Permainan Tradisional dan Kontribusinya Untuk Karakter Toleransi Anak

Authors

  • Megawati Simamora Universitas Sanata Dharma
  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1410

Keywords:

permainan tradisional, toleransi, buku pedoman

Abstract

Tujuan dilakukannya riset ini yaitu dikembangkannya buku pedoman permainan tradisional guna meningkatkan karakter toleransi anak usia 9-12 tahun. Riset ini memakai metode Research and Development (R & D) jenis ADDIE. Riset ini melibatkan tujuh guru yang sudah tersertifikasi untuk analisis kebutuhan, tujuh validator dari berbagai latar belakang, dan enam anak untuk implementasi buku pedoman permainan tradisional secara terbatas. Hasil menyatakan bahwa 1) buku pedoman permainan tradisional guna mengembangkan karakter toleransi anak berusia 9-12 tahun dikembangkan bersumber pada tahap-tahap jenis ADDIE, ialah Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate; 2) Kualitas buku pedoman permainan tradisional memperoleh skor  3,94 (rentang ukuran 1-4) dan dinyatakan “Sangat baik” serta “Tidak perlu revisi” sebagai sarannya; dan 3) Penggunaan buku pedoman permainan tradisional berefek pada karakter toleransi anak, ditunjukkan dengan hasil uji signifikansi memperoleh t(5) = 27,490; p < 0,05. Efek intervensi buku pedoman adalah r = 0,997 yang setara dengan 99,34% tergolong dalam kategori “Efek besar”. Hal ini berarti buku pedoman permainan tradisional bisa menerangkan 99,34% peralihan yang terjadi pada karakter toleransi anak. Tingkat efektivitas diperoleh berdasarkan nilai N-gain score yaitu sebesar 87,885% yang tergolong ke dalam jenis efektivitas “Tinggi”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiyuna, T., & Sapriya, S. (2018). Pelembagaan karakter toleransi siswa melalui program pendidikan berkarakter Purwakarta. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 17-29. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1845 DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1845

Anggita, G. M., Mukkaromah, S. B., & Ali, M. A. (2018). Eksistensi permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa. Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 3(2), 55-59. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/index DOI: https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral: Tujuh kebajikan utama untuk membentuk anak bermoral tinggi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed.). New York: Roudledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203029053

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSSi (3th ed.). London: Sage.

Institute, S. (2021). Pandemi lahan subur diskriminasi dan intoleransi.

https://setara-institute.org/pandemi-lahan-subur-diskriminasi-dan-intoleransi/

Jarvis, M. (2011). Teori-teori psikologi, Cet X. Bandung: Nusa Media.

Jensen, E. (2008). Brain-Based: Cara baru dalam pengajaran pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lickona, T. (1991). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/19 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nurhikmah, & Hasanah, E. (2021). Manajemen pembelajaran berbasis lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 272-281. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/570

Risdianto, M. R., Suabuana, C., & Isya W. (2020). Penanaman nilai toleransi dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 54-64. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26329

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan tradisional sebagai upaya meningkatkan kemampuan dasar anak. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48-55.

https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/4796

Susilowati, Y. H., Sudrajat, A., & Padillah, E. (2021) Pengaruh kompetensi dan supervisi akademik terhadap kinerja guru SD N di Kecamatan Pamulang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 256-262. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/510

Taylor. (1993). Vygotskian influences in mathematics education, with particular reference to attituded development. Journal Focus on Learning Problems in Mathematics, 15(2), 3-17. https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF03217243

Usman, M., & Widyanto, A. (2019). Internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. Jurnal of Islamic Education, 2(1), 36-52. DOI: https://doi.org/10.22373/jie.v2i1.2939

https://jurnal.ar-rainry.ac.id/index.php/JIE/article/view/2939

World Economic Forum. (2015). New vision for education. World Economic Forum.

Published

2021-12-01

How to Cite

Simamora, M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya Untuk Karakter Toleransi Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 635–648. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1410

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.