Model Implementasi e-Government di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado

  • Harlina Vallentina Legi Universitas Negeri Manado
  • J. A. M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • S. Simanjuntak Universitas Negeri Manado
  • F. J. A. Oentoe Universitas Negeri Manado
Keywords: Sistem aplikasi pendidikan, e-government

Abstract

Fokus penelitian adalah Model Implementasi e-Government pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. Penelitian ini menggunakan  pendekatan deskriptif kualitatif  dan Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi terhadap masalah lemahnya inisiatif pengembangan sistem informasi manajemen pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif mulai dari koleksi data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Untuk menguji keabsahan data dilakukan pengujian kredibitas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menghasilkan model implementasi e–government akan mensimplikasi layanan informasi dengan basis data yang valid melalui pengembangan aplikasi, pengintegrasian sistem informasi disemua unit yang jelas, efisien, efektif, transparan dan akuntabel dan pada model implementasi e- Government dapat dijelaskana bahwa output yang ingin diperoleh antara lain adalah sistem yang terintegrasi dalam aplikasi Government to Government (G to G), Government to Citizen (G to C) dan Government to Education (G to Ed) disimplikasi dalam satu layanan terintegrasi yaitu sistem informasi manajemen pendidikan (SIMDIK) sesuai dengan standar kebutuhan pengembangan sistem aplikasi yaitu reliable, interoperable, scalable, user Friendly dan integrateable.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Heeks, R. (2003). Most e-Government-for-Development Projects Fail: How Can Risks be Reduced. Government Working Paper Series. Manchester: Institute for Development Policy and Management.

Indrajit, R. E. (2006). Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Berbasis Teknologi Digital. Yogjakarta: Andi Offset.

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2001 tentang Pengembangan Pendayagunaan Telematika di Indonesia.

Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e–government.

Hardjaloka, L. (2014). Studi Penerapan e-Government di Indonesia dan Negara Lainnya Sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi dalam Pelayanan Publik. Rechts Vinding: Media Pembinaan HukumNasional, 3(3).

Rosenberg, M. J. (2001). E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. New York: McGraw-Hill.

Sutanta, E. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi.

Syarifudin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan, Jakarta:RinekaCipta

Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. http://www.dikbud.manadokota.go.id/

Published
17-08-2020
How to Cite
Legi, H. V., Rawis, J. A. M., Simanjuntak, S., & Oentoe, F. J. A. (2020). Model Implementasi e-Government di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 212-228. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.333
Section
Regular Articles