Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Psikomotorik Siswa di Tadika Didik Bistari Gemilang Gerik Malaysia

Authors

  • Nadia Shabrina Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Selamat Pohan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5488

Keywords:

Kompetensi Guru, Perkembangan Kognitif, Psikomotorik Siswa, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa di Tadika Didik Bistari Gemilang. Kompetensi guru berperan penting dalam meningkatkan perkembangan yang optimal pada aspek kognitif dan psikomotorik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi berdasarkan konfirmasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk penarikan kesimpulan dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kompetensinya adalah dengan menghadiri pelatihan, mengikuti kursus, serta memanfaatkan media sosial yang dapat mengembangkan keterampilannya dalam mengajar. Dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa, guru menerapkan strategi pembelajaran yang efektif seperti penggunaan media kartu pembelajaran, serta melaksanakan aktivitas yang dapat melatih keterampilan motorik halus dan kasar siswa menggunakan alat bantu aktivitas psikomotorik. Adapun kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya dukungan sebagian orang tua terhadap anaknya dan minat siswa yang berubah saat proses pembelajaran. Kedua kendala tersebut harus ditangani dengan baik agar tidak menghambat proses pembelajaran. Kesimpulannya adalah kompetensi guru berperan penting dalam perkembangan yang optimal pada kognitif dan psikomotorik siswa, sehingga pengembangan kompetensi guru harus terus dilakukan dan didukung oleh pihak sekolah dan lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tarmidi, N. A. Z., & Abu Bakar, K. (2022). Kemahiran Menggunting Dan Kesannya Terhadap Kemahiran Menulis Kanak-Kanak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.37134/jpak.vol11.sp.2.2022

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Ana Sari, I. O., & ’Aziz, H. (2019). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191–204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2). https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Arafah, A., & Pohan, S. (2023). Peran Guru Agama dalam Pengembangan Kreativitas Siswa di Anuban Muslim Songkhla School. Journal on Education, 5(3). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1399

Defiana, R., & Marlina, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Baiturrahman Canduang Agam. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 122–127. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.1128

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283

Irawati, L. (2023). Artikel Implementasi Pembelajaran Practical life dan Sensorial Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Omah Uthie Daycare Cibinong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8514–8520. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2647

Ismaneli, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Diriku Melalui Metode Permainan Papan Saku Siswa Kelas I SDN 01. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.17

Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 302–311. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1547

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard ada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892

Nurjannah, Yunus, M., & Burga, Muh. A. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru Dan Implikasinya Pada Peningkatkan Aspek Kognitif Peserta Didik Raudhatul Athfal Al Qira’ah Kabupaten Sidenreng Rappang. Referensi, 2(1), 1–10.

Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422

Oktaviana, R., & Vusvita Sari, A. (2024). Penerapan Media Flashcard dalam Pengenalan Huruf bagi Anak Kelas A TK Rifanda Palembang. Communnity Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9520–9525. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35701

Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Marpaung, A. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779–788. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2446

Purba, I. A., & Zuraidah, Z. (2021). Efektivitas Tanya Jawab Sebagai Metode Pengulangan Materi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran Saat Daring. Jurnal Abdikmas, 1(2), 134–144. https://doi.org/10.51158/abdikmas.v1i2.553

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1(2), 92–102.

Rostikawati, Y., Aeni, E. S., & Wuryani, W. (2020). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa di Media Sosial. Abdimas Siliwangi, 3(2), 361–370. https://doi.org/10.22460/as.v3i2p%25p.3580

Sihotang, A., Zailani, & Pohan, S. (2024). Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3353–3364. https://doi.org/10.58230/27454312.897

Syarifuddin, S., & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 23–27. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p29-43.1271

Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1(3), 915–931.

Published

2025-03-10

How to Cite

Shabrina, N., & Pohan, S. (2025). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Psikomotorik Siswa di Tadika Didik Bistari Gemilang Gerik Malaysia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 188–200. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5488

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.