Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktifitas Berpikir dan Keterampilan Siswa Tata Busana

  • Romadhona Chusna Tsani Universitas Negeri Semarang
Keywords: metode pembelajaran inkuiri, aktivitas berpikir, keterampilan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa pengaruh pembelajaran menggunakan metode pembelajaran inkuiri terhadap aktivitas berpikir dan keterampilan siswa Tata Busana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen menggunakan One Group Pretest–Posttest. Hasil uji Hipotesis dihitung menggunakan uji t-test dan ketuntasan belajar. Hasil uji pengaruh metode pembelajaran menggunakan uji t menunjukan t hitung = 16.3 > t table = 2.023 dan uji ketuntasan belajar menunjukan t hitung = 8.23 > t table = 2.02 . Hasil yang ditunjukan pada analisis uji memiliki kesimpulan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu metode pembelajaran inkuiri mempengaruhi aktifitas berpikir dan keterampilan siswa Tata Busana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahira, A. (2011). Pendidikan Dasar Untuk Anak. http://www.anneahira.com/pengertian-sekolah-dasar.htm

Aini, K. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Hands On Minds On Activity Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Termokimia. Journal of Chemical Education, 3(1), 100-105 DOI: https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i3.147

Ambarsari, W. (2013).Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbiming Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Journal Pendidikan Biologi, 5(1), 81-95.

Ermaningsih. (2013). Pembelajaran Biologi Model PMB Menggunakan Lembar Kerja Bebas Termodivikasi Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Analistis. Journal Inkuiri, 2(2), 132-142.

Insriani, H. (2011). Pembelajaran Sosiologi yang Mengubah Minat Siswa. Journal Komunitas, 3(1), 92-102 DOI: https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2300

Kartono. (2010). Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Assesmen Kinerja Siswa. Journal Matematika, 1(1).

Lestari, V. D. (2012). Peningkatan Kompetensi Membuat Macam-Macam Pola Rok dengan Model Pembeajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Soekamto, T. & Udin, U. (1997). Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Dirjen Dikti Depdikbud: peningkatan dan pengembangan Aktivitas Instrumental.

Syaiful, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
22-02-2020
How to Cite
Tsani, R. C. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktifitas Berpikir dan Keterampilan Siswa Tata Busana. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 18-23. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.238
Section
Regular Articles