Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Deep Learning pada Siswa Kelas IV SD Negeri 103 Kalosi
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5444Keywords:
Peningkatan, Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Deep Learning, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif, seperti pembelajaran berbasis Deep Learning, untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di era digital yang terus berkembang, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran berbasis Deep Learning. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan model PTK Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup tes diagnostik, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis Deep Learning meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta pemahaman mereka terhadap literasi dan numerasi. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa mencapai 72,22% dengan rata-rata nilai 72. Setelah dilakukan perbaikan strategi pembelajaran pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 88,88% dengan rata-rata nilai 81. Peningkatan ini didukung oleh penggunaan bahan ajar digital yang lebih interaktif, bimbingan guru yang lebih intensif, serta metode pembelajaran yang lebih bervariasi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis Deep Learning efektif dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Namun, masih terdapat kendala dalam pemahaman konsep yang lebih kompleks serta penggunaan media digital. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperluas cakupan dan durasi penelitian guna mengevaluasi dampak jangka panjang serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih optimal.
Downloads
References
Adnyana, I. K. S. (2024). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-14. https://doi.org/10.37478/rjpbsi.v5i2.5304
Andriana, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Deep Learning Bagi Siswa Inklusi di Pendidikan Vokasi. Jurnal Tiarsie, 18(4), 127-132. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v18i4.129
Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Systematic Literature Review: Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Pendekatan Media Pembelajaran Berbasis Game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84-99. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i5.1483
Atmojo, I. R. W., Muzzazinah, M., Ekawati, E. Y., Triastuti, R., Isnantyo, F. D., Sukarno, S., & Ramadian, R. K. (2025). Pelatihan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 6(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v6i1.14507
Cholik, M. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan quizizz sebagai alat pembelajaran interaktif di smk. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(2), 428-435. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4156
Gufron, I. A., & Suryahadikusumah, A. R. (2024). Kajian Aksiologi Pemebelajaran Berbasis Deep Learning pada Pendidikan Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 556-567. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21041
Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699
Herawati, R. (2022). Penerapan model gradual release of responsibility dalam penguatan pembelajaran literasi dan numerasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 22-31. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.335
Herliani, Y. (2025). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa SMK Profita Kota Bandung dalam Menganalisis Teks Negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273-282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310
Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1-12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1341
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Muyassaroh, I. (2023). Implementasi program kampus mengajar angkatan 4 dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 100-112. https://doi.org/10.17509/jppd.v10i2.63313
Naitili, C. A. (2024). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 160-171. https://doi.org/10.37792/hinef.v3i1.1223
Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38-47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263
Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28
Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805
Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Son, A. L., Talan, M. R., Mone, F., & Jelahu, R. A. (2023). Profil kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah menengah pertama. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 922-932. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6569
Wijaya, I. N. W. E., & Suardiasa, I. N. (2023). Pendampingan Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri Fatupisa. Kelimutu Journal of Community Service, 3(1), 47-52. https://doi.org/10.35508/kjcs.v3i1.11303
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.