Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Siswa Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4774Keywords:
Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini memiliki urgensi yang signifikan dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Masalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, menjadi perhatian yang mendesak untuk diatasi.Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipilih karena mampu mendorong siswa untuk aktif dalam menemukan solusi atas masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoensia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media berbasis video siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitain ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument penilaian dalam bentuk tes. Desan penelitian PTK ini model siklus Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 66,81 dengan standar ketuntasan minimum siswa yaitu 70. Pada akhir dari siklus II, diperoleh peningkatan pada nilai siswa dimana nilai rata-rata naik menjadi 72,72 yang telah melampaui standar ketuntasan minimum pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Downloads
References
Agustina, E. D., Listiani, I., & Hidayat, T. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(11), 81-90. https://doi.org/10.9644/sindoro.v7i11.6704
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, 5(3), 2857-2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 790-803. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309
Fadhilaturrahmi, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 005 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.148
Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Islami, N. F., Ilmi, L. A., & MZ, A. S. A. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 704-714. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4195
Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145-152. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736
Lestari, R. W., & Rahmandani, F. (2023). Implementasi Problem Based Learning Berbasis E-LKPD Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 53-63. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2375
Muliana, M., Lestari, A. A., Hadaming, H., & Darmansyah, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Puisi Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 417-429. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4749
Oktaviyati, A. H., Herianto, E., Fauzan, A., & Ismail, M. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Bebasis Media Audio Visual dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2626-2631. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1510
Puspitawati, N. L. A. (2022). Penggunaan youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran daring bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 97-107. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.752
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis model problem based learning (pbl) bagi siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 938-946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Rahmananda, T., Haryadi, R., & Darma, Y. (2024). Kemampuan pemahaman matematis melalui inovasi video pembelajaran berbasis model problem based learning. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1), 90-102.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan video based laboratory terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 57-64. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725
Sari, D. P. P., Murtono, M., & Utomo, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Problem Based Learning dan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1305
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Silitonga, C. R., & Susanti, D. (2023). Penggunaan Project-Based Learning (PBL) Eco-Enzim untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak dan Bicara Anak. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 151-164. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2673
Trisnawati, T., Salimi, M., & Wahyudi, W. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa SD Kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.75411
Wijaya, K. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Pai Materi Zakat Berbasis Prinsip Kecerdasan Majemuk Di Sekolah Dasar: bahasa Indonesia. JIPIS, 32(2), 133-139. https://doi.org/10.33592/jipis.v32i2.4233
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.