Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif dan Psikomotorik Siswa di Tadika Didik Bistari Gemilang Gerik Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5488Keywords:
Kompetensi Guru, Perkembangan Kognitif, Psikomotorik Siswa, KualitatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa di Tadika Didik Bistari Gemilang. Kompetensi guru berperan penting dalam meningkatkan perkembangan yang optimal pada aspek kognitif dan psikomotorik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah observasi non-partisipatif, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi berdasarkan konfirmasi guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk penarikan kesimpulan dan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kompetensinya adalah dengan menghadiri pelatihan, mengikuti kursus, serta memanfaatkan media sosial yang dapat mengembangkan keterampilannya dalam mengajar. Dalam meningkatkan perkembangan kognitif dan psikomotorik siswa, guru menerapkan strategi pembelajaran yang efektif seperti penggunaan media kartu pembelajaran, serta melaksanakan aktivitas yang dapat melatih keterampilan motorik halus dan kasar siswa menggunakan alat bantu aktivitas psikomotorik. Adapun kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya dukungan sebagian orang tua terhadap anaknya dan minat siswa yang berubah saat proses pembelajaran. Kedua kendala tersebut harus ditangani dengan baik agar tidak menghambat proses pembelajaran. Kesimpulannya adalah kompetensi guru berperan penting dalam perkembangan yang optimal pada kognitif dan psikomotorik siswa, sehingga pengembangan kompetensi guru harus terus dilakukan dan didukung oleh pihak sekolah dan lembaga pendidikan.
Downloads
References
Ahmad Tarmidi, N. A. Z., & Abu Bakar, K. (2022). Kemahiran Menggunting Dan Kesannya Terhadap Kemahiran Menulis Kanak-Kanak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.37134/jpak.vol11.sp.2.2022
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Ana Sari, I. O., & ’Aziz, H. (2019). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191–204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05
Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2). https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466
Arafah, A., & Pohan, S. (2023). Peran Guru Agama dalam Pengembangan Kreativitas Siswa di Anuban Muslim Songkhla School. Journal on Education, 5(3). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1399
Defiana, R., & Marlina, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Baiturrahman Canduang Agam. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 122–127. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.1128
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283
Irawati, L. (2023). Artikel Implementasi Pembelajaran Practical life dan Sensorial Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Omah Uthie Daycare Cibinong. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8514–8520. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2647
Ismaneli, E. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Diriku Melalui Metode Permainan Papan Saku Siswa Kelas I SDN 01. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.17
Kuncoro, A. (2017). Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 302–311. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1547
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2019). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard ada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210–228. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
Nurjannah, Yunus, M., & Burga, Muh. A. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru Dan Implikasinya Pada Peningkatkan Aspek Kognitif Peserta Didik Raudhatul Athfal Al Qira’ah Kabupaten Sidenreng Rappang. Referensi, 2(1), 1–10.
Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422
Oktaviana, R., & Vusvita Sari, A. (2024). Penerapan Media Flashcard dalam Pengenalan Huruf bagi Anak Kelas A TK Rifanda Palembang. Communnity Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9520–9525. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.35701
Pohan, S., Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Marpaung, A. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 779–788. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2446
Purba, I. A., & Zuraidah, Z. (2021). Efektivitas Tanya Jawab Sebagai Metode Pengulangan Materi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pelajaran Saat Daring. Jurnal Abdikmas, 1(2), 134–144. https://doi.org/10.51158/abdikmas.v1i2.553
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1(2), 92–102.
Rostikawati, Y., Aeni, E. S., & Wuryani, W. (2020). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa di Media Sosial. Abdimas Siliwangi, 3(2), 361–370. https://doi.org/10.22460/as.v3i2p%25p.3580
Sihotang, A., Zailani, & Pohan, S. (2024). Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3353–3364. https://doi.org/10.58230/27454312.897
Syarifuddin, S., & Adiansha, A. A. (2023). Pendampingan Guru melalui Pendampingan Individu dan Lokakarya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka Pengembangan dan Pengimbasan Budaya Positif Pembelajaran. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.53299/bajpm.v3i1.280
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 23–27. https://doi.org/10.22460/ts.v5i1p29-43.1271
Zainudin, & Ubabuddin. (2023). Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1(3), 915–931.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.