Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flip PDF Professional pada Elemen Etika Profesi Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya

Authors

  • Nestya Putri Alifah Universitas Negeri Surabaya
  • Rochmawati Rochmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6490

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, E-Book, Flip PDF Professional, Elemen Etika Profesi

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu cepat telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Teknologi digital pada dunia pendidikan semakin banyak digunakan  baik sebagai sumber informasi maupun fasilitas pendukung proses belajar mengajar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memfasilitasi munculnya berbagai sumber belajar dan aplikasi yang dirancang secara intuitif, sehingga dapat dengan mudah dipahami dan dimanfaatkan sebagai sarana pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu wujud inovasi yang muncul dalam bidang pendidikan adalah pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar digital berupa E-Book berbasis Flip PDF Professional. Selain mengembangkan produk, penelitian ini juga mengevaluasi tingkat kelayakan E-Book, menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaanya, serta mengukur efektivitasnya dalam mendukung pembelajaran.  Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Namun, proses penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop) mengingat keterbatasan waktu dan sumber daya yang tersedia. Fokus utama ditujukan pada validasi produk, penilaian respon peserta didik, serta analisis efektivitas E-Book dalam proses pembelajaran. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya sebanyak 20 peserta didik yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata persentase validasi, skor angket, serta uji N-gain untuk mengukur efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa E-Book yang dikembangkan berada dalam kategori kelayakan sangat tinggi. Persentase yang diperoleh masing-masing adalah 90% untuk isi materi, 90,67% untuk aspek bahasa, dan 100% untuk tampilan visual. Selain itu, hasil angket peserta didik menunjukkan respon sangat positif dengan rata-rata skor sebesar 98,33%. Skor N-gain yang diperoleh sebesar 0,80 dikategorikan sebagai peningkatan tinggi. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa E-Book berbasis Flip PDF Professional tidak hanya layak digunakan, tetapi juga terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik pada elemen etika profesi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana, R., & Rochmawati, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Doratoon pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Materi Simpanan Deposito pada Siswa SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8801-8808. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2643

Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Denisa, L., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Modul Kontekstual Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Berbasis Flip Pdf Professional. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 79–87. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p79-87

Hardini, F. S., & Susanti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(2), 63–74. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n2.p63-74

Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424

Kamilah, S., & Rohayati, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1257-1268. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1770

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Mawarzani, S., Sahabuddin, & Muzawir. (2023). Efektivitas Bahan Ajar E-Book Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Pelajaran Ekonomi. REFORM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(03), 1–13. https://doi.org/10.70004/reform.v6i03.57

Megalina, Y., Sahyar, & Hutahaean, J. (2022). the Development E-Book Media Based Stem Using Kvisoft Flipbook Maker in Kinematics. International Journal of Applied Science and Research, 05(06), 49–63. https://doi.org/10.56293/ijasr.2022.5453

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal kajian teknologi pendidikan, 5(1), 61-66.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Pratiwi, A. Z. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Pendekatan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(02), 145-151.

Putri, I. W. (2023). Development of Interactive E-Book by Flip PDF Professional Application for the Improvement of Students’ Competence in French Language. Galore International Journal of Applied Sciences and Humanities, 8(1), 31-38. https://doi.org/10.52403/gijash.20240105

Rahmah, S. M., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan bahan ajar berupa e-book pada mata pelajaran akuntansi keuangan kompetensi dasar akuntansi piutang kelas XI berbasis pendekatan saintifik di SMK Yapalis Krian. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 60-70. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5727

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta,cv.

Rindaryati, N. (2021). E-modul counter berbasis Flip Pdf pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192-199. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rosyida, S., & Rochmawati, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Buku Digital Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Fliphtml5 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 7(4), 2388–2395. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5869

Rugaya, Megalina, Y., & Hutahaean, J. (2022). The Development of the Modern Physics E-book utilizes Flip PDF Professional to increase student independent. International Journal of Applied Science and Research, 05(06), 144–152. https://doi.org/10.56293/ijasr.2022.5464

Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154–162. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26269

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490

Setyowati, P., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengantar Akuntansi, Literasi Digital, Dan Self-Regulated Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 149–157. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p149-157

Suprapto, N., Tafauliyati, T., & Yanti, V. K. (2022). Development of e-book with flip PDF professional based on scientific literacy. TEM Journal, 11(2), 851-855. https://doi.org/10.18421/TEM112-44

Published

2025-08-01

How to Cite

Alifah, N. P., & Rochmawati, R. (2025). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flip PDF Professional pada Elemen Etika Profesi Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1101–1111. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6490

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.