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.