Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Metode Round Club Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4623Keywords:
Hasil Belajar, IPAS, Metode Round Club, PTK, Siswa Sekolah DasarAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan menggunakan metode round club pada siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini berupa tes evaluasi dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar siswa rata-rata 67,85 pada siklus I dan meningkat menjadi rata-rata 80,14 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I 60% dan meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dengan demikian, penerapan metode round club dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Inpres Tinggimae Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034
Artha, S. L., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Dengan Software Precalculus Solved Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Limit. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1), 24-27. https://doi.org/10.51179/asimetris.v1i1.115
Feriyanti, L., & Kuswono, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Round Club (Keliling Kelompok) Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Sejarah. SwarnaDwipa, 2(1). http://dx.doi.org/10.24127/sd.v2i1.760
Fitri, A. (2017). Pengembangan Model Cooperative Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v2i1.839
Gaurifa, M., & Harefa, D. (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45-55. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1130
Indrawati, S. W. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis melalui Model Pembelajaran Round Club Pada SDN 92 Palembang. PERNIK, 3(1), 72-83. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4846
Iryanti, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe round club peserta didik kelas IVA SD negeri 64/IV kota jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 264-273. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.644
Kosmayadi, E., & Yanto, A. (2021). Penerapan model pembelajaran round club untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 60-66. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i1.34485
Koten, M. E. (2022). Penerapan Kooperatif Round Club Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sikap Tanggungjawab Dalam Berinteraksi Dengan Orang Lain Pada Peserta Didik Kelas V Sdn Lamatou Tahun Ajaran 2020-2021. Jurnal Pelayanan Pastoral, 1-23. https://doi.org/10.53544/jpp.v3i1.285
Marmuniati, N. A., Tahir, M., & Indraswati, D. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 384-389. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5774
Nenotek, M. I. E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Dengan Model Pembelajaran Round Club. PENSOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 2(1), 63-72. https://doi.org/10.59098/pensos.v2i1.1532
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Purba, D. (2016). Analisa Peningkatan Softskill Dan Hardskill Mahasiswa Melalui Pembelajaran Scl Dan Rc Dengan Machine Learning. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 19-24. https://doi.org/10.17605/jti.v1i2.31
Rachmatiah, R., Syamsuri, A. S., & Rajab, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Inpres 162 Kampung Beru Kabupaten Takalar. BLAZE: Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 2(3), 146-160. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i3.1521
Rajab, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Round Club Terhadap Keterampilan Berbicara Murid Kelas V SD Inpres Parang Beru Kabupaten Gowa. EDULEC: Education, Language, and Culture Journal, 3(2), 237-253. https://doi.org/10.56314/edulec.v3i2.155
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.69
Rizka, R., & Khaulah, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Round Club pada Materi Matriks. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2), 86-91. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.879
Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7(2), 121-125. https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2505
Sirait, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik (PAKAT) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Round Club Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 274-281. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.645
Susanti, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Round Club untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 53-61. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5195
Wahyuni, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasi Belajar PAI. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 20-37. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2129
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Wati, R. N., & Supriyadi, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Round Club berbantuan Media Monopoly Game Smart pada Peserta Didik Kelas VB Di SDN-1 Sabaru Palangka Raya Tahun Pelajaran 2016/2017: Efforts to Improve Learning Outcomes of Mathematics by Implementing Round Club Learning Models Assisted by Smart Monopoly Game Media in Class VB Students at SDN-1 Sabaru Palangka Raya 2016/2017 Academic Year. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 8-14. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i1.582
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.