Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penggunaan media pada saat ini terbilang kurang meskipun media digital dan fasilitas sudah terbilang memadai. Pembelajaran yang sering diterapkan adalah menggunakan buku dan papan tulis. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah produk media digital berupa Pop-Up Book yang didesain menggunakan PowerPoint. Media ini dirancang khusus sebagai alat bantu pembelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas V di sekolah dasar. Pengembangan ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D). Model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, angket respons siswa, dan angket aktivitas siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri 3 Made. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Pop-Up Book digital yang bergantung pada PowerPoint dapat disimpulkan: (1) Kevalidan pada media pembelajaran Pop-Up Book yang dinyatakan layak digunakan dengan hasil persentase ahli media 92%, ahli desain 88%, ahli materi 96%. (2) Kepraktisan Pop-Up Book pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menyatakan bahwa praktis digunakan dalam proses pembelajaraan dengan memperoleh hasil persentase uji coba terbatas 80% dan uji coba lapangan 95%. (3) Keefektifan Pop-Up Book menyatakan bahwa efektif digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dan memperoleh hasil persentase aktivitas terbatas 87,5% persentase aktivitas lapangan 93%. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop-Up Book sangat berguna dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Afriyadi, H., Hayati, N., Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Aisyah, A., & Dahnial, I. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Pembelajaran PPKn Materi Negeriku Indonesia Kelas IV SDN 102017 Sei Rampah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 19-30. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i0.9276
Aliah, J., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Media Pop-Up Book Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Muatan IPS Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 323-331. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.49656
Almadinab, M., Safitri, V., Mawaddah, N., & Saâ, N. (2021). Pop Up Digital Sebagai Media Untuk Menumbuhkan Motivasi Membaca Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 516-531. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.657
Ananda, N. F., Chrisyarani, D. D., Setiawan, D. A., & Ghozali, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Sebagai Pengenalan Simbol Sila-Sila Pancasila di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 14-20. https://doi.org/10.56393/educare.v4i1.2410
Dandung, V. B., Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2023). Media Pop Up Book Digital pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1544-1557. http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2613
Hafid, A., & Muin, A. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Digital Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Global Science Education Journal, 6(1), 21-27. https://doi.org/10.26858/ges.v6i1.1757
Haris, A. A., & Maziyah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Buku Pop Up Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(6), 822-837. https://doi.org/10.17977/um064v2i62022p822-837
Izzah, A. N., & Setiawan, D. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 86-92. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i3.1119
Khamidah, A., & Yulia, N. K. T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Melalui Tema Binatang Untuk Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Bahrul Ulum Sawahan Turen-Malang. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 3(1), 8-17. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v3i1.754
Khasanah, L. A. I. U., MZ, A. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(01), 125–130. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.141
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Miranti, I., & Refelita, F. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Minyak Bumi Berbasis Sosio-Scientific Issue (SSI). Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 58-66.
Mukhoerrunnissa, T. K., Nita, N., Rahmadina, R. N., Abibah, S. N., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Digital tentang Penerapan Peran Pancasila untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1634-1644. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7449
Mutiara, M. S., & Hardjono, N. (2023). Pengembangan Media Digital Pop-Up Book pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Harjosari 01. Journal on Education, 6(1), 5024-5038. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3671
Najib, M., Munir, M., & Prasetyo, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 16-33. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.14760
Ningsih, Y. F., Hariadi, N., Sugeng, I., Kandupi, A. D., Utomo, A. W., & Bimantoro, A. P. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop up book digital pada pembelajaran PJOK. Jurnal Porkes, 6(1), 15-24. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.12214.
Rahmi, A., & Rustini, T. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pop-up book Rumah Adat di Indonesia dalam Pembelajaran IPS di SD. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 112-120. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.462
Salsabila, R. A., Ihsani, A. Z., Nurfadly, R., Komara, I., & Ananthia, W. (2024). Pengembangan Dan Implementasi Media Pop Up Book Berbasis Powerpoint Bermuatan Sex Education Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 488-499. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17849
Sari, S. M., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran Powtoon berbasis problem based learning pada materi ekosistem muatan IPA kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 288-298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848
Sarwono, R. (2022). Pengembangan Bandicam Berbasis Power Point Sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa PGSD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 69-73. https://doi.10.24246/j.js.2022.v12.i1.p69-7
Silqi, V. I., & Febrianto, R. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi Untuk Siswa SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 883-892. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2194
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.
Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 248-265. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.18939
Widiastini, N. W. E., Triastuti, N. K. S., Supariawan, K. A., Dewanthi, N. P. I., Ratnasari, G. M., & Pradnyana, I. M. Y. (2024). Pop Up Book Digital: Daya Tarik Unik Meningkatkan Minat Baca. Nilacakra.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Copyright (c) 2024 Nur Fitriatus Islami, Linaria Arofatul Ilmi, A.F Suryaning Ati MZ
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.