Pengaruh Bahan Ajar Busy Book Berbasis Understanding By Design (UbD) Terhadap Kreativitas Siswa Thammasat Wittaya School Thailand
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5565Keywords:
Pengaruh, Bahan Ajar, Busy Book, Understanding By Design, Kreativitas SiswaAbstract
Urgensi utama dalam penelitian ini terletak pada rendahnya tingkat kreativitas siswa yang sering terjadi akibat pendekatan pembelajaran yang kurang inovatif dan tidak mengutamakan pengembangan keterampilan berpikir kritis secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh bahan ajar yaitu busy book berbasis pendekatan Understanding by Design (UbD) terhadap kreativitas siswa di Thammasat Wittaya School, Thailand. Pendekatan UbD yang diterapkan dalam desain bahan ajar memberikan struktur pembelajaran yang mendalam, yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan peningkatan pemahaman yang signifikan. Penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan bahan ajar busy book berbasis Understanding by Design (UbD dapat meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan. Berdasarkan uji One-Sample t Test, rata-rata nilai kreativitas siswa setelah menggunakan bahan ajar tercatat sebesar 76,875, lebih tinggi dibandingkan dengan nilai uji yang diharapkan, yaitu 70,5 (t = 2,366, p = 0,024). Temuan ini mengindikasikan bahwa bahan ajar tersebut efektif dalam merangsang kreativitas siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan bahan ajar busy book berbasis Understanding by Design (UbD dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa di lingkungan pendidikan, dan dapat menjadi model bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif di sekolah-sekolah lain.
Downloads
References
Alwi, C. P., Rahmawati, E., & Susilo, T. A. B. (2023). Pengembangan media busy book tematik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4677-4683. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2331
Anjelia, L., Marlina, L., & Atika, N. (2023). Pengembangan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Kencana Desa Tanjung Lubuk Oki. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 805-811. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12523
Aprita, N., & Kurniah, N. (2021). Pengembangan media busy book untuk meningkatkan kemampuan membaca awal dan perkembangan kognitif anak usia dini (studi pada anak kelompok a paud kota bengkulu). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 50-63. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18368
Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Innovate to Liberate: Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 8-12. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i5.424
Ball, L. J., & Christensen, B. T. (2019). Advancing an understanding of design cognition and design metacognition: Progress and prospects. Design Studies, 65, 35-59. https://doi.org/10.1016/j.destud.2019.10.003
Dyah, A. T., & Hidayati, Y. M. (2023, August). Need Analysis of Busybook Development on Social Studies Material for Elementary School. In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022) (pp. 12-20). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_3
Febrianti, R., Suarta, I. N., & Jaelani, A. K. (2023). Pengembangan Busy Book Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 194-200. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2748
Firdaus, M. K., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media busy book 3D. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 53-62.
Indianti, R. N. K., Leksono, I. P., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengembangan media Busy Book model Addie Sebagai pembelajaran motorik dan kreativitas pada anak usia dini. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 4(2), 89-99. https://doi.org/10.36456/j-stand.v4i2.9015
Ita, E., & Dhiu, K. D. (2022). Pengembangan busy book learning media dalam pembelajaran bahasa keaksaraan pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal smart paud, 5(2), 149-155. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.4
Kamala, N. P. J., Antara, P. A., & Paramita, M. V. A. (2023). Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Spasial Anak usia 5-6 Tahun Di Gugus V Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 229-237.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.805
Maulidiana, S. F. (2023). Pengembangan Buku Aktivitas Belajar Survei Karakter Untuk Mengetahui Ekosistem Karakter Siswa SD. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 7(1), 295-302. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i1.452
Moosavi, S. M., Jablonka, K. M., & Smit, B. (2020). The role of machine learning in the understanding and design of materials. Journal of the American Chemical Society, 142(48), 20273-20287. https://doi.org/10.1021/jacs.0c09105
Nazara, W., & Tegeh, I. M. (2023). Pengembangan Media Busy Book Berbasis pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-6 Tahun di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 222-228.
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas strategi pembelajaran project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39-47. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i1.8608
Nurhabibah, P., Rokhman, F., & Setyaningsih, N. H. (2022). Urgensi Pengembangan Buku Aktivitas Bermuatan Karakter Peduli Sosial pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 9861-9867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9947
Putra, A. A., Murysari, D., Moussadecq, A., Rizki, F., & Khairunisa, C. (2023). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukasi (Ape) Busy Book Bagi Tenaga Pendidik Paud Aisyiyah Palapa Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3206-3210.
Putri, E. I. E., Fikriyah, D. A., & Wahyuningsih, R. (2021). Implementasi media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan dikelompok a ra insan mubarok. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 055-065.
Rahmawati, Z. D., & Ihsan, B. (2022). Pengembangan potensi kreativitas siswa sekolah luar biasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: BAKTI KITA, 3(2), 19-28. https://doi.org/10.52166/baktikita.v3i2.3541
Rosarineysa, M. A. D., Utami, B. S., & Maharani, P. I. (2023). Buku Aktivitas Anak tentang Pendidikan Karakter dengan Tokoh Wayang Punakawan untuk Kelas 2 SD. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(2), 74-84. https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i2.148
Saqinah, F., & Yuliantina, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek dengan Buku Aktifitas Interaktif terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14281-14287. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6495
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hafizah Hafni, Indah Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.