Penerapan Teknik Pengamatan Langsung dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 11 Maros Baru Kabupaten Maros

  • Irwan Fadli Universitas Muslim Maros
  • Nuraliah Majid Universitas Muslim Maros
Keywords: Teknik Pengamatan Langsung, Keterampilan Menulis, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui penerapan teknik pengamatan langsung pada siswa, Dengan teknik pembelajaran ini siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, dan hasil belajar siswa dapat dapat ditingkatkan sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Maros Baru yang berjumlah 30 orang yaitu 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penlitian pada siklus pertama ketuntasan belajar yang dicapai hanya 26,66% sehingga dinyatakan belum mencapai KKM yaitu 75. Sementara siklus kedua melalui penerapan teknik pengamatan langsung mengalami peningkatan sebesar 13,34% ini menunjukkan telah tercapainya ketuntasan belajar yaitu sebesar 40% dengan perolehan nilai rata-rata 84,2. Sehingga, siswa yang memperoleh keterampilan menulis teks berita dalam kategori kurang hanya satu siswa dan tidak ada siswa yang memperoleh kategori sangat kurang.  Baiknya nilai rata-rata pada siklus kedua didukung oleh terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar mencapai 96,66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrar, A. N. (2005). Penulisan Berita. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.

Akidah, I. A., & Mansyur, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Berita Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 13(1).

Cholid N. & Abu A. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta, Bumi Aksara.

Djuraid, H. N. (2007). Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press. Doyin, Mukh dan

Fiderika, F. (2015). Hubungan Keterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang‖ (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Hasanah, U. (2011). Penggunaan Teknik Pengamatan Objek Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIIIc Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Pemenuhan Hak Belajar Siswa melalui PKM Lesson Study. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522-534. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Hasanuddin (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Diktat STKIP YAPIM.

Pertama, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(4), 30-36.

Romli, M. & Asep S. (2000). Jurnalistik Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Satini, R. (2014). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1).

Setiati, E. (2005). Ragam Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja: Rosdakarya.

Sudarman, P. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suparno & Yunus, M (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyatno. (2004). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berdasarkan Kurikulim Berbasis Kompetensi. Surabaya: SIC.

Syahruddin. (2014). Inovasi Pembelajaran Menulis Ilmiah Berbasis Web Online. Makassar: Cv. Permata Ilmu Makassar.

Wagiran (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.

Published
07-08-2021
How to Cite
Fadli, I., & Majid, N. (2021). Penerapan Teknik Pengamatan Langsung dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 11 Maros Baru Kabupaten Maros . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 495-500. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1248
Section
Regular Articles