Peran Tenaga Kependidikan dalam Pengelolaan Penerapan MBKM di Universitas Narotama

  • Cahyo Darujati Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Narotama
  • Awalludiyah Ambarwati Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Ilmu Komputer Universitas Narotama
  • Natalia Damastuti Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Narotama
  • Eman Setiawan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Narotama
  • Agung Widodo Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Narotama
Keywords: Program MBKM, Peran Tenaga Kependidikan, Kualitatif

Abstract

Tenaga Kependidikan (Tendik) memiliki peran penting dalam sistem penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi. Tendik yang berkualitas dan profesional sangat dibutuhkan Universitas Narotama untuk dapat mewujudkan sistem penyelenggaraan pendidikan yang telah menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pemahaman Tendik terhadap peraturan, kebijakan dan implementasi MBKM sangat dibutuhkan demi menjalankan tugas dan kewajibannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemahaman Tendik terhadap peraturan, kebijakan dan implementasi program MBKM pada Universitas Narotama. Selain itu juga untuk mengetahui peran dan keterlibatan Tendik dalam program MBKM pada Universitas Narotama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan statistik deskriptif dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 69% Tendik sudah tahu dan memahami konsep MBKM dan 93% Tendik yang terlibat dalam program MBKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 11.

Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (1st ed.). (2020). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Buku Saku Kampus Merdeka. (2021). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan Dan Kendala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/2051

Haq, T. D. (2019). Peran tenaga kependidikan dalam meningatkan mutu pendidikan agama Islam. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 16(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i2.1176

Hartanto, D., & Yuliani, S. (2019). Statistik Riset Pendidikan Dilengkapi Analisis SPSS (1st ed.). Cahaya Firdaus.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2020). Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=2146

Nofia, N. N. (2020). Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri Di Indonesia. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 61–72. DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i2.3328

Nurziah, N. (2016). Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pancamarga Palu. Katalogis, 4(8), 25–34. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6751

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458 DOI: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sutarjo, J. (2017). Manajemen Sumber Daya Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 5(1), 10.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. QUANTA, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Yunaida, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kependidikan (Tendik) terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 61–72. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.758 DOI: https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.758

Published
30-04-2022
How to Cite
Darujati, C., Ambarwati, A., Damastuti, N., Setiawan, E., & Widodo, A. (2022). Peran Tenaga Kependidikan dalam Pengelolaan Penerapan MBKM di Universitas Narotama. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 41-45. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1551
Section
Regular Articles