Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Asessmen Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa SDIT Mutiara Ilmu

Authors

  • Nina Rosiana Universitas Trunojoyo Madura
  • Nor Aida Amalia Putri Universitas Trunojoyo Madura
  • Noura Aulya Damayanti Universitas Trunojoyo Madura
  • Emilda Shofiyah Avisenna Universitas Trunojoyo Madura
  • Oky Ayu Stevani Universitas Trunojoyo Madura
  • Ika Dian Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6036

Keywords:

Efektivitas, Model Pembelajaran Tipe STAD, Asessmen Wordwall, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV di SDIT Mutiara Ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Satu kelas dilibatkan dalam penelitian ini, yang meliputi tahapan pretest, perlakuan, dan posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 24 siswa kelas IV SDIT Mutiara Ilmu.  Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa yaitu 53,33, sedangkan posttest mengalami peningkatan menjadi 90,41 sesudah menggunakan  model pembelajaran tipe penggunaan STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Wordwall. Hasil analisis menunjukkan bahwasannya nilai rata-rata N-gain sebesar 0,8297, yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, persentase efektivitas mencapai lebih dari 76%, sehingga berada pada kategori efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tip STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Dengan demikian, Wordwall merupakan asessmen yang efektif dan direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan minat dan partisipasi aktif siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.

Dhiya‘Ulhaq, J., Rondli, W. S., & Setiawaty, R. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1439-1451. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2871

Ikhsan, K. N. (2022). Sarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119-127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447

Israil, I. (2019). Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 117-123. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807

Jannah, M., & Husniati, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 89-98. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.172

Jianingsih, P., Fatimah, P., Sabarunisa, N. I., Zaini, A. N., Sari, N., & Sani, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 787-793. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2169

Listyaningrum, M., & Pratama, A. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Type STAD Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 29-35. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.213

Mukhsin, M. (2020). Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom, 3(1), 7-15.

Nadia, D. O. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924-1933. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497

Putra, Y. E. S., Mahanani, P., & Khotimah, K. (2022). Pengembangan Soal Evaluasi Berbantuan Website Wordwall pada Mata Pelajaran PPKn Materi Nilai-Nilai Pancasila Kelas 3. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 7(2), 74-84. https://doi.org/10.17977/um027v7i22022p74-84

Rahmadanti, A., & Efendi, I. (2024). Efektivitas media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086

Ramadhani, T. P. L., VK, A. M., Ramadila, C. D., & Pratiwi, D. E. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 108-115. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.539

Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133-145. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Rifa'i, M. R., Prohandono, T., & Bektiarso, S. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Di Era Merdeka Belajar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 106-116. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v5i2.11514

Rusdi, M. I., Prasti, D., & Rasyid, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Kelas VII SMPN 3 Bone-Bone. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 168–175. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.223

Sukamtini, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Group Investigation . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.167

Suparmini, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67-73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Tamam, B., & Nurhikmah, N. (2023). Cooperative Learning Model Type STAD for Improving Students’ Skills in Determining Main Ideas of Paragraphs . Jurnal Dieksis ID, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.1.2023.200

Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310-315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Zahroh, P. N., & Yusuf, W. F. (2024). Penggunaan Media Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran. Tadbir Muwahhid, 8(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12805

Published

2025-06-15

How to Cite

Rosiana, N., Putri, N. A. A., Damayanti, N. A., Avisenna, E. S., Stevani, O. A., & Rahmawati, I. D. (2025). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Asessmen Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa SDIT Mutiara Ilmu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 726–738. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6036

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.