Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi Guru Madrasah di Kabupaten Maros

  • Irwan Fadli Universitas Muslim Maros
  • Fitrawahyudi Fitrawahyudi Universitas Muslim Maros
  • Aryanti Aryanti Universitas Muslim maros
Keywords: Kualifikasi, Kompetensi, Sertifikasi, Guru Madrasah, AKGTK

Abstract

Berdasarkan tingkat kualifikasi pendidikan, kompetensi, dan sertifikasi pendidik pada madrasah aliyah di Kabupaten Maros. Sumber data dalam penelitian deskriptif ini diambil dari profil guru di sekolah yang berjumlah 613 data guru pada 31 madrasah aliyah, data diperoleh dengan menggunakan metode observasi dan penelitian dokumen sekolah, lalu dianalisis menggunakan prosedur analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan guru belum memenuhi syarat kualifikasi pendidikan diploma empat atau strata satu; mayoritas guru. Berdasarkan kategori profesionalitas guru berdasarkan kompetensi, mayoritas guru belum dapat diukur kompetensi karena belum mengikuti Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK). Sedangkan kategori profesionalitas guru berdasarkan perolehan sertifikasi guru pendidik masih rendah, karena mayoritas guru belum tersertifikasi. Oleh karena itu, maka disarankan kepada pemerintah melalui departemen agama Kabupaten Maros agar melakukan pembinaan dan penyebar luasan informasi terkait program pemerintah dalam memenuhi kualitas guru melalui pendidikan profesi guru, asesmen kompetensi, dan perolehan sertifikasi guru pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. G., & Sujianto, S (2022). Implementasi Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 287-294. http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8104

Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 83-88. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.83-88

Arifin, R. K. (2019). Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 1(2), 205-216. https://doi.org/10.15575/politicon.v1i2.6284

Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., umnia Hakiki, M., & Sukatin, S. (2022). Teori Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 149-158.

Desmaniar, I., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Antar Pribadi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cahaya Pendidikan, 6(2) 79-93 https://doi.org/10.33373/chypend.v6i2.2382

Dewi, R. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Disiplin Pengaruh Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kecamtan Jeunieb Kabupaten Bireuen. Jurnal Kebangsaan, 11(21), 15-20. https://doi.org/10.55178/jkb.v11i21.174

Huda, K. 2016. Problematika Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Dinamika Penelitian. Vol. 16. No. 2. Tahun 2016. 309-336, https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336

Iman, A., Azpah, I. A., Aprianto, F., Sanam, S., & Bohari, B. (2022, June). Problematika tenaga pendidik dalam pengembangan profesionalitas guru. In Vocational Education National Seminar (VENS) (Vol. 1, No. 1).

Istanto, I., Wasliman, I., & Dianawati, E. (2023). Manajemen gugus kendali mutu untuk meningkatkan kompetensi profesional guru.

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34-40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23-30. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v2i1.189

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432. https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.178

Lawe, L. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN Waepoa Tahun Pelajaran 2021/2022. Warta Pendidikan| e-Journal, 6(4), 9-16. https://doi.org/10.0503/wp.v6i4.153

Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan kompetensi guru dalam dunia pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(3), 1-16. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/166

Maghfur, M. (2022). Manajemen Guru Sertifikasi. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(2), 159-181. https://doi.org/10.36835/jipi.v20i2.3997

Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi'ah, I. (2022). Peningkatan kemampuan guru melalui sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), https://doi.org/324-329. 10.29303/jipp.v7i2.360

Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064-2071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3198

Nawawi, M. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi, Motivasi dan Kesejahteraan Guru, Serta Pengaruh Ketiganya Terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 323-336. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.878

Notabubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 3 (1), 54-64, DOI: http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1108

Palupi, E., Lian, B., Sari, A. P. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Cahaya Pendidikan. 7 (1), 51-62. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2822

Putri, M. D., & Marpaung, J. (2018). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 50 Batam. Cahaya Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33373/chypend.v4i1.1280

Rahimah. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Seri Publikasi Pembelajaran. 1 (2), 1-8.

Ratih, D., Soedjiwo, N. A. F., & Libriyanti, Y. (2020). Peran Kualifikasi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Kalifa Nusantara Tahun Pelajaran 2019-2020. Faidatuna, 1(1), 11-22. https://doi.org/10.53958/ft.v1i1.89

Raudhah. (2020). Hubungan Tingkat Kesejahteraan Guru Dengan Semangat Kerja Guru. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus. 3 (2), 186-196, https://doi.org/10.47239/jgdd.v3i2.151

Rohma, S., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School-Based Management and Teacher’s Professionalism toward Teacher’s Performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23, https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.6

Sudarma, M. (2013). Profesi guru ; dipuji, dikritisi, dan dicaci; Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, H. 2020. Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Soetjipto, & Kosasi, R. 2018. Profesi Keguruan. Jakarta; Rineka Cipta.

Sihombing, L. N. I. & Kale, M. (2022). Pengaruh Tunjangan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru. Jurnal Darma Agung. 30 (3), 1255-1269, https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2729

Siswandari & Susilaningsih. (2013). Dampak Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kualitas pembelajaran Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 19 (4) 487-498 DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i4.305.

Tari, E. (2020). Kualifikasi Guru berdasarkan 1 Tesalonika 2: 7-12. Khazanah Theologia, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.15575/kt.v2i1.6745

Takaendengan, W., Maradesa, I. J., & Takaendengan, B. R. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 16174-16183. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2754

Ulum, M., & Mun'im, A. (2022). Analisis Kebijakan Sertifikasi dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Mu’allim, 4(2), 1-12. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.2960

Umar. (2015). Kebijakan Pengembangan Madrasah; Sebuah Wacana Strategi Reposisi. Al-Qalam. 7 (2), 222-245, https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i2.197

Waton, M. N. (2016). Sertifikasi Guru menuju Profesionalisme Pendidik. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 4(1), 01-11. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v4i1.51

Wulandari, H., & Nurhaliza, I. (2023). Mengembangkan Potensi Guru yang Profesional dalam Proses Belajar Mengajar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2487-2509. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.990

Published
31-08-2023
How to Cite
Fadli , I., Fitrawahyudi, F., & Aryanti, A. (2023). Kualifikasi, Kompetensi, dan Sertifikasi Guru Madrasah di Kabupaten Maros. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(2), 118-127. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2721
Section
Regular Articles