Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Puisi Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4749Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Membaca Puisi, Metode Demonstrasi, PTKAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yakni kurangnya pemahaman siswa mengenai teknik membaca puisi yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mengikuti langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan jika masalahnya belum terpecahkan dalam satu siklus kegiatan maka dapat dilanjutkan pada siklus berikutnya. Penelitian perbaikan pembelajaran ini menggunakan objek penelitian yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah sebanyak 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca puisi melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata 80,00 (80%) jauh lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 69,00 (69%) dalam kemampuan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun diakui bahwa penerapan metode pembelajaran ini belum maksimal karena keterampilan dasar membaca siswa masih kurang. Penelitian ini dapat dilakukan kembali dengan skop yang lebih besar pada lokasi yang lain sehingga hasilnya dapat lebih menyakinkan.
Downloads
References
Anggara, R. W. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1012-1018. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.160
Asna, M., Halidjah, S., & Utami, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27606
Darmawati, D., Erfinawati, E., & Ismawirna, I. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Membaca Puisi Siswa Kelas X MAN 5 Aceh Besar, Kecamatan Daruh Imarah Kabupaten Aceh Besar. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(3), 88-92. https://doi.org/10.32672/btm.v3i3.3485
Eliza, M., Malta, M., & Junaidi, J. (2023). Pengaruh Strategi Modelling The Way Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Dan Keterampilan Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 910-921. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1061
Ferdianti, D., Asiah, N., & Arono, A. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 34-49. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33547
Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan metode experiential learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2351
Indarwati, N. (2021). Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 782-791. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.160
Kartika, Y. (2021). Pembelajaran Membaca Puisi dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Guru Indonesia, 1(2), 70-74. https://doi.org/10.51817/jgi.v1i2.111
Khoirunnisa, K., Nurjanah, C., & Patmawati, I. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Sekolah Menengah Pertama: Studi Pustaka. Jurnal Guru Indonesia, 4(1), 28-35. https://doi.org/10.51817/jgi.v4i1.848
Liando, M. R., Mutahang, Y., & Tumurang, H. J. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Membaca Puisi Siswa kelas V SD Katolik V St Agustinus Tomohon. Dinamika Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1584
Listyoadi, G. (2023). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas II SD Kanisius Klepu. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(6), 1091-1097. https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18915
Maidah, M., Miftachudin, M., & Muttaqin, M. F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 pada Mata Pelajaran PKN Materi Pancasila dengan Metode Demonstrasi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 117-128. https://doi.org/10.35878/guru.v4i2.1188
Mandey, S., & Mamahit, A. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Kr. 1 Tomobui. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 935-940. https://doi.org/10.5281/zenodo.8393913
Muchyi, D. Z., Puspita, Y. C., & Imelda, M. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Membaca Puisi Kelas X. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(01), 48-57. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.827
Mulyawati, D. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa SD dalam Membaca Puisi melalui Metode Demontrasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Abad Ke-21, 1(1), 37-42. https://doi.org/10.53889/jpak.v1i1.206
Okyranida, I. Y., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 158-166. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57
Pratiwi, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII di SMP IT Almaka Jakarta. Kajian Sastra Nusantara Linggau, 2(3), 105-113. https://doi.org/10.55526/kastral.v2i3.425
Ramadan, P. Y., Iskandar, S., & Sari, N. T. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Di Sd Negeri I Nagrikidul. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 527-537. https://doi.org/10.5281/zenodo.10081098
Ramadani, R. C. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII Di Smp Negeri 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 59-73. http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9286
Ridlo, M. R., & Laili, U. N. (2023). Meningkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Minat Baca Dengan Menggunakan Model Sosiodrama Siswa Kelas X MA Nurul Huda. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 277-286. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.389
Sardiana, I. N. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Peserta Didik Kelas Xb Sma Negeri 1 Rendang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.59789/deiksis.v2i1.100
Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di Sdn 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181
Tumewang, F. E., Ratu, D. M., & Liando, M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Maliku. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 270-281. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1719
Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284-294. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.638
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.