Peran Tenaga Kependidikan dalam Pengelolaan Penerapan MBKM di Universitas Narotama
Abstract
Tenaga Kependidikan (Tendik) memiliki peran penting dalam sistem penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi. Tendik yang berkualitas dan profesional sangat dibutuhkan Universitas Narotama untuk dapat mewujudkan sistem penyelenggaraan pendidikan yang telah menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pemahaman Tendik terhadap peraturan, kebijakan dan implementasi MBKM sangat dibutuhkan demi menjalankan tugas dan kewajibannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman Tendik terhadap peraturan, kebijakan dan implementasi program MBKM pada Universitas Narotama. Selain itu juga untuk mengetahui peran dan keterlibatan Tendik dalam program MBKM pada Universitas Narotama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan statistik deskriptif dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 69% Tendik sudah tahu dan memahami konsep MBKM dan 93% Tendik yang terlibat dalam program MBKM.
Downloads
References
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 11.
Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (1st ed.). (2020). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Buku Saku Kampus Merdeka. (2021). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kendala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/2051
Haq, T. D. (2019). Peran tenaga kependidikan dalam meningatkan mutu pendidikan agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 16(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i2.1176
Hartanto, D., & Yuliani, S. (2019). Statistik Riset Pendidikan Dilengkapi Analisis SPSS (1st ed.). Cahaya Firdaus.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2020). Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=2146
Nofia, N. N. (2020). Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri Di Indonesia. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 61–72. DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3328
Nurziah, N. (2016). Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pancamarga Palu. Katalogis, 4(8), 25–34. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6751
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458 DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458
Sutarjo, J. (2017). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5(1), 10.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. QUANTA, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Yunaida, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kependidikan (Tendik) terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 61–72. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.758 DOI: https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.758
Copyright (c) 2022 Cahyo Darujati, Awalludiyah Ambarwati, Natalia Damastuti, Eman Setiawan, Agung Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.