Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe STAD Berbantuan Asessmen Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa SDIT Mutiara Ilmu
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6036Keywords:
Efektivitas, Model Pembelajaran Tipe STAD, Asessmen Wordwall, Hasil Belajar, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV di SDIT Mutiara Ilmu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Satu kelas dilibatkan dalam penelitian ini, yang meliputi tahapan pretest, perlakuan, dan posttest. Subjek penelitian ini sebanyak 24 siswa kelas IV SDIT Mutiara Ilmu. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa yaitu 53,33, sedangkan posttest mengalami peningkatan menjadi 90,41 sesudah menggunakan model pembelajaran tipe penggunaan STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Wordwall. Hasil analisis menunjukkan bahwasannya nilai rata-rata N-gain sebesar 0,8297, yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, persentase efektivitas mencapai lebih dari 76%, sehingga berada pada kategori efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran tip STAD (Student Teams Achievement Division) berbantuan Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Dengan demikian, Wordwall merupakan asessmen yang efektif dan direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan minat dan partisipasi aktif siswa
Downloads
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.
Dhiya‘Ulhaq, J., Rondli, W. S., & Setiawaty, R. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1439-1451. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2871
Ikhsan, K. N. (2022). Sarana pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119-127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Israil, I. (2019). Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Kayangan. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 117-123. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1807
Jannah, M., & Husniati, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 89-98. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.172
Jianingsih, P., Fatimah, P., Sabarunisa, N. I., Zaini, A. N., Sari, N., & Sani, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 787-793. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2169
Listyaningrum, M., & Pratama, A. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Type STAD Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(1), 29-35. https://doi.org/10.54065/pelita.3.1.2023.213
Mukhsin, M. (2020). Peranan teknologi informasi dan komunikasi menerapkan sistem informasi desa dalam publikasi informasi desa di era globalisasi. Teknokom, 3(1), 7-15.
Nadia, D. O. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924-1933. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.497
Putra, Y. E. S., Mahanani, P., & Khotimah, K. (2022). Pengembangan Soal Evaluasi Berbantuan Website Wordwall pada Mata Pelajaran PPKn Materi Nilai-Nilai Pancasila Kelas 3. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 7(2), 74-84. https://doi.org/10.17977/um027v7i22022p74-84
Rahmadanti, A., & Efendi, I. (2024). Efektivitas media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117-125. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086
Ramadhani, T. P. L., VK, A. M., Ramadila, C. D., & Pratiwi, D. E. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(1), 108-115. https://doi.org/10.62383/risoma.v3i1.539
Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133-145. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049
Rifa'i, M. R., Prohandono, T., & Bektiarso, S. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Di Era Merdeka Belajar. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 5(2), 106-116. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v5i2.11514
Rusdi, M. I., Prasti, D., & Rasyid, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Kelas VII SMPN 3 Bone-Bone. Jurnal Literasi Digital, 2(3), 168–175. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.223
Sukamtini, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Perkembangan Teknologi Menggunakan Group Investigation . Jurnal Literasi Digital, 3(2), 82–88. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.167
Suparmini, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Journal of Education Action Research, 5(1), 67-73. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31559
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep populasi dan sampling serta pemilihan partisipan ditinjau dari penelitian ilmiah pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Tamam, B., & Nurhikmah, N. (2023). Cooperative Learning Model Type STAD for Improving Students’ Skills in Determining Main Ideas of Paragraphs . Jurnal Dieksis ID, 3(1), 55–62. https://doi.org/10.54065/dieksis.3.1.2023.200
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., Falah, A. M., Khoirunnisa, K., & Risdalina, R. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 310-315. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Zahroh, P. N., & Yusuf, W. F. (2024). Penggunaan Media Wordwall Dalam Evaluasi Pembelajaran. Tadbir Muwahhid, 8(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v8i1.12805
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.