Dampak Psikologis Korban Child Abuse (Studi Kasus Kampung Padang Alai Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman)
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4330Keywords:
Dampak Psikologis, Korban, Child AbuseAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi di kampung Padang Alai Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yaitu adanya seorang anak yang mendapatkan perlakuan kekerasan dari ibunya seperti dijewer dibagian telinga sekuatnya sampai menjadi merah dan ditampar serta dipukul dengan benda-benda kasar yang ada disekitar seperti, gantungan baju, sendal dan gagang sapu ijuk dan sering diteriaki, memanggil anak dengan sebutan (misslabeling). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak psikologis yang dialami oleh anak yang telah mengalami child abuse. Penelitian ini adalah studi kasus lapangan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu anak korban child abuse dan informan pendukung ialah abang dan nenek korban child abuse, serta tetangga sekitar rumah anak korban child abuse tersebut. Peneliti menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Mengurangi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan adalah proses analisis data. Triangulasi data adalah metode untuk memverifikasi keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak psikologis korban Child Abuse sejak balita bersifat permisif seperti merasa tidak berguna, mengisolasi diri di rumah, tidak mampu bergaul dengan teman sebayanya, dan bersifat depresif seperti murung dan pendiam, serta bersifat agresif seperti mendorong, menendang dan memukul teman dan juga saudaranya. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kekerasan yang dialami pada anak memberikan dampak kepada psikologisnya.
Downloads
References
Affandi, M. A. (2020). Pola Asuh Orang Tua taat beragama dalam pembentukan karakter islami Anak: Studi Kasus Keluarga Imam Masjid dan Mushollah Di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Afrina, A., & Yarni, L. (2023). Peran Guru BK Dalam Membina Karakter Siswa Setelah Pandemi Covid 19 Di Mtsn 1 Pasaman. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 43-55.
Ajhuri, K. F. (2019). Psikologi Perkembangan : Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Penebar Media Pustaka, Yogyakarta. ISBN 978-623-7135-48-7.
Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1).
Asy'ari, S. (2019). Kekerasan Terhadap Anak. Jurnal Keislaman, 2(2), 178-194.
Budiyanto, B. (2014). Hak-hak Anak Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Klijaga.
Djamal, D. (2016). Fenomena Kekerasan disekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huraerah, A. (2014). Kekerasan Terhadap Anak (Revisi). Bandung: Nuansa.
Jaya, S. Z. (2019). Pelaksanaan Layanan Informasi Terhadap Orangtua Tentang Pencegahan Kekerasan Pada Anak Usia Dini Di Ra Permata Bunda Rajabasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Karamoy, L. Y., Pangemanan, F. N., & Kimbal, A. (2022). Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak (Studi Di Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Minahasa Utara). GOVERNANCE, 2(1).
Khairiyyah, N. N. M., & Iksan, M. (2022). Peran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) dalam Perlindungan Anak Korban Kekerasan (Studi di P2TP2A Kabupaten Klaten) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kurniasari, A. (2019). Dampak kekerasan pada kepribadian anak. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(1).
Kurniawansyah, E., & Dahlan, D. (2022). Penyebab Terjadinya Kekerasan Terhadap Anak (Studi Kasus di Kabupaten Sumbawa). CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 30-35.
Maharani, N. (2019). Kebijakan Reformulasi Penjatuhan Sanksi Kebiri Terhadap Pelaku Kejahatan Phedofilia Di Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Mahmudi, I. N. (2019). Child Abuse Kekerasan Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Maisah, M., & Yenti, S. S. (2016). Dampak psikologis korban kekerasan dalam rumah tangga di Kota Jambi. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 17(2), 265-277.
Maknun, L. (2017). Kekerasan Terhadap anak yang Dilakukan oleh orang tua.vol 3 nomor 1. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Jakarta.
Mardiyati, I. (2015). Dampak trauma kekerasan dalam rumah tangga terhadap perkembangan psikis anak. Jurnal Studi Gender dan Anak, I (2), 26-29.
Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2017). Abnormal Psychology in a Changing World. London: Pearson Higher Education.
Nur’aeni, N. (2017). Kekerasan Orang Tua Pada Anak. Vol 2 nomor 2. Purwokerto:Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Putri, Z. S. (2021). Implementasi Komunikasi Ilahiyah Dalam Buku Remember Me and I Will Remember You Karya Wirda Mansur: Content Analysis (Doctoral dissertation, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Raharjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sabarrudin, S., Zaini, H., & Irman, I. (2022). Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Surah At-Tahrim Ayat 6. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 5(2), 155-162.
Satria, M. (2017). Pengaruh Kekerasan Verbal Orang Tuaterhadap Komunikasi Verbal Anak Di Sma Muhammadiyah I Palembang (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Setiani, R. E. (2016). Pendidikan anti kekerasan untuk anak usia dini: Konsepsi dan implementasinya. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 39-56.
Siahaan, D. N. A. (2020). Konseling kelompok dengan pendekatan REBT untuk meningkatkan kepercayaan diri anak korban kekerasan. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 8-15.
Somaliagustina, D., & Sari, D. C. (2018). Kekerasan seksual pada anak dalam perspektif hak asasi manusia. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 1(2), 122-131.
Sugiyono, S. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan Rdan D. Bandung: Alfabeta.
Wewengkang, D. B. P., & Moordiningsih, M. (2016). Studi Fenomenologi Konteks Budaya Jawa dan Pengaruh Islam: Situasi Psikologis Keluarga dalam Membangun Empati pada Remaja. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 1-11.
Widia, K. (2024). Hubungan Antara Parenting Stress Dengan Perilaku Kekerasan Orang Tua Pada Anak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Yusri, F. (2015). Intrumen Non-tes Dalam Konseling. Padang Panjang: P3SDM Melati Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.