Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN 212 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4647Keywords:
Meningkatkan, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Talking Stick, Pelajaran IPAAbstract
Penelitian ini penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya di kelas IV SDN 212 Pinrang, dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi tantangan dalam pembelajaran IPA, serta menjadi referensi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah-sekolah lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 212 Pinrang melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 212 Pinrang dengan Jumlah siswa 32. Hasil Penelitian menunjukkanpPada siklus I, dari 32 siswa, hanya 10 siswa (31,25%) yang mencapai ketuntasan dengan nilai minimal 75, sedangkan 22 siswa (68,75%) belum tuntas. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 85, sementara nilai terendah adalah 55, dengan ketuntasan klasikal hanya mencapai 31,25%. Pada siklus II, setelah dilakukan perbaikan, termasuk pemberian bimbingan lebih intensif dan peningkatan interaksi siswa, hasil belajar siswa meningkat signifikan. Dari 32 siswa, 28 siswa (87,5%) berhasil mencapai ketuntasan, sementara 4 siswa (12,5%) belum tuntas. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa meningkat menjadi 90, dan nilai terendah menjadi 65. Ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 87,5%, yang menunjukkan bahwa perbaikan yang dilakukan berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA dan memperbaiki keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
Downloads
References
Amini, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Muatan PPKN Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 316-323. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1550
Aminah, S. (2022). Penggunaan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Bumi dan Alam Semesta Siswa. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.54065/pelita.2.1.2022.210
Dewi R. T. A., Eka Putri Atjo, S., & Ashar, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Pada Mata Pelajaran Ipa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 302–308. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6799
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 47–58. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2349
Hariati, E., & Sari, E. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Negeri 050735 Serapuh AslI. Pragmatik: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1(1), 64-76.
Hidayah, E. N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(2), 271. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.40759
Irfan, A. Z. (2023). Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VI DI SDN Mertak Paok. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 2195-2201. https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.9125
Irmawati, S., Prasetyo, T., & Hartono, R. (2022). Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Masalah Sosial. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 23–31. https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.47
Juhardi, juhardi, & Amirullah, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Keanekaragaman Biota Perairan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 51-59. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1473
Kamalia, P. U. (2023). Analisis strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik: Systematic literature review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192. https://doi.org/10.46963/asatiza.v4i3.1231
Meliala, C. S., Tambunan, J., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 121308 Kota Pematangsiantar. Pande Nami Jurnal (PNJ), 1(2), 143-149.
Muslimin, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Keterampilan Permainan Sepak Bola PJOK Melalui Penerapan Model Role Playing Siswa Kelas VI SD Inpres Padaelo Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 341-349. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.344
Nurfaida, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Sebatik. Aufklarung: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(9), 11-32.
Rajagukguk, N., Simarmata, E. J., & Anzelina, D. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas Iv Sd Negeri 097375 Tiga Raja. Jurnal Guru Kita PGSD, 4(4), 33. https://dx.doi.org/10.24114/jgk.v4i4.19980
Ramadhan, N. S., Nawir, M., & Salam, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Dan Model Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 18(1), 35-46. https://doi.org/10.21067/jppi.v18i1.9813
Rifkiyani, P., Corneliesta, E. C., & Widodo, S. T. (2023). Keefektifan Model Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban. Jurnal Basicedu, 7(6), 3771-3780. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6389
Sari, S., & Wijayanti, A. (2017). Talking stick: hasil belajar IPA dan kemampuan kerjasama siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2). https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1642
Seika Ayuni, I. G. A. P. A., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183.
Sulistyani, I. D. A. P., Murda, I. N., & Dibia, K. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tinga-Tinga. Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1).
Selvi, N., & Afni, N. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bakung I Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 6-12. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.320
Banjarnahor, Y. G., Sihombing, L. N., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tema 2 Subtema 1 di UPTD SD Negeri 122357 Jl. Jati Pematang Siantar. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 899-906.https://doi.org/10.55681/nusra.v4i4.1710
Supardi, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungsari. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 623–627.
Tati, A. D. R., Atjo, S. E. P., & Ashar, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran IPA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 302-308. https://doi.org/10.55606/ay.v5i2.447
Trianti L. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar Ips. International Journal of Elementary Education, 1(4), 290.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.