Permainan Tradisional dan Kontribusinya Untuk Karakter Toleransi Anak
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1410Keywords:
permainan tradisional, toleransi, buku pedomanAbstract
Tujuan dilakukannya riset ini yaitu dikembangkannya buku pedoman permainan tradisional guna meningkatkan karakter toleransi anak usia 9-12 tahun. Riset ini memakai metode Research and Development (R & D) jenis ADDIE. Riset ini melibatkan tujuh guru yang sudah tersertifikasi untuk analisis kebutuhan, tujuh validator dari berbagai latar belakang, dan enam anak untuk implementasi buku pedoman permainan tradisional secara terbatas. Hasil menyatakan bahwa 1) buku pedoman permainan tradisional guna mengembangkan karakter toleransi anak berusia 9-12 tahun dikembangkan bersumber pada tahap-tahap jenis ADDIE, ialah Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate; 2) Kualitas buku pedoman permainan tradisional memperoleh skor 3,94 (rentang ukuran 1-4) dan dinyatakan “Sangat baik” serta “Tidak perlu revisi” sebagai sarannya; dan 3) Penggunaan buku pedoman permainan tradisional berefek pada karakter toleransi anak, ditunjukkan dengan hasil uji signifikansi memperoleh t(5) = 27,490; p < 0,05. Efek intervensi buku pedoman adalah r = 0,997 yang setara dengan 99,34% tergolong dalam kategori “Efek besar”. Hal ini berarti buku pedoman permainan tradisional bisa menerangkan 99,34% peralihan yang terjadi pada karakter toleransi anak. Tingkat efektivitas diperoleh berdasarkan nilai N-gain score yaitu sebesar 87,885% yang tergolong ke dalam jenis efektivitas “Tinggi”.
Downloads
References
Abiyuna, T., & Sapriya, S. (2018). Pelembagaan karakter toleransi siswa melalui program pendidikan berkarakter Purwakarta. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 17-29. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1845 DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1845
Anggita, G. M., Mukkaromah, S. B., & Ali, M. A. (2018). Eksistensi permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa. Journal of Sport Science and Education (JOSSAE), 3(2), 55-59. http://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/index DOI: https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral: Tujuh kebajikan utama untuk membentuk anak bermoral tinggi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed.). New York: Roudledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203029053
Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSSi (3th ed.). London: Sage.
Institute, S. (2021). Pandemi lahan subur diskriminasi dan intoleransi.
https://setara-institute.org/pandemi-lahan-subur-diskriminasi-dan-intoleransi/
Jarvis, M. (2011). Teori-teori psikologi, Cet X. Bandung: Nusa Media.
Jensen, E. (2008). Brain-Based: Cara baru dalam pengajaran pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Lickona, T. (1991). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/19 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19
Nurhikmah, & Hasanah, E. (2021). Manajemen pembelajaran berbasis lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 272-281. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/570
Risdianto, M. R., Suabuana, C., & Isya W. (2020). Penanaman nilai toleransi dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 54-64. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26329
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan tradisional sebagai upaya meningkatkan kemampuan dasar anak. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48-55.
https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/4796
Susilowati, Y. H., Sudrajat, A., & Padillah, E. (2021) Pengaruh kompetensi dan supervisi akademik terhadap kinerja guru SD N di Kecamatan Pamulang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 256-262. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/510
Taylor. (1993). Vygotskian influences in mathematics education, with particular reference to attituded development. Journal Focus on Learning Problems in Mathematics, 15(2), 3-17. https://link.springer.com/article/10.1007%2FBF03217243
Usman, M., & Widyanto, A. (2019). Internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia. Jurnal of Islamic Education, 2(1), 36-52. DOI: https://doi.org/10.22373/jie.v2i1.2939
https://jurnal.ar-rainry.ac.id/index.php/JIE/article/view/2939
World Economic Forum. (2015). New vision for education. World Economic Forum.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.