Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flip PDF Professional pada Elemen Etika Profesi Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6490Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar, E-Book, Flip PDF Professional, Elemen Etika ProfesiAbstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu cepat telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Teknologi digital pada dunia pendidikan semakin banyak digunakan baik sebagai sumber informasi maupun fasilitas pendukung proses belajar mengajar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memfasilitasi munculnya berbagai sumber belajar dan aplikasi yang dirancang secara intuitif, sehingga dapat dengan mudah dipahami dan dimanfaatkan sebagai sarana pendukung dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu wujud inovasi yang muncul dalam bidang pendidikan adalah pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar digital berupa E-Book berbasis Flip PDF Professional. Selain mengembangkan produk, penelitian ini juga mengevaluasi tingkat kelayakan E-Book, menganalisis respon peserta didik terhadap penggunaanya, serta mengukur efektivitasnya dalam mendukung pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Namun, proses penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop) mengingat keterbatasan waktu dan sumber daya yang tersedia. Fokus utama ditujukan pada validasi produk, penilaian respon peserta didik, serta analisis efektivitas E-Book dalam proses pembelajaran. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 6 Surabaya sebanyak 20 peserta didik yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata persentase validasi, skor angket, serta uji N-gain untuk mengukur efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa E-Book yang dikembangkan berada dalam kategori kelayakan sangat tinggi. Persentase yang diperoleh masing-masing adalah 90% untuk isi materi, 90,67% untuk aspek bahasa, dan 100% untuk tampilan visual. Selain itu, hasil angket peserta didik menunjukkan respon sangat positif dengan rata-rata skor sebesar 98,33%. Skor N-gain yang diperoleh sebesar 0,80 dikategorikan sebagai peningkatan tinggi. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa E-Book berbasis Flip PDF Professional tidak hanya layak digunakan, tetapi juga terbukti mampu meningkatkan pemahaman peserta didik pada elemen etika profesi.
Downloads
References
Apriliana, R., & Rochmawati, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Doratoon pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Materi Simpanan Deposito pada Siswa SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8801-8808. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2643
Ariga, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka pasca pandemi covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Denisa, L., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Modul Kontekstual Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Berbasis Flip Pdf Professional. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 79–87. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p79-87
Hardini, F. S., & Susanti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(2), 63–74. https://doi.org/10.26740/jpak.v8n2.p63-74
Hasanah, M., Supeno, S., & Wahyuni, D. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 44–58. https://doi.org/10.21093/twt.v10i1.5424
Kamilah, S., & Rohayati, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 1257-1268. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1770
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671
Mawarzani, S., Sahabuddin, & Muzawir. (2023). Efektivitas Bahan Ajar E-Book Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Pelajaran Ekonomi. REFORM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(03), 1–13. https://doi.org/10.70004/reform.v6i03.57
Megalina, Y., Sahyar, & Hutahaean, J. (2022). the Development E-Book Media Based Stem Using Kvisoft Flipbook Maker in Kinematics. International Journal of Applied Science and Research, 05(06), 49–63. https://doi.org/10.56293/ijasr.2022.5453
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Nastiti, F. E., & Ni’mal‘Abdu, A. R. (2020). Kesiapan pendidikan Indonesia menghadapi era society 5.0. Jurnal kajian teknologi pendidikan, 5(1), 61-66.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Pratiwi, A. Z. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Pendekatan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(02), 145-151.
Putri, I. W. (2023). Development of Interactive E-Book by Flip PDF Professional Application for the Improvement of Students’ Competence in French Language. Galore International Journal of Applied Sciences and Humanities, 8(1), 31-38. https://doi.org/10.52403/gijash.20240105
Rahmah, S. M., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan bahan ajar berupa e-book pada mata pelajaran akuntansi keuangan kompetensi dasar akuntansi piutang kelas XI berbasis pendekatan saintifik di SMK Yapalis Krian. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 60-70. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5727
Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta,cv.
Rindaryati, N. (2021). E-modul counter berbasis Flip Pdf pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192-199. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan calon pendidik dalam mengembangkan perangkat pembelajaran pada kurikulum merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Rosyida, S., & Rochmawati, R. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Buku Digital Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Aplikasi Fliphtml5 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 7(4), 2388–2395. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5869
Rugaya, Megalina, Y., & Hutahaean, J. (2022). The Development of the Modern Physics E-book utilizes Flip PDF Professional to increase student independent. International Journal of Applied Science and Research, 05(06), 144–152. https://doi.org/10.56293/ijasr.2022.5464
Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154–162. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26269
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490
Setyowati, P., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Pengantar Akuntansi, Literasi Digital, Dan Self-Regulated Learning Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Akuntansi Keuangan Berbasis Daring. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 149–157. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p149-157
Suprapto, N., Tafauliyati, T., & Yanti, V. K. (2022). Development of e-book with flip PDF professional based on scientific literacy. TEM Journal, 11(2), 851-855. https://doi.org/10.18421/TEM112-44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nestya Putri Alifah, Rochmawati Rochmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.