Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Puisi Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar

Authors

  • Muliana Muliana Universitas Muhammadiah Makassar
  • Andi Ayu Lestari Universitas Muhammadiah Makassar
  • Hamdana Hadaming Universitas Muhammadiah Makassar
  • Darmansyah Darmansyah Universitas Muhammadiah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4749

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Membaca Puisi, Metode Demonstrasi, PTK

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yakni kurangnya pemahaman siswa mengenai teknik membaca puisi yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus mengikuti langkah-langkah seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan jika masalahnya belum terpecahkan dalam satu siklus kegiatan maka dapat dilanjutkan pada siklus berikutnya. Penelitian perbaikan pembelajaran ini menggunakan objek penelitian yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah sebanyak 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca puisi melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas Kelas V SD Inpres Hartaco Indah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus II dengan rata-rata 80,00 (80%) jauh lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 69,00 (69%) dalam kemampuan membaca puisi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun diakui bahwa penerapan metode pembelajaran ini belum maksimal karena keterampilan dasar membaca siswa masih kurang. Penelitian ini dapat dilakukan kembali dengan skop yang lebih besar pada lokasi yang lain sehingga hasilnya dapat lebih menyakinkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, R. W. (2021). Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1012-1018. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.160

Asna, M., Halidjah, S., & Utami, S. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i9.27606

Darmawati, D., Erfinawati, E., & Ismawirna, I. (2021). Penerapan Metode Demontrasi Membaca Puisi Siswa Kelas X MAN 5 Aceh Besar, Kecamatan Daruh Imarah Kabupaten Aceh Besar. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(3), 88-92. https://doi.org/10.32672/btm.v3i3.3485

Eliza, M., Malta, M., & Junaidi, J. (2023). Pengaruh Strategi Modelling The Way Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Dan Keterampilan Literasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 910-921. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1061

Ferdianti, D., Asiah, N., & Arono, A. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X MIPA E SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. TRIADIK, 22(1), 34-49. https://doi.org/10.33369/triadik.v22i1.33547

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan metode experiential learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2351

Indarwati, N. (2021). Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 782-791. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.160

Kartika, Y. (2021). Pembelajaran Membaca Puisi dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Guru Indonesia, 1(2), 70-74. https://doi.org/10.51817/jgi.v1i2.111

Khoirunnisa, K., Nurjanah, C., & Patmawati, I. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Puisi Sekolah Menengah Pertama: Studi Pustaka. Jurnal Guru Indonesia, 4(1), 28-35. https://doi.org/10.51817/jgi.v4i1.848

Liando, M. R., Mutahang, Y., & Tumurang, H. J. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Membaca Puisi Siswa kelas V SD Katolik V St Agustinus Tomohon. Dinamika Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.36412/dilan.v1i1.1584

Listyoadi, G. (2023). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia kelas II SD Kanisius Klepu. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(6), 1091-1097. https://doi.org/10.22460/collase.v6i6.18915

Maidah, M., Miftachudin, M., & Muttaqin, M. F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 pada Mata Pelajaran PKN Materi Pancasila dengan Metode Demonstrasi. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 117-128. https://doi.org/10.35878/guru.v4i2.1188

Mandey, S., & Mamahit, A. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Kr. 1 Tomobui. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 935-940. https://doi.org/10.5281/zenodo.8393913

Muchyi, D. Z., Puspita, Y. C., & Imelda, M. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Membangun Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Pembelajaran Membaca Puisi Kelas X. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 4(01), 48-57. https://doi.org/10.46772/semantika.v4i01.827

Mulyawati, D. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa SD dalam Membaca Puisi melalui Metode Demontrasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Abad Ke-21, 1(1), 37-42. https://doi.org/10.53889/jpak.v1i1.206

Okyranida, I. Y., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Fisika SMA Kabupaten Karawang. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 158-166. https://doi.org/10.55506/arch.v2i2.57

Pratiwi, D. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII di SMP IT Almaka Jakarta. Kajian Sastra Nusantara Linggau, 2(3), 105-113. https://doi.org/10.55526/kastral.v2i3.425

Ramadan, P. Y., Iskandar, S., & Sari, N. T. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Menggunakan Video Pembelajaran Di Sd Negeri I Nagrikidul. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 527-537. https://doi.org/10.5281/zenodo.10081098

Ramadani, R. C. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi Kelas VIII Di Smp Negeri 4 Tapung Hilir. Journal of Education and Teaching, 1(1), 59-73. http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9286

Ridlo, M. R., & Laili, U. N. (2023). Meningkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Minat Baca Dengan Menggunakan Model Sosiodrama Siswa Kelas X MA Nurul Huda. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 277-286. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.389

Sardiana, I. N. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Peserta Didik Kelas Xb Sma Negeri 1 Rendang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.59789/deiksis.v2i1.100

Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas Iv Dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di Sdn 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181

Tumewang, F. E., Ratu, D. M., & Liando, M. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks dengan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Maliku. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 270-281. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1719

Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284-294. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.638

Published

2024-11-07

How to Cite

Muliana, M., Lestari, A. A., Hadaming, H., & Darmansyah, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Membaca Puisi Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SD Inpres Hartaco Indah Kota Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 417–429. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4749

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.