Pelibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di Tadika Tinta Khalifah Malaysia

Authors

  • Indah Sekar Arum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Abd Rahman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5500

Keywords:

Pelibatan Orang Tua, Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis keterlibatan orangtua dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, variabel-variabel yang memengaruhi keterlibatan orang tua, dan tantangan yang dihadapi orang tua di TK Tinta Khalifah di Malaysia. Penelitian ini, digunakan metode deskriptif kualitatif. Dua orang tua, satu guru, dan kepala sekolah, menjadi informan penelitian.. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Melalui keabsahan data, kepercayaan penelitian kualitatif dapat tercapai, maka usaha yang dilakukan peneliti ialah dengan triangulasi.  Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan; metodologi yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa partisipasi orangtua di TK Tinta Khalifah mengambil bentuk-bentuk berikut: parenting education, komunikasi, volunteer yang menyediakan makanan dan minuman serta perlengkapan untuk persiapan kegiatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan learning at home, dan kerja sama bersama masyarakat. faktor yang mempengaruhi pelibatan orang tua di Tadika Tinta Khalifah ialah faktor dari variable individu orang tua yang sibuk dengan pekerjaan mulai pagi hingga sore, faktor anak mempengaruhi pelibatan orang tua dengan adanya semangat belajar dan menambah motivasi pada diri anak. Kendala orang tua dari tuntutan waktu pekerjaan orang tua yang dimulai dari pagi hingga sore pada hari Senin hingga hari weekend ataupun kendala orang tua yang mempunyai urusan lain atau urusan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110-127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246

Anwar, R. N. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 1-7.

Asmawati, A., Listiana, A., & Romadona, N. F. (2019). Ketelibatan Orangtua Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Belajar Anak. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 86-94. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20603

Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Harefa, S., & Pohan, S. (2023). Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Ummi AIda Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2846

Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, N. L. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149-158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151-158. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Nadiana, A., Putri, W. R., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., & Rohmawati, L. (2023). Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kompetensi dan Karakter Peserta Didik dengan Model KOPHOG (Keterlibatan Orang Tua berbasis Penguatan Hubungan Orang Tua dan Guru). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9766-9773. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2925

Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64-76. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.13049

Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan orang tua terhadap pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19-30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702

Rahimah, R., & Koto, I. (2022). Implications of parenting patterns in the development of early childhood social attitudes. International Journal Reglement & Society (IJRS), 3(2), 129-133. https://doi.org/10.55357/ijrs.v3i2.226

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sari, R. N., Sari, R., Antariska, F., & Putri, Y. F. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Acara Bersama Hari Konsultasi Orang Tua Dan Kunjungan Rumah. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 236-244. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.178

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Tauhid, M. (2024). Analisis keterlibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran fiqih anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(2), 113-126. https://doi.org/10.71382/sinova.v2i2.133

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Ultavia B, A., Jannati, P., Malahati, F., Qathrunnada, & Shaleh. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Published

2025-03-14

How to Cite

Arum, I. S., & Rahman, A. (2025). Pelibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di Tadika Tinta Khalifah Malaysia. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 193–205. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5500

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.