Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Kecerdasan Emosional dan Displin Kerja Guru

Authors

  • Mustotiah Mustotiah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Karyono Ibnu Ahmad Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5357

Keywords:

Hubungan, Gaya Kepemimpinan, Transformasional, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Kecerdasan Emosional, Displin Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi mengingat pendidikan merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kecerdasan Emosional Dan Displin Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional. Jumlah sampel digunakan sebanyak adalah 90 orang. Analisis data yang digunakan menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kecerdasan emosioanl guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05 (2) Terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan displin kerja guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (3) Terdapat hubungan langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (4) Terdapat hubungan langsung antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (5) Terdapat hubungan langsung antara disiplin kerja dengan kinerja guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dimana nilai signifikansi menunjukkan (sig.) 0,000 > 0,05. (6) Terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui kecerdasan emosional guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dengan nilai mediasi sebesar 6,532. (7) Terdapat hubungan tidak langsung antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui disiplin kerja guru di MTs Negeri di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Dengan nilai mediasi sebesar 5,27.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, E. R., & Nurachadijat, K. (2023). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri 1 Sagaranten. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 15-34. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i2.2109

Akbar, L., & Imaniyati, N. (2019). Gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 176.

Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 68-76. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p68-76

Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810-4823. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1578

Damopolii, R., & Erwinsyah, A. (2019). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 86-105. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.1111

Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui komitmen kerja terhadap kinerja guru merdeka belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19-32. http://dx.doi.org/10.21831/jamp.v11i2.60605

Fadhilah, M. L. Z., Suryadi, S., & Abubakar, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru dan Staf. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 206-224. http://dx.doi.org/10.21831/jump.v2i2.34635

Faturohman, N. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Kabupaten Serang. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 111-118. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.13031

Masbukhin, F. A. A., Abidin, A. A., Raharjo, S. H., & Ningrum, S. U. D. (2024). Studi Kasus Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional Kepala Sekolah di Yogyakarta. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(3), 204-219. https://doi.org/10.69896/modeling.v11i3.2558

Monoyasa, M. W., Sularso, R. A., & Prihatini, D. (2017). Pengaruhgaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasardengan Motivasidan Inovasi Guru Sebagai Variabel Intervening Dieks Kota Administratif Jember. Relasi: Jurnal Ekonomi, 13(2), 315-335. https://doi.org/10.31967/relasi.v13i2.120

Muspawi, M. (2021). Strategi peningkatan kinerja guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101-106. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Nasution, F. M., Purba, S., Rahman, A., & Pangaribuan, W. (2025). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 8 Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 683-693. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41542

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja, terhadap komitmen organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Rahardian, Z. R., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Disiplin Kerja Pada Guru Smp Negeri 6 Dan 8 Di Kabupaten Pemalang. Jurnal EMPATI, 7(1), 345-351. https://doi.org/10.14710/empati.2018.20247

Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2015). Pengaruh komunikasi, iklim organisasi dan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173-188. http://dx.doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334

Rasidin, R., Disman, D., & Rahmat, P. S. (2022). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gugus Luragung Kabupaten Kuningan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 41-48. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.4512

Setiawan, A. (2016). Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap efektivitas sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jap.v23i1.5581

Suhada, M. M. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru di MI Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67-89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194

Sukerti, K., & Sudianing, N. K. (2023). Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Smp Negeri 3 Singaraja. Locus, 15(1), 106-120. https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1241

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99-110. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p99-110

Zhafari, M. R., Fauzan, H., & Nofrianto, N. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 7(1), 1-25. https://doi.org/10.51311/nuris.v7i1.150

Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen peningkatan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3291

Published

2025-03-02

How to Cite

Mustotiah, M., Suriansyah, A., & Ahmad, K. I. (2025). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru melalui Kecerdasan Emosional dan Displin Kerja Guru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 156–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5357

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.