Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi

Authors

  • Erna Yuliana Latif SD Negeri 103 Kalosi
  • Rahmawati Idrus SD Negeri 90 To'Cemba
  • Citra Ayu Perdana SD Negeri 68 Bassaran

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5444

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Deep Learning, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, seperti pembelajaran berbasis Deep Learning, untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di era digital yang terus berkembang, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran berbasis Deep Learning. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan model PTK Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup tes diagnostik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta pemahaman mereka terhadap literasi dan numerasi. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mencapai 72,22% dengan rata-rata nilai 72. Setelah dilakukan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 88,88% dengan rata-rata nilai 81. Peningkatan ini didukung oleh penggunaan bahan ajar digital yang lebih interaktif, bimbingan guru yang lebih intensif, serta metode pembelajaran yang lebih bervariasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Deep Learning efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Namun, masih terdapat kendala dalam pemahaman konsep yang lebih kompleks serta penggunaan media digital. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperluas cakupan dan durasi penelitian guna mengevaluasi dampak jangka panjang serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304

Andriana, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi. Jurnal Tiarsie, 18(4), 127-132. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v18i4.129

Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Systematic Literature Review: Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Pendekatan Media Pembelajaran Berbasis Game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84-99. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i5.1483

Atmojo, I. R. W., Muzzazinah, M., Ekawati, E. Y., Triastuti, R., Isnantyo, F. D., Sukarno, S., & Ramadian, R. K. (2025). Pelatihan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 6(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v6i1.14507

Cholik, M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan quizizz sebagai alat pembelajaran interaktif di smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 428-435. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4156

Gufron, I. A., & Suryahadikusumah, A. R. (2024). Kajian Aksiologi Pemebelajaran Berbasis Deep Learning pada Pendidikan Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 556-567. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21041

Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699

Herawati, R. (2022). Penerapan model gradual release of responsibility dalam penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335

Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273-282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1-12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Muyassaroh, I. (2023). Implementasi program kampus mengajar angkatan 4 dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 100-112. https://doi.org/10.17509/jppd.v10i2.63313

Naitili, C. A. (2024). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 160-171. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1223

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38-47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Son, A. L., Talan, M. R., Mone, F., & Jelahu, R. A. (2023). Profil kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah menengah pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 922-932. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6569

Wijaya, I. N. W. E., & Suardiasa, I. N. (2023). Pendampingan Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri Fatupisa. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 47-52. https://doi.org/10.35508/kjcs.v3i1.11303

Published

2025-03-01

How to Cite

Latif, E. Y., Idrus, R., & Perdana, C. A. (2025). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 73–84. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5444

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.