Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Konsep Sistem Peredaran Darah Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang dalam memfasilitasii keterampilan berpikir kritis peserta didik. Diharapkan dengan adanya Lembar Kerja Peserta Didik yang berkualitas mampu membuat tujuan kurikulum 2013 tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik konsep Sistem Peredaran Darah biologi SMA berbasis keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian inii merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain evaluasi formatif Tessmer (1993) yang meliputi tahap uji pakar, uji perorangan, dan uji kelompok kecil. Dalam pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ini, keterampilan berpikir kritis beracuan pada model Facione. Subjek validasi adalah dua orang dosen pendidikan biologi dan satu orang guru biologi SMA. Subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas XI SMA. Subjek uji kelompok kecil adalah enam orang peserta didik kelas XI SMA. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa kepraktisan isi hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, memiliki kategori baik dengan skor 3, 71 dan kepraktisan harapan hasil pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, memiliki kategori sangat baik dengan skor 94, 45%.
Downloads
References
Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Anggraini, W., Yenny Anwar & Kodri Madang. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi pada Manusia untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, Volume 3, Nomor 1, Mei 2016. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.489
Arbainsyah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya dalam Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Tesis Magister. Program Studi Magister Pendidikan Biologi. Program Pascasarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto, D. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers.
Facione. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction “The Delphi Report” Executive Summary. California: The California Academic Press.
Faridah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Hidayati, D., Rinie P.P., & Sunu K. (2012). Pengembangan LKS Berorientasi Lingkungan Sekitar Sekolah pada Materi Ekosistem di MAN Pamekasan. BioEdu,1(2).
Hidayati, Nurul. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Topik Energi dalam Sistem Kehidupan di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Volume 2, Nomor 2, November 2016. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2.3283
Jaya, I. M., I. W. Sadia & I. B. P. Arnyana. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guide Inquiry untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4 (1).
Khairaty, Nurul Inayah., A. Mushawwir Taiyeb & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Three-Tier Test di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, Volume 6, Nomor 1, Jan-Jun 2018. DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6037
Novitasari, Asti., Nurhayati B., & Muh Junda. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis pada Keterampilan Proses Sains terhadap Peserta Didik Kelas XI IPA SMA pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, hal. 196-208.
Novitayani, Anni. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Eksresi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
P21. (2008). 21st Century Skills, Education & Competitiveness. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.
Pratiwi, Y. A., & Isnawati, I. (2018). Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Bio-Entrepreneurship pada Materi Bioteknologi SMA Kelas XII. BioEdu, 7(2), 194-200.
Rahman, Nova Aulia. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Sirkulasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin: Tidak dipublikasikan.
Rahmina, Noor. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Reproduksi. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Rusman, M. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo.
Sadiah, Halimatus. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Biologi SMA Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Sistem Pernafasan. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 5 (2). DOI: https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3388
Suryawati, E. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Biologi SMA Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2).
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Trilling, B. and Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Van Den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research 3. In Van Den Akker, J. Nieven, N., Branch, R.M., Gustafson, K.L. and Plomp, T (Eds). Design Methodology Developmental Research in Education and Training, . The Netherlands: Kluwer Academic Publisher, 1-14.
Wardah, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA-Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2 (1), pp. 225-235. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v2i1.3281
Widjajanti, Endang. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar dengan judul “Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK.” Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).
Zaini, M., & Asnida, D. J. (2016). The Development of Science-Biology Learning Instrument Oriented to Mangrove Forest for Junior High School Students. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 134-141).
Zaini, M. (2018). Penelitian Desain Pendidikan Aplikasi Teori Ke Dalam Praktik. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Zulyusri, Z., Sumarmin, R. & Miswati, M. (2017). Pengembangan Soal Biologi Berbasis Literasi Sains Untuk Siswa Kelas X Semester 1. Bioeducation, 1(1), 88-94. DOI: https://doi.org/10.24036/bioedu.v1i1.34
Copyright (c) 2021 Gusti Salma Assyifa Balela, Kaspul Kaspul, Muhammad Arsyad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.