Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Melalui Penggunaan Media Poster DI UPT SDN 90 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4580Keywords:
Hasi Belajar IPS, Media Poster, Penelitian Tindakan Kelas, PeningkatanAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa, yang disebabkan oleh kurangnya variasi metode pembelajaran dan minimnya penggunaan media pembelajaran menarik. Penggunaan metode ceramah yang dominan membuat siswa bosan dan pasif, sementara kurangnya media visual, seperti poster, menyulitkan siswa dalam memahami konsep abstrak IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan media poster untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV UPT SDN 90 Kab. Pinrang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas IV UPT SDN 90 Kab. Pinrang tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini meliputi (1) tahap perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Lembar observasi dan tes dijadikan sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV UPT SDN 90 Kab. Pinrang. Hasil penelitian yang dilakukan di UPT SDN 90 Pinrang menunjukkan bahwa penggunaan media poster terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS. Pada siklus I, 72% siswa berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sementara pada siklus II, persentase tersebut meningkat menjadi 84% dengan rata-rata nilai 87,88. Peningkatan ini mengindikasikan adanya perkembangan dalam pemahaman siswa setelah penerapan media poster. Penelitian ini menemukan bahwa media poster efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep pembelajaran IPS, dengan visual yang menarik dan informasi yang jelas.
Downloads
References
Ade Sabrani, M. (2024). Penggunaan Media Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 123/1 Hajran Kabupaten Batanghari. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(2), 63-71. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i2.10548
Astuti, R. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Poster Pada Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 98-106. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.27074
Cahyani, R., Nurhidayati, R. F., & Utami, F. B. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dan Media Poster Dalam Pembelajaran Tema Cita-Citaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Tanah Sareal 4 Kota Bogor. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-10. https://doi.org/10.572349/seroja.v3i2.436
Darung, A., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran geografi menggunakan poster infogrfis. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27-41. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v1i1.183
Efendi, S. (2021). Penggunaan Media Grafis Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 24 Koto Malintang. Jurnal sosial dan sains, 1(7), 688-697. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i7.155
Eli, W. O. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Poster Session Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 122-130. https://doi.org/10.36709/jipsd.v4i2.38
Fahreza, F., & Julianda, R. (2018). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar pada pembelajaran IPS siswa kelas V SDN Langung. Visipena, 9(1), 31-46. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.428
Fauziah, I. N., Suarti, S., & Riniati, W. O. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 3 melalui Media Poster Kelas IV di SD Negeri 4 Sangiawambulu. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 119-129. https://doi.org/10.35326/penuhasa.v1i1.3845
Febriana, A. M. U., Ansyah, E., & Taufiqurrahman, M. (2021). Penggunaan Media Poster dan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak: Sebuah Pengaruh. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(3), 144-152. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i3.359
Jongu, A., & Bano, V. O. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), 10(1), 25-36. https://doi.org/10.29407/jbp.v10i1.19584
Kurniastuti, D., & Zulfiati, H. M. (2023). Penggunaan Media Poster Dan Crosswords Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Negara-Negara ASEAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6287-6298. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11827
Maysella, Y. G., Imam, S., & Cholifah, P. S. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis Ppt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 682–687. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p682-687
Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan minat belajar siswa dengan media pembelajaran konvensional dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1529-1534. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4902
Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169-186. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.15
Putrielis, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS MAN 3 Kota Pekanbaru Pada KD Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Journal of Exploratory Dynamic Problems, 1(4), 87-95. https://doi.org/10.31004/edp.v1i4.102
Sadiyah, F., & Rezania, V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Materi IPS Kelas VI Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4517–4534. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9068
Safitri, J., Sulistri, E., & Marhayani, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V Pada Materi Makanan Sehat Di SD Negeri 09 Danau Peradah. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 504–509. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.307
Sasmita, L., & Prayudi, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.59584/jundikma.v3i1.68
Situngkir, W., Sinaga, C. V. R., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema2 Kelas IV SD Negeri No. 124386 Jl. Pisang. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 199-207. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2page199-207
Sulfany, L., Hermuttaqien, B. P. F., & Makkasau, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran'Poster'terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V di Sekolah Dasar. Melior: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 58-68. https://doi.org/10.56393/melior.v3i2.1828
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.