Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Rawarengas 2

  • Eka Aryanih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aam Amaliyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Aris Gumilar Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Kualitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran matematika. Kemampuan siswa kelas V SD Negeri Rawarengas 2 untuk berpikir kritis menjadi fokus penelitian ini. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Rawarengas 2 kelas VB. Siswa yang termasuk dalam kategori memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, kemampuan berpikir kritis sedang, dan kemampuan berpikir kritis rendah termasuk di antaranya. Dalam penelitian ini, tes, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi memenuhi semua indikator berpikir kritis, siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang memenuhi tiga indikator berpikir kritis, dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah hanya memenuhi satu indikator berpikir kritis. Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa dan penelitian selanjutnya dalam kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aam Amaliyah, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen FKIP

Aris Gumilar, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Dosen

References

Afifah, R. N., Oktaviya, U., Qoriroh, R., & Wahyuni, I. W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 207-216. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1121

Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33-44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242-254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., Rustina, R., & Nimah, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96-107. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i2.1734

Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v11i2.8001

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Journal On Education, 1(3), 37-47. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.114

Jannah, M., & Budiman, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 237-246. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.p%25p

Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA dalam menyelesaikan masalah identitas trigonometri ditinjau dari gender. Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 111-126. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663

Kharisma, E. N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 62-75.

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. Maju, 8(1), 502852.

Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., Billah, S., & Guru, P. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i2.1203

Nuraini, N. (2017). Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi sebagai upaya mempersiapkan generasi abad 21. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89-96. https://doi.org/10.32502/dikbio.v1i2.676

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaranmodel creative problem solving. KadikmA, 7(1), 84-93. https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471

Rizza, H. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 294-300.

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1419

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis Siswa kelas VII pada materi pecahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 401-409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968

Rukman, N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(1), 106-117. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.106-117

Sa'adilla, S., Sofiyan, S., & Fadilah, F. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(1), 28-35. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i1.1688

Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222-3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Penerbit Adab.

Syafruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada Siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 089-100.

Syam, A. S. M. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 19(1), 939-946. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v1i1.883

Usman, K., Uno, H. B., Oroh, F. A., & Mokolinug, R. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 15-20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10260

Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50-61. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633

Wardhani, N. K., Rasiman, R., & Wulandari, D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.6902

Yunita, N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan motivasi belajar matematis siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 325-332. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p325-332

Published
29-09-2024
How to Cite
Aryanih, E., Amaliyah, A., & Gumilar, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri Rawarengas 2. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 862-870. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4106
Section
Regular Articles