Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Kecerdasan Emosional dan Displin Kerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5357Keywords:
Hubungan, Gaya Kepemimpinan, Transformasional, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Kecerdasan Emosional, Displin Kerja GuruAbstract
Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi mengingat pendidikan merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kecerdasan Emosional Dan Displin Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional. Jumlah sampel digunakan sebanyak adalah 90 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kecerdasan emosioanl guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05 (2) Terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan displin kerja guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (3) Terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (4) Terdapat hubungan langsung antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (5) Terdapat hubungan langsung antara disiplin kerja dengan kinerja guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (6) Terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui kecerdasan emosional guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dengan nilai mediasi sebesar 6,532. (7) Terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui disiplin kerja guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dengan nilai mediasi sebesar 5,27.
Downloads
References
Adawiah, E. R., & Nurachadijat, K. (2023). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri 1 Sagaranten. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 15-34. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i2.2109
Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176.
Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 68-76. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76
Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810-4823. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578
Damopolii, R., & Erwinsyah, A. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 86-105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1111
Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui komitmen kerja terhadap kinerja guru merdeka belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19-32. http://dx.doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605
Fadhilah, M. L. Z., Suryadi, S., & Abubakar, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 206-224. http://dx.doi.org/10.21831/jump.v2i2.34635
Faturohman, N. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Serang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 111-118. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.13031
Masbukhin, F. A. A., Abidin, A. A., Raharjo, S. H., & Ningrum, S. U. D. (2024). Studi Kasus Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional Kepala Sekolah di Yogyakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(3), 204-219. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i3.2558
Monoyasa, M. W., Sularso, R. A., & Prihatini, D. (2017). Pengaruhgaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasardengan Motivasidan Inovasi Guru Sebagai Variabel Intervening Dieks Kota Administratif Jember. Relasi: Jurnal Ekonomi, 13(2), 315-335. https://doi.org/10.31967/relasi.v13i2.120
Muspawi, M. (2021). Strategi peningkatan kinerja guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Nasution, F. M., Purba, S., Rahman, A., & Pangaribuan, W. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 8 Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 683-693. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41542
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja, terhadap komitmen organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Rahardian, Z. R., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Disiplin Kerja Pada Guru Smp Negeri 6 Dan 8 Di Kabupaten Pemalang. Jurnal EMPATI, 7(1), 345-351. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20247
Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh komunikasi, iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173-188. http://dx.doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334
Rasidin, R., Disman, D., & Rahmat, P. S. (2022). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gugus Luragung Kabupaten Kuningan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 41-48. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4512
Setiawan, A. (2016). Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap efektivitas sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5581
Suhada, M. M. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru di MI Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67-89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194
Sukerti, K., & Sudianing, N. K. (2023). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Smp Negeri 3 Singaraja. Locus, 15(1), 106-120. https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1241
Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99-110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110
Zhafari, M. R., Fauzan, H., & Nofrianto, N. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 7(1), 1-25. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.150
Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen peningkatan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3291
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.