Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Vlog Materi Kebersihan Lingkungan Rumah untuk Peserta Didik Fase C
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6190Keywords:
Pengembangan, Media Vlog, Peserta Didik Fase C, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media vlog sebagai sarana pembelajaran materi kebersihan lingkungan rumah bagi peserta didik Fase C (kelas V dan VI Sekolah Dasar). Fokus penelitian berada pada tahap analisis kebutuhan sebagai langkah awal dalam pengembangan modul proyek. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengetahui kondisi media pembelajaran yang tersedia serta mengevaluasi keterbatasannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg and Gall pada tahap awal. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru dari SDN 56 Banda Aceh, 30 siswa kelas V, 1 ahli media, dan 1 guru ahli materi kebersihan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan kebutuhan dan persepsi pengguna terhadap media pembelajaran yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa media yang digunakan saat ini masih bersifat konvensional, kurang menarik, dan belum memanfaatkan potensi media digital secara optimal. Sebagian besar responden menyatakan bahwa media vlog berbasis video lebih sesuai dengan karakteristik peserta didik digital native. Oleh karena itu, pengembangan media vlog dipandang penting untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan rumah. Temuan ini menjadi dasar untuk merancang media pembelajaran yang inovatif, relevan, dan kontekstual bagi pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.
Downloads
References
Ananda, R., & Mardiah, M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa Sma Kelas Xi Di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Visipena, 11(2), 217-227. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1195
Ansyari, M. H. (2025). Kreativitas Guru Pai: Mengajar dengan Hati, Berinovasi dengan Teknologi. Penerbit Kbm Indonesia.
Ariyani, D. (2022). Motivasi dan Hasil belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menerapkan Model Pembelajan Picture And Picture. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(1), 66-74. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i1.123
Devitasari, P. I. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Web Modul IPA Terintegrasi Tanaman Lokal untuk SMP. Jurnal Al Mujaddid Humaniora, 8(2), 75-85. https://doi.org/10.58553/jalhu.v8i2.125
Fahmy, U., Putri, D. G. A., Fadhil, M., & Yudha, M. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9-25. https://doi.org/10.61104/alz.v1i1.80
Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi dan Konseling, 165. https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1814
Fitriyanti, F., Tarsilah, T., Wiyanti, S. W., & Mujiwati, M. (2022). Pembelajaran Pendidikan Kesehatan Masyarakat Berbasis Teknologi Pendidikan Abad 21. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. . http://dx.doi.org/10.31602/piuk.v0i0.6703
Harun, I., Latief, M., Takdir, R., & Pakaja, J. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 7 Prasetya Gorontalo. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(2). https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.18752
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). Kesenjangan digital dan solusi yang diterapkan di Indonesia selama pandemi COVID-19. JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 24(2), 187-200. http://dx.doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200
Kusuma, A. F. A. A., Astuti, D., & Handayani, R. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Petualangan Luar Angkasa Berbasis Android. Transformasi, 19(1). https://doi.org/10.56357/jt.v19i1.351
Latifah, S., Yuberti, Y., & Agestiana, V. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis hots menggunakan aplikasi lectora inspire. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 9-16. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.3851
Lestari, H. D., & Utomo, D. H. (2024). Pengembangan media pembelajaran vlog (video blogging) pada mata peajaran Geografi materi dinamika penduduk. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial, 7(2), 139-148. https://doi.org/10.17977/um022v7i2p139-148
Maulana, K. (2024). Media Gambar Dan Video Animasi Dalam Pembelajaran Ski Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Guru, 1(2), 334-343. https://journal.barkahpublishing.com/index.php/jppg334
Nurjayanti, E., & Subrata, H. (2024). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Media Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mengingkatkan Kemampuan Menulis Murid Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 238-250. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20101
Passaretti, B., Missiuna, C., Levinson, A. J., Turkstra, L. S., Gallagher, T., FIRST Development Team, & Campbell, W. (2025). Development and evaluation of an online professional development course to support delivery of tiered school-based rehabilitation services. Disability and Rehabilitation, 47(12), 3201-3213. https://doi.org/10.1080/09638288.2024.2417769
Salim, N. A. (2024). Relationship Between Knowledge & Attitudes of Cleaning Staff Towards Medical Waste Management at Pidie Jaya Regional Hospital, Pidie Jaya Regency: Hubungan Pengetahuan & Sikap Petugas Kebersihan Terhadap Pengelolaan Limbah Medis di RSUD Pidie Jaya Kabupaten Pidie Jaya. JOHAR (Journal of Hospital Administration Research), 1(02), 29-36. https://doi.org/10.35706/johar.v1i02.12585
Sidik, M. (2019). Perancangan dan Pengembangan E-commerce dengan Metode Research and Development. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 4(1), 99-107. https://doi.org/10.17605/jti.v4i1.516
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surbakti, E. M. B., Ginting, I. T. B., Sihite, L. S., Sigiro, Y., & Yuni, R. (2025). Respon Siswa Terhadap Efektivitas Media Pembelajaran Video Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Lembaga Keuangan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(3), 324-332. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i3.4787
Susilowati, N., Setiawan, A. B., Asrodin, M., Atho'ulloh, M., Saragih, A. D. N., & Afiani, D. N. (2022). Penguatan Kader Kesehatan dan Masyarakat Desa Kemawi dalam Pencegahan Stunting. Jurnal Abdimas, 26(1), 78-86. https://doi.org/10.15294/abdimas.v26i1.36849
Triani, D. (2014). Hubungan penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar PKN pada siswa kelas x dan XI di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v4i7.437
Trust, T., & Pektas, E. (2018). Using the ADDIE model and universal design for learning principles to develop an open online course for teacher professional development. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(4), 219-233. https://doi.org/10.1080/21532974.2018.1494521
Wardana, R. P. C., Wulandari, P. T., Ariesta, R., Rahmawati, F. E., Ifada, B. N., & Muhammad, I. (2023). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Langkah Pencegahan Diare pada Siswa Sekolah Dasar. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(3), 272-277. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i3.209
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279–470.
Yumestri, Y., Maisah, M., Hakim, L., & Asrulla, A. (2024). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan Studi Kasus SMKN 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 16199-16217. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.12505
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurmila Nurmila, Zulfatmi Zulfatmi, Hayati Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.