Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Metode Round Club Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa

Authors

  • Andi Nurul Khaerunnisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • A. Muzkiah Idris Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Adam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Setiawan Uthama Jaya Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4623

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Metode Round Club, PTK, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan menggunakan metode round club pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa tes evaluasi dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa rata-rata 67,85 pada siklus I dan meningkat menjadi rata-rata 80,14 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I 60% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode round club dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Artha, S. L., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Dengan Software Precalculus Solved Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Limit. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 24-27. https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.115

Feriyanti, L., & Kuswono, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Round Club (Keliling Kelompok) Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Sejarah. SwarnaDwipa, 2(1). http://dx.doi.org/10.24127/sd.v2i1.760

Fitri, A. (2017). Pengembangan Model Cooperative Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.839

Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45-55. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1130

Indrawati, S. W. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis melalui Model Pembelajaran Round Club Pada SDN 92 Palembang. PERNIK, 3(1), 72-83. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4846

Iryanti, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe round club peserta didik kelas IVA SD negeri 64/IV kota jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 264-273. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.644

Kosmayadi, E., & Yanto, A. (2021). Penerapan model pembelajaran round club untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 60-66. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i1.34485

Koten, M. E. (2022). Penerapan Kooperatif Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sikap Tanggungjawab Dalam Berinteraksi Dengan Orang Lain Pada Peserta Didik Kelas V Sdn Lamatou Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Pelayanan Pastoral, 1-23. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.285

Marmuniati, N. A., Tahir, M., & Indraswati, D. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 384-389. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5774

Nenotek, M. I. E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Dengan Model Pembelajaran Round Club. PENSOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 2(1), 63-72. https://doi.org/10.59098/pensos.v2i1.1532

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Purba, D. (2016). Analisa Peningkatan Softskill Dan Hardskill Mahasiswa Melalui Pembelajaran Scl Dan Rc Dengan Machine Learning. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 19-24. https://doi.org/10.17605/jti.v1i2.31

Rachmatiah, R., Syamsuri, A. S., & Rajab, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Inpres 162 Kampung Beru Kabupaten Takalar. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(3), 146-160. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i3.1521

Rajab, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Murid Kelas V SD Inpres Parang Beru Kabupaten Gowa. EDULEC: Education, Language, and Culture Journal, 3(2), 237-253. https://doi.org/10.56314/edulec.v3i2.155

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69

Rizka, R., & Khaulah, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Round Club pada Materi Matriks. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 86-91. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.879

Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121-125. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2505

Sirait, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik (PAKAT) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Round Club Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 274-281. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.645

Susanti, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Round Club untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 53-61. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5195

Wahyuni, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasi Belajar PAI. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 20-37. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2129

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Wati, R. N., & Supriyadi, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Round Club berbantuan Media Monopoly Game Smart pada Peserta Didik Kelas VB Di SDN-1 Sabaru Palangka Raya Tahun Pelajaran 2016/2017: Efforts to Improve Learning Outcomes of Mathematics by Implementing Round Club Learning Models Assisted by Smart Monopoly Game Media in Class VB Students at SDN-1 Sabaru Palangka Raya 2016/2017 Academic Year. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i1.582

Published

2024-10-31

How to Cite

Khaerunnisa, A. N., Idris, A. M., Adam, A., & Jaya, S. U. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Metode Round Club Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 405–416. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4623

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.