Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Kasihan Bantul

Authors

  • Allya Zulfa Septina Universitas PGRI Yogyakarta
  • Taufik Muhtarom Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6191

Keywords:

Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Program Sekolah Ramah Anak, Kearifan Lokal

Abstract

Urgensi penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal, sebagai upaya untuk mencegah kekerasan di sekolah sekaligus melestarikan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perencanaan program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal di SD Negeri Kasihan, 2) Mengetahui implementasi program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal di SD Negeri Kasihan, serta 3) Mengetahui evaluasi program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal di SD Negeri Kasihan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kasihan Bantul. Sumber data ini diperoleh dari berbagai pihak, antara lain kepala sekolah, guru, serta peserta didik. Guru wali kelas 4 dan kelas 5, satu guru mata pelajaran, serta sembilan orang peserta didik sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yaitu dimulai dari kegiatan sosialisasi, identifikasi kebutuhan dan aspirasi peserta didik, penyusunan kebijakan SRA, pembentukan tim SRA, dan pengidentifikasi potensi. Implementasi yaitu dengan melakukan pelaksanaan kurikulum seperti menggabungkan nilai-nilai karakter dan budaya lokal dalam kegiatan sehari-hari. Terdapat pendidik dan tenaga kependidikan terlatih, sarana dan prasarana, Selain itu, dalam pelaksanaan program juga didukung dengan adanya partisipasi peserta didik, orang tua dan pihak luar. Evaluasi yaitu dengan asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Penilaian ini tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif saja, tetapi juga pada keterampilan dan sikap peserta didik secara komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdhal, A., Manuputty, F., Litaay, S. C. H., & Makaruku, N. D. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maluku dalam Hidden curriculum: Strategi Membangun Perdamaian dan Toleransi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5071-5083. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1707

Amrullah, A. K. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan pada Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 5 Brebes. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(4), 319-336. https://doi.org/10.58344/locus.v2i4.1001

Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan perempuan dalam menciptakan sekolah ramah anak. Quality, 9(1), 87-102. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109

Casmudi, C., Indriawati, P., & Waskitoningtyas, R. S. (2025). Peran Sekolah Ramah Anak Dalam Penguatan Kearifan Lokal Bagi Siswa Miskin Ekstrem Sekolah Dasar di Balikpapan. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 9(4), 109-119. https://doi.org/10.37329/jpah.v9i4.4287

Damanik, F. H. S. (2024). Peran bimbingan konseling pada sekolah ramah anak dalam memberikan dukungan emosional di sekolah menengah atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2433-2442. https://doi.org/10.58230/27454312.559

Fahmi, A. (2021). Implementasi program sekolah ramah anak dalam proses pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 33-41. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086

Fatmawati, F., Yahya, F., & Sentaya, I. M. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Formatif, Dan Sumatif Berbantuan Tik Untuk Guru-Guru Pasraman Widya Dharma Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), 154-161. http://dx.doi.org/10.29303/jppm.v6i3.5595

Handayani, Y., & Miyono, N. (2023). Implementasi Sekolah ramah anak Program Anti Bullying di SMA Negeri 1 Kendal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4151-4165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1087

Haryanti, S., Narimo, S., Fuadi, D., & Minsih, M. (2025). Strategi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 287-299. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4125

Ibo, Y. F. H., & Lorensius, L. (2023). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Katolik Kota Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 12-25. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.156

Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Smp Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 1(2), 39-54. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i2.852

Jumakir, M. P. (2024). Sekolah Ramah Anak. umsu press.

Jumari, M. P. I., & Suwandi, M. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak: Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berbasis CIPP Model. Penerbit Adab.

Khoiriyah, A. N., Ramadhan, D. F., & Sofyan, M. (2025). Sekolah Ramah Anak Dalam Mencegah Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 17(1), 1-16. https://doi.org/10.32678/primary.v17i1.11473

Kusnita, K., Dewi, I. K., & Mashar, A. (2023). Implementasi program sekolah ramah anak di SD Negeri 30 Pangkalpinang dan SD Negeri 37 Pangkalpinang. EDOIS: Journal of Islamic Education, 1(2), 86-95. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3908

Latifah, A. N., Khairani, M. D., Agustina, L. A., Nurchasanah, I. W., Diani, S. A. R., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1170-1181. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2601

Madhani, L., & Patilima, H. (2024). Implementasi Aspek Sarana Prasarana Sekolah Ramah Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 8-16. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6568

