Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Vlog Materi Kebersihan Lingkungan Rumah untuk Peserta Didik Fase C

Authors

  • Nurmila Nurmila Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Zulfatmi Zulfatmi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Hayati Hayati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6190

Keywords:

Pengembangan, Media Vlog, Peserta Didik Fase C, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media vlog sebagai sarana pembelajaran materi kebersihan lingkungan rumah bagi peserta didik Fase C (kelas V dan VI Sekolah Dasar). Fokus penelitian berada pada tahap analisis kebutuhan sebagai langkah awal dalam pengembangan modul proyek. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kondisi media pembelajaran yang tersedia serta mengevaluasi keterbatasannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg and Gall pada tahap awal. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru dari SDN 56 Banda Aceh, 30 siswa kelas V, 1 ahli media, dan 1 guru ahli materi kebersihan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan kebutuhan dan persepsi pengguna terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media yang digunakan saat ini masih bersifat konvensional, kurang menarik, dan belum memanfaatkan potensi media digital secara optimal. Sebagian besar responden menyatakan bahwa media vlog berbasis video lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik digital native. Oleh karena itu, pengembangan media vlog dipandang penting untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan rumah. Temuan ini menjadi dasar untuk merancang media pembelajaran yang inovatif, relevan, dan kontekstual bagi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Mardiah, M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa Sma Kelas Xi Di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Visipena, 11(2), 217-227. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1195

Ansyari, M. H. (2025). Kreativitas Guru Pai: Mengajar dengan Hati, Berinovasi dengan Teknologi. Penerbit Kbm Indonesia.

Ariyani, D. (2022). Motivasi dan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajan Picture And Picture. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(1), 66-74. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i1.123

Devitasari, P. I. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Web Modul IPA Terintegrasi Tanaman Lokal untuk SMP. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(2), 75-85. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i2.125

Fahmy, U., Putri, D. G. A., Fadhil, M., & Yudha, M. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9-25. https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.80

Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi dan Konseling, 165. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1814

Fitriyanti, F., Tarsilah, T., Wiyanti, S. W., & Mujiwati, M. (2022). Pembelajaran Pendidikan Kesehatan Masyarakat Berbasis Teknologi Pendidikan Abad 21. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. . http://dx.doi.org/10.31602/piuk.v0i0.6703

Harun, I., Latief, M., Takdir, R., & Pakaja, J. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(2). https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.18752

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan digital dan solusi yang diterapkan di Indonesia selama pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 24(2), 187-200. http://dx.doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200

Kusuma, A. F. A. A., Astuti, D., & Handayani, R. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Petualangan Luar Angkasa Berbasis Android. Transformasi, 19(1). https://doi.org/10.56357/jt.v19i1.351

Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hots menggunakan aplikasi lectora inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9-16. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.3851

Lestari, H. D., & Utomo, D. H. (2024). Pengembangan media pembelajaran vlog (video blogging) pada mata peajaran Geografi materi dinamika penduduk. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 7(2), 139-148. https://doi.org/10.17977/um022v7i2p139-148

Maulana, K. (2024). Media Gambar Dan Video Animasi Dalam Pembelajaran Ski Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Guru, 1(2), 334-343. https://journal.barkahpublishing.com/index.php/jppg334

Nurjayanti, E., & Subrata, H. (2024). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Media Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mengingkatkan Kemampuan Menulis Murid Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 238-250. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20101

Passaretti, B., Missiuna, C., Levinson, A. J., Turkstra, L. S., Gallagher, T., FIRST Development Team, & Campbell, W. (2025). Development and evaluation of an online professional development course to support delivery of tiered school-based rehabilitation services. Disability and Rehabilitation, 47(12), 3201-3213. https://doi.org/10.1080/09638288.2024.2417769

Salim, N. A. (2024). Relationship Between Knowledge & Attitudes of Cleaning Staff Towards Medical Waste Management at Pidie Jaya Regional Hospital, Pidie Jaya Regency: Hubungan Pengetahuan & Sikap Petugas Kebersihan Terhadap Pengelolaan Limbah Medis di RSUD Pidie Jaya Kabupaten Pidie Jaya. JOHAR (Journal of Hospital Administration Research), 1(02), 29-36. https://doi.org/10.35706/johar.v1i02.12585

Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 99-107. https://doi.org/10.17605/jti.v4i1.516

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surbakti, E. M. B., Ginting, I. T. B., Sihite, L. S., Sigiro, Y., & Yuni, R. (2025). Respon Siswa Terhadap Efektivitas Media Pembelajaran Video Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Lembaga Keuangan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(3), 324-332. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4787

Susilowati, N., Setiawan, A. B., Asrodin, M., Atho'ulloh, M., Saragih, A. D. N., & Afiani, D. N. (2022). Penguatan Kader Kesehatan dan Masyarakat Desa Kemawi dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Abdimas, 26(1), 78-86. https://doi.org/10.15294/abdimas.v26i1.36849

Triani, D. (2014). Hubungan penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PKN pada siswa kelas x dan XI di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v4i7.437

Trust, T., & Pektas, E. (2018). Using the ADDIE model and universal design for learning principles to develop an open online course for teacher professional development. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(4), 219-233. https://doi.org/10.1080/21532974.2018.1494521

Wardana, R. P. C., Wulandari, P. T., Ariesta, R., Rahmawati, F. E., Ifada, B. N., & Muhammad, I. (2023). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Langkah Pencegahan Diare pada Siswa Sekolah Dasar. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 272-277. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.209

Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279–470.

Yumestri, Y., Maisah, M., Hakim, L., & Asrulla, A. (2024). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan Studi Kasus SMKN 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16199-16217. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12505

Published

2025-06-30

How to Cite

Nurmila, N., Zulfatmi, Z., & Hayati, H. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Vlog Materi Kebersihan Lingkungan Rumah untuk Peserta Didik Fase C. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 777–789. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6190

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.