Analisis Kebutuhan E-LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Dimensi Bernalar Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5286Keywords:
Analisis Kebutuhan, E-LKPD, Etnosains, Dimensi Bernalar Kritis, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebutuhan pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) berbasis nilai-nilai budaya lokal (etnosains) guna meningkatkan keterampilan bernalar kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, yang menggabungkan angket dengan skala Likert dan wawancara. Hasil survei yang melibatkan 30 siswa menunjukkan adanya preferensi yang kuat terhadap media yang mengintegrasikan budaya lokal dan mendorong pembelajaran kreatif serta interaktif. Para guru juga menekankan pentingnya media yang dapat meningkatkan keterampilan bernalar kritis dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang ada saat ini dirasa belum cukup untuk mendukung pengembangan bernalar kritis dan pemahaman konsep-konsep IPAS. Wawancara dengan guru mengungkapkan kesepakatan mengenai kebutuhan akan E-LKPD yang dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan dengan budaya. Temuan ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dirancang dengan pendekatan etnosains akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterlibatan dan keterampilan bernalar kritis siswa di kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media seperti itu dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan membantu siswa lebih memahami serta menerapkan konsep IPAS.
Downloads
References
Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, N., Suhartini, S., Salmitha, L., Hidayah, M. U., ... & Rahmi, I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.5121
Anggraeni, R. A., & Emiliana, D. (2024). Pengaruh Pembelajaran Proyek Sains Terhadap yPemahaman Konsep Ipas Dan Keterampilan Sains Anak SD Kelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3957-3967. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14031
Angraini, G., & Sriyati, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada konten biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 114-124.
Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p137-145
Dewi, A., Silviany, I. Y., & Pratikno, H. (2023). Kemampuan Bernalar dan Pengembangan Alinea dalam Membuat Wacana Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Jurnal Bastrindo, 4(2), 136–152. https://doi.org/10.29303/jb.v4i2.1255
Fahrozy, F. P. N., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Etnosains sebagai Upaya Belajar secara Kontekstual dan Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4337–4345. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2843
Fara, A., Haerullah, A., & Masud, A. (2023). Pengemabngan LKPD Berbasis Potensi Lokal Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 2 Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 659-668. https://doi.org/10.5281/zenodo.7607216
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PJBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Journal of Education, 3(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76
Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 460–468. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.620
Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas E–LKPD matematika berbasis tri n pada pokok bahasan bentuk aljabar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 113-120.
Khasanah, N. (2024). Strategi Guru Dalam Meningkatkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 117-130.
Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 169-177. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12935
Miranti, A., Lilik, L., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 546–560. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.763
Pamungkas, N. E., & Fitriyani, F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Magnet. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 91–102. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1205
Prasetya, C., & Pratiwi, I. B. (2023). Analisis Peningkatan Literasi Sains dan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa yang menggunakan Bahan Ajar Liveworksheets. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia, 6(2), 67-74. https://doi.org/10.33059/katalis.v6i2.8820
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Puspitasari, E., Abdullah, A., & Wati, M. (2025). Pendidikan: Tren Keterampilan Berpikir Kritis melalui LKPD yang Terintegrasi PBL. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 77-78. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2387
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Sari, E. N., & Listiadi, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Harga Pokok Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(2), 211–227. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n2.p211-227
Septiaahmad, L., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.121-130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.