Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Kepekaan Sosial: Peran Guru dalam Membangun Karakter Peserta Didik

Authors

  • Zulkifli Zulkifli Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Haliza Yuniar Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5468

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Kepekaan Sosial, Peran Guru, Karakter Peserta Didik

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami peran pendidik Agama Islam dalam membentuk kepekaan sosial siswa, mengingat tantangan yang dihadapi dalam proses pendidikan karakter dan sosial di sekolah, serta perlunya kolaborasi antara pendidik, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung implementasi nilai-nilai sosial berbasis Islam, yang dapat berkontribusi pada pembentukan karakter generasi yang lebih peduli dan berakhlak mulia di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidik Agama Islam dalam menumbuhkan kepekaan sosial pada siswa di SD Muhammadiyah Aimas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan peran pendidik dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial berbasis Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran penting dalam menumbuhkan kepekaan sosial melalui empat strategi utama, yaitu mengajarkan nilai-nilai Islam, membimbing praktik langsung melalui kegiatan sosial, memberikan teladan dalam kehidupan sehari-hari, serta menggunakan metode refleksi dan simulasi. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya memperoleh pemahaman tentang nilai-nilai sosial, tetapi juga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Namun, tantangan seperti perbedaan karakter siswa, kurangnya dukungan dari keluarga, dan keterbatasan waktu menjadi faktor yang mempengaruhi efektivitas implementasi kepekaan sosial di sekolah. Penelitian ini menyarankan perlunya kerjasama antara pendidik, keluarga, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan sosial berbasis Islam di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2022). Pengembangan Karakter Sopan Santun Peserta Didik: Studi Kasus Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 278-296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).8753

Alfarisi, A. S. (2020). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter di MTS Al Mizan Pandeglang. Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 8(2). https://doi.org/10.55171/jad.v8i2.417

Araniri, N. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Keberagamaan Yang Toleran. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1, March), 54-65. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1,%20March.122

Aziz, W., Safii, I., & Setiawan, E. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Organisasi Rohani Islam (Rohis) Di Smkn 4 Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(3), 188-202.

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi pendidikan agama Islam: Memperkuat nilai-nilai spiritual, etika, dan pemahaman keislaman dalam konteks modern. Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75-96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426

Fuady, S., & Rizaldi, R. M. A. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Berbasis Ajaran Islam: Sebuah Penelitian Pustaka. Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), 17(01), 69-87.

Hadi, R., Fazlur, M., & Jayadi, M. (2024). Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Peserta Didik Menurut Pandangan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(3). https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3

Hasnah, S., Susanto, N., Syafruddin, S., Solehuddin, M., & Yuniarti, E. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. At-Ta'dib, 18(1), 18-27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909

Hasnawati, H., Ma’ruf, M. W., & Jumadi, J. (2024). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Nilai Religius Pada Peserta Didik Kelas IV Di SD Inpres Pappareang Kec. Parangloe, Kab. Gowa. Referensi, 2(1).

Isnaeni, I. (2017). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Anak Di Kehidupan Sehari-hari. INSPIRASI (Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam), 1(1), 105-118. https://doi.org/10.61689/inspirasi.v1i1.7

Jamil, S., Irawati, I., Taabudilah, M. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesadaran Sosial dan Kemanusiaan. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 35-38. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.32

Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758-2771. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10090

Kurniawan, W., Andrianto, D., & Sopandi, N. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Di Smk Al Hadiid Cileungsi Bogor. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(3), 96-108. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i3.4210

Lesmana, I., Haryanto, S., & Fuadi, S. I. (2024). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(4), 311-324. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i4.408

Maallah, M. N. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Kecerdasan Sosial Peserta Didik. Jurnal Al-Ibrah, 7(1).

Miftakhuddin, M. (2020). Pengembangan model pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter empati pada generasi Z. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 1-16. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-01

Muali, C., & Qodratillah, K. R. (2018). Pengembangan karakter guru dalam menghadapi demoralisasi siswa perspektif teori dramaturgi. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(1), 102-126. https://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i1.2792

Ramdan, M. (2020). Sinergitas Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Karakter Siswa di Smk Negeri 1 Gunungputri. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 234-259. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.16191

Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14-29.

Rifa’i, A., & Choli, I. (2020). Relevansi Pendidikan Agama Islam Terintegrasi Dalam Membangun Karakter Bangsa Di Era Digital 4.0. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 59-76. https://doi.org/10.34005/elarbah.v4i01.1071

Rochmah, A. C., Wiyono, D. F., & Setiawan, E. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Mts Alma’ Arif Singosari. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 9(5), 31-45. https://doi.org/10.31538/ndh.v2i3.180

Rohani, R., & Kurniawati, E. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Digital (Studi Kasus Di Sdn 1 Tanjung Raja Giham). Jurnal Tahsinia, 5(5), 696-710. https://doi.org/10.57171/jt.v5i5.563

Shapitri, I. (2024). Implementasi Pembinaan Akhlak: Upaya dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Teladan Sei Rampah. As-Salam: Journal Islamic Social Sciences and Humanities, 2(2), 11-19.

Supriatman, T. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Multikultural Bagi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 3(1), 49-54.

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran penting pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12-12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115

Published

2025-03-01

How to Cite

Zulkifli, Z., & Yuniar, N. H. (2025). Pendidikan Agama Islam dan Pembentukan Kepekaan Sosial: Peran Guru dalam Membangun Karakter Peserta Didik. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 129–140. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5468

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.