Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Siswa Kelas 4 SD

Authors

  • Dewi Rizki Kurniawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Nawir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Kasmila Kasmila SDN Melayu Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4774

Keywords:

Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini memiliki urgensi yang signifikan dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia. Masalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, menjadi perhatian yang mendesak untuk diatasi.Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipilih karena mampu mendorong siswa untuk aktif dalam menemukan solusi atas masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoensia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media berbasis video siswa kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitain ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan instrument penilaian dalam bentuk tes. Desan penelitian PTK ini model siklus Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 66,81 dengan standar ketuntasan minimum siswa yaitu 70. Pada akhir dari siklus II, diperoleh peningkatan pada nilai siswa dimana nilai rata-rata naik menjadi 72,72 yang telah melampaui standar ketuntasan minimum pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, E. D., Listiani, I., & Hidayat, T. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 7(11), 81-90. https://doi.org/10.9644/sindoro.v7i11.6704

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning berbantuan media Youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal cendekia: jurnal Pendidikan matematika, 5(3), 2857-2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 790-803. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309

Fadhilaturrahmi, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 005 Air Tawar Barat. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.148

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Islami, N. F., Ilmi, L. A., & MZ, A. S. A. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 704-714. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4195

Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning dengan multimedia untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145-152. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736

Lestari, R. W., & Rahmandani, F. (2023). Implementasi Problem Based Learning Berbasis E-LKPD Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 53-63. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2375

Muliana, M., Lestari, A. A., Hadaming, H., & Darmansyah, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Puisi Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 417-429. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4749

Oktaviyati, A. H., Herianto, E., Fauzan, A., & Ismail, M. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Bebasis Media Audio Visual dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2626-2631. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1510

Puspitawati, N. L. A. (2022). Penggunaan youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran daring bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 97-107. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.752

Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan multimedia interaktif berbasis model problem based learning (pbl) bagi siswa sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(4), 938-946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465

Rahmananda, T., Haryadi, R., & Darma, Y. (2024). Kemampuan pemahaman matematis melalui inovasi video pembelajaran berbasis model problem based learning. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6(1), 90-102.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan video based laboratory terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(2), 57-64. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i2.5725

Sari, D. P. P., Murtono, M., & Utomo, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Problem Based Learning dan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1305

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Silitonga, C. R., & Susanti, D. (2023). Penggunaan Project-Based Learning (PBL) Eco-Enzim untuk Mengembangkan Kemampuan Menyimak dan Bicara Anak. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 151-164. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2673

Trisnawati, T., Salimi, M., & Wahyudi, W. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan LKPD Elektronik untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa SD Kelas V. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.75411

Wijaya, K. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Pai Materi Zakat Berbasis Prinsip Kecerdasan Majemuk Di Sekolah Dasar: bahasa Indonesia. JIPIS, 32(2), 133-139. https://doi.org/10.33592/jipis.v32i2.4233

Published

2024-11-26

How to Cite

Kurniawati, D. R., Nawir, M., & Kasmila, K. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Siswa Kelas 4 SD . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 541–552. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4774

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.