Magdalena, I., Odicus, D. A., Oktaviani, D., & Nurrahama, M. I. (2023). Penilaian keterampilan evaluasi Pendidikan Teori dan Implementasi Melalui Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 108-113. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.58

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal basicedu, 6(4), 5961-5968. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148

Mashunah, D., Hostin, H., Mashunah, H., Rahayu, S., & Zakiyah, A. H. (2021). PKM Pendampingan Penyusunan Kurikulum Sekolah Ramah Anak pada Taman Kanak Kanak (TK) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(2), 303-312. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2252

Masriah, I., Pujilestari, Y., & Kurniawati, A. (2025). Peranan Kepemimpinan Perempuan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus di SDIT Nurul Amal Kota Tangerang Selatan). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7570-7576. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.9070

Nurbaeti, R. U., Zulfikar, Z., & Toharudin, M. (2020). Pembelajaran ramah anak berbasis pendidikan karakter pada sekolah inklusi. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7(2), 99-110. https://doi.org/10.24036/scs.v7i2.215

Pasha, D. A., Alqadri, B., Dahlan, D., & Mustari, M. (2022). Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Gunungsari. MANAZHIM, 4(2), 232-259. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1787

Pudyaningtyas, A. R., Rahmawati, A., Hafidah, R., Palupi, W., Dewi, N. K., Sholeha, V., & Syamsuddin, M. M. (2023). Keterlibatan Orang Tua dalam Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini Ramah Anak di Gugus Budi Mulia II Sukoharjo. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.67052

Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 190-197. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24723

Purwanto, H. (2022). Analisis peran penggalangan intelijen dalam pencegahan konflik disharmoni agama dengan budaya lokal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 22-28. https://doi.org/10.29210/020221533

Rauf, E. U. T., Dewi, L. K., & Kusumastuti, H. (2023). Penguatan Masyarakat Menuju Pekon yang Sehat dan Ramah Anak Dalam Kearifan Lokal. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(02), 109-118. https://doi.org/10.24967/jams.v4i02.2542

Rummar, M. (2022). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580-1588. https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655

Rustina, Y., Setiawan, A., Novieastari, E., Wanda, D., Hadi, E. N., Gunawijaya, J., & Falahaini, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kota Sehat dan Layak Anak Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Community Engagement in Health, 4(1), 200-207. https://doi.org/10.30994/jceh.v4i1.127

Saputro, W. T. (2020). Metode deskripsi untuk mengetahui pola belanja konsumen pada data penjualan. INTEK: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 3(1), 25-33. https://doi.org/10.37729/intek.v3i1.480

Sarumaha, M., Telaumbanua, K., & Harefa, D. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Nias Selatan: Membangun Identitas Budaya pada Generasi Muda. Jurnal Education and Development, 12(3), 663-668. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6585

Sidiq, M., Larashaty, A. A., Ma’arif, S., Magfira, M., Hidayatullah, M. S., Hafil, M., ... & Munir, N. (2025). Sosialisasi Anti Kekerasan di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(3), 3150-3154. https://doi.org/10.59837/2hgxn841

Sugianto, S. (2025). Peran Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak bagi Siswa dari Keluarga Miskin Ekstrem di Balikpapan. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 9(4), 78-88. https://doi.org/10.37329/jpah.v9i4.4284

Suharjuddin, S., Faridatul‘Ala, F. A., & Yulianti, Y. (2023). Analisis Proses Pembelajaran Ramah Anak dalam Penerapan Pembelajaran Daring. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 16-25. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2479

Susilowati, L. (2017). Persiapan sekolah ramah anak di Salatiga: Pemetaan kebutuhan dan identifikasi masalah dari perspektif peserta didik. KRITIS, 26(1), 1-21. https://doi.org/10.24246/kritis.v26i1p1-21

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M. G. (2021). Implementasi sekolah ramah anak di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. POPULIKA, 9(2), 1-12. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.316

Violeta, F. M., & Lessy, Z. (2024). Implementasi dan Dampak Program Sekolah Ramah Anak di Madrasah Tsanawiyah. Journal of Education Research, 5(2), 2322-2331. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1039

Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367-377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Published

2025-06-30

How to Cite

Septina, A. Z., & Muhtarom , T. (2025). Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Kasihan Bantul. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 817–832. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6191

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.