Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Erwinda Fitriana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Akbar Al Masjid Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5286

Keywords:

Analisis Kebutuhan, E-LKPD, Etnosains, Dimensi Bernalar Kritis, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) berbasis nilai-nilai budaya lokal (etnosains) guna meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, yang menggabungkan angket dengan skala Likert dan wawancara. Hasil survei yang melibatkan 30 siswa menunjukkan adanya preferensi yang kuat terhadap media yang mengintegrasikan budaya lokal dan mendorong pembelajaran kreatif serta interaktif. Para guru juga menekankan pentingnya media yang dapat meningkatkan keterampilan bernalar kritis dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang ada saat ini dirasa belum cukup untuk mendukung pengembangan bernalar kritis dan pemahaman konsep-konsep IPAS. Wawancara dengan guru mengungkapkan kesepakatan mengenai kebutuhan akan E-LKPD yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan dengan budaya. Temuan ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dirancang dengan pendekatan etnosains akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan dan keterampilan bernalar kritis siswa di kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media seperti itu dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan membantu siswa lebih memahami serta menerapkan konsep IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, N., Suhartini, S., Salmitha, L., Hidayah, M. U., ... & Rahmi, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.5121

Anggraeni, R. A., & Emiliana, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Proyek Sains Terhadap yPemahaman Konsep Ipas Dan Keterampilan Sains Anak SD Kelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3957-3967. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14031

Angraini, G., & Sriyati, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada konten biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 114-124.

Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p137-145

Dewi, A., Silviany, I. Y., & Pratikno, H. (2023). Kemampuan Bernalar dan Pengembangan Alinea dalam Membuat Wacana Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Jurnal Bastrindo, 4(2), 136–152. https://doi.org/10.29303/jb.v4i2.1255

Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843

Fara, A., Haerullah, A., & Masud, A. (2023). Pengemabngan LKPD Berbasis Potensi Lokal Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 659-668. https://doi.org/10.5281/zenodo.7607216

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 460–468. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.620

Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas E–LKPD matematika berbasis tri n pada pokok bahasan bentuk aljabar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 113-120.

Khasanah, N. (2024). Strategi Guru Dalam Meningkatkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 117-130.

Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 169-177. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935

Miranti, A., Lilik, L., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 546–560. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.763

Pamungkas, N. E., & Fitriyani, F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Magnet. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 91–102. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1205

Prasetya, C., & Pratiwi, I. B. (2023). Analisis Peningkatan Literasi Sains dan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa yang menggunakan Bahan Ajar Liveworksheets. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia, 6(2), 67-74. https://doi.org/10.33059/katalis.v6i2.8820

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Puspitasari, E., Abdullah, A., & Wati, M. (2025). Pendidikan: Tren Keterampilan Berpikir Kritis melalui LKPD yang Terintegrasi PBL. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 77-78. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2387

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sari, E. N., & Listiadi, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Harga Pokok Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(2), 211–227. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n2.p211-227

Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130

Published

2025-03-02

How to Cite

Fitriana, E., & Al Masjid, A. (2025). Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 126–137. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5286

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.