Peningkatan Minat Baca Siswa melalui Pemanfaatan Media Bigbook pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Taeng
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4737Keywords:
Peningkatan, Minat Baca, Media Bigbook, Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya minat baca siswa kelas II SD Negeri Taeng sebelum penggunaan media pembelajaran Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peningkatan minat baca siswa melalui penggunaan Media Pembelajaran Big Book di kalangan siswa kelas II SD Negeri Taeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menerapkan metodologi dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas II SD Negeri Taeng, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Tipe penelitian ini bersifat siklus dengan memanfaatkan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Hasil tes minat baca siswa mengalami peningkatan dimana diperoleh rata-rata persentase hasil minat baca siswa pra siklus sebesar 21% dengan kategori sangat kurang, Kemudian mengalami peningkatan setelah diterapkan media Big Book pada siklus I menunjukkan pencapaian sebesar 71% dengan kategori baik. Kemudian, dalam siklus II, angka yang dicapai adalah 81% dengan kategori baik. Rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 74,3% dan termasuk dalam kategori tinggi, sementara pada siklus II, persentase yang diperoleh adalah 87,9% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kegiatan belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil yang positif, di mana para siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran menggunakan media Big Book, dengan persentase 81,25% yang dinilai sangat aktif, sedangkan pada siklus II mencapai 92,75% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media Big Book dalam pembelajaran dapat meningkatkan ketertarikan baca siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri Taeng.
Downloads
References
Akbar, A., Annisa, N., & Rahman, R. (2022). Penggunaan Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v6i1.400
Ariyani, D., Firmansyah, I., & Andriani, M. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Minat Belajar Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Ii Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 7004-7012. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9063
Dayu, D. P. K., & Anggrasari, L. A. (2017). Pengaruh penggunaan media big book writing terhadap keterampilan menulis bahasa indonesia siswa kelas 5 SD negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 9(1), 21-32. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.114
Firmansyah, F., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Dengan Menggunakan Media Big Book Pada Kelas III SDN Lialang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1626-1638. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11432
Hadian, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212-242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Hanum, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Media Big Book pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 1 SDIT Ar-Ridha Desa Pantai Cermin. ALACRITY: Journal of Education, 391-398. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i3.471
Khairani, N., Ahmad, A., Sari, P. P., Apriliani, E. N., & Azizah, A. N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Big Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 170-178. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2504
Kristina, N., & Rahan, N. W. (2023). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN Percobaan Palangka Raya: The Use of Big Book Media to Improve Reading Ability for Beginners of First Grade Students at SDN Percobaan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.69743/edumedia.v1i2.15
Lahagu, K., Siregar, N., & Harahap, N. (2023). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 0304 Siundol. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 80-87. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.450
Misrawati, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Big Book Pada Peserta Didik Kelas I Sdn 24 Temmalebba Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 173-182. https://doi.org/10.24256/pijies.v1i2.405
Muzdalifah, I., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 44-53. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p44-53
Nabila, A., Satria, W., & Ramadhani, R. (2024). Pengembangan Bigbook Berbasis Metode Eja Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 302-308. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.826
Ningsih, A. P., Djokaho, M. P., & Bulu, V. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Big Book Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas II SD Inpres Tenau Kota Kupang. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 3058-3064. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2976
Nurjani, N., Adlani, N., & Suwarno, S. (2024). Implementasi Media Big Book dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 58-66. https://doi.org/10.24176/wasis.v5i1.12124
Octorina, D., & Rakhmawati, D. (2023). Pengembangan Media Big Book Dengan Metode Sas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 273-285. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.700
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738-745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581
Riyanto, A., Hartinah, S., & Purwanto, B. E. (2024). Pengembangan Media Big Book Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Kelas Awal Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 3224-3232. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1436
Safitri, A. W., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Mariati, P. (2024). Implementasi Media Big Book dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar di UPT SDN 226 Gresik. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 199-205. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.756
Samanhudi, M. S., Sriwijayanti, R. P., & Jannah, F. (2023). Penerapan Media Big Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 247-256. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.5295
Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 51-62. https://doi.org/10.51675/jp.v15i1.479
Ulfa, D. L., & Sudarti, D. O. (2023). Penerapan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 di Mi Raudhatus Shalihin Kotabumi Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(02), 60-69. https://doi.org/10.70294/juperan.v2i02.302
Ulfa, M., Yusuf, P. N. Y., & Sirait, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa melalui Media Big Book. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.862
Utami, T., Sukarno, S., & Sriyanto, M. I. (2019). Penerapan media pembelajaran big book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 7(2), 43-48. https://doi.org/10.20961/ddi.v7i2.31624
Wandira, P. N., Lestari, H., & Mukri, R. (2023). Efektivitas Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Minat Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bogor. Primer Edukasi Journal, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.56406/jpe.v2i1.134
Yasin, F. N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 142-153. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i2.28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.