Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar Kelas V Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6243Keywords:
Pembelajaran PPKn, Model Pembelajaran, Make a Match, Kartu Bergambar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini adalah Pemenuhan nilai KKM yang hanya 55% nilai siswa kelas V serta terdapat kejenuhan dan ketidak tertarikan siswa dalam pembelajaran khususnya pada muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan kartu bergambar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi gotong royong di kelas V MI An-Nashriyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan mendalam fenomena yang terjadi tanpa menggunakan angka/statistic dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V MI An-Nashriyah berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada materi gotong royong, wawancara beberapa siswa kelas V, dan dokumentasi saat penerapan model Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, membangun kerja sama, serta memperkuat pemahaman konsep gotong royong. Penggunaan kartu bergambar membantu siswa dalam mengaitkan materi dengan situasi nyata secara visual, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model Make a Match berbantuan kartu bergambar efektif diterapkan dalam pembelajaran PPKn untuk menanamkan nilai-nilai gotong royong pada siswa sekolah dasar. Penggunaan model Make a Match direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan di sekolah dasar
Downloads
References
Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). pembelajaran IPA dengan model make a match berbasis lingkungan meningkatkan hasil belajar siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 181-191. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25035
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334
Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 69-77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223
Hasni, P., & Amelia, C. (2024). The Effect of Make A Match Cooperative Learning Model on Mathematics Problem Solving Ability in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 1070-1083. https://doi.org/10.51276/edu.v5i2.948
Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48-56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269
Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18. https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253
Kusumaningtyas, D. A., & Mirtasari, S. (2024). Enhancing Elementary Students' Learning Interest in Science with the'Make-a-Match'Cooperative Learning Model. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(02), 80-89. https://doi.org/10.56741/ijlree.v3i02.552
Lestari, S. D., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. As-Sabiqun, 5(2), 592-603. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3125
Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152-163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 449634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis minat siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087
Rosidha, A. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui model pembelajaran make and match berbasis media karu pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393-401. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2), 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Sutrisno, T. (2024). The Use Of The Cooperative Learning Model Make A Match To Improve Mathematics Learning Outcomes. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1), 116-128. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.15505
Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542-5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363
Asmaroini, A. P. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 3 Ponorogo. Integralistik, 31(1), 41-50. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.22067
Ulnatifah, R., Anjarini, T., & Khaq, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Pancasila Dalam Kehidupanku Kelas V SD Negeri Jono. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2183-2192. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13012
Ni’mah, A. U., Rondli, W. S., & Kironoratri, L. (2025). Efektivitas Media Permainan Engklek Riang Gotong Royong (Eyang Eyong) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD 3 Menawan. Jurnal Simki Pedagogia, 8(2), 502-512. https://doi.org/10.29407/jsp.v8i2.1167
Lubis, M. A., Dalimunthe, H., & Azizan, N. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI Teori dan Implementasinya untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila. Samudra Biru.
Rachmawati, A. D. A., Setiawan, D., & Kuryanto, M. S. (2025). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13186
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Atika Nur Rohmah, Eka Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.