Dampak COVID-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi pembelajaran online untuk siswa sekolah dasar di rumah akibat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan studi pustaka untuk mengumpulkan informasi data melalui teknologi dokumen, yaitu mencari data tentang hal-hal terkait dari berbagai jenis perpustakaan (seperti dokumen, buku, majalah, dan berita). Kriteria artikel dan berita terpilih adalah membahas dampak COVID-19 dan pembelajaran online di sekolah dasar. Dari 10 sumber yang didapat, pilih 3 artikel dan 6 item berita yang paling relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak COVID-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran online di sekolah dasar dapat terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil data 3 artikel dan 6 item berita.Data tersebut menunjukkan bahwa jika guru, siswa dan orang tua berkolaborasi antar home learning, maka dampak COVID-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran online di sekolah dasar bisa sangat baik untuk dicapai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Nasihudin Al Ansori. (2020). Belajar di Rumah Akibat Corona COVID-19, Ini Pendapat dan Harapan Anak Indonesia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Ashari, M. (2020). Proses Pembelajaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning, Vol.5(3).1.

Pengelola Web Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah.

Sobron, A.., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Suryawan, O. (2020). Guru Diminta Aktif Awasi Pembelajaran Daring Agar Siswa Tetap Fokus.

Tim, C. I. (2020). Corona, Kelas Daring, dan Curhat 2 Guru untuk Orang Tua. CNN Indonesia.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (ed.)).

Published

2021-07-15

How to Cite

Hasanah, U. (2021). Dampak COVID-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1289