Pengembangan Media Scrapbook Materi Warisan Budaya Indonesia Pada Pembelajaran IPAS
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4494Keywords:
Media Scropbook, Warisan Budaya, Pembelajaran IPAS, ADDIEAbstract
Urgensi dari penelitian ini terletak pada perlunya media pembelajaran yang inovatif dan menarik, seperti scrapbook, untuk meningkatkan kevalidan dan kepraktisan proses belajar mengajar IPAS. Dengan mengembangkan media tersebut, diharapkan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran yang lebih efektif dan mudah diterapkan di lingkungan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media scrapbook pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD 6 Getassrabi, Desa Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, dari Maret hingga Agustus 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevaliditan media scrapbook materi warisan budaya Indonesia yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 98,43%, dan tingkat kepraktisan media scrapbook yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata diperoleh sebesar 95,25%. Simpulan penelitian ini adalah media scrapbook dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPAS.
Downloads
References
Alwi, M., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Meta analisis pengembangan modul IPAS berorientasi kearifan lokal lombok di sekolah dasar. http://dx.doi.org/10.29210/30033592000
Amalina, Aulia Fatwa. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Health Sains. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i5.90
Harjanti, Rina, Supriyati, Yetty, & Rahayu, Wardani. (2019). Evaluation of Learning Programs at Elementary School Level of “ Sekolah Alam Indonesia ( SAI )”. ( Evaluative Research Using Countenance Stake ’ s Model ). 7(2), 125–132. https://doi.org/10.12691/education-7-2-2
Ikhsani, Nasa Mayyisi Ikhsani, & Alfiansyah, Iqnatia Alfiansyah. (2023). Persepsi Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Elementaria Edukasia. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7132
Ilfa, Muhammad Khaza, Ardianti, Sekar Dwi, & Kuryanto, Mohammad Syafruddin. (2023). Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.2979
Islami, Amalia Nur, Pratiwi, Ika Ari, & Ismaya, Erik Aditia. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3031
Khoirin, Lukman. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.435
Khotimah, Tutik, Pratiwi, Ika Ari, & Fardani, Much Arsyad. (2021). An Analysis of Game Difficulty in ˋˋGame Panjol’’. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v5i7.9333
Lailiyah, Fauzan, & Istianah, Farida. (2020). Pengembangan media komik siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08(01), 89–99.
Muktadir, Abdul, Darmansyah, Ady, & Kamelia, Yella. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Tematik Bagi Guru-guru di SDN 57 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.15-20
Nabila, G., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Media Ludo Kebhinekaan Pada Pembelajaran IPS Keberagaman Budaya (Studi Analisis Kebutuhan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar). Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 9(1), 35-52. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i1.8308
Nurpratama, Rika Rosiana, & Faznur, Lutfi Syauki. (2023). Pengembangan Media Scrapbook terhadap Keterampilan Menulis Pantun pada Kelas VII. KABASTRA: Kajian Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31002/kabastra.v2i2.269
Nuzula, Nur Firdausi, Sari, Arissona Dia Indah, & Subayani, Nataria Wahyuning. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Rme Materi Perkalian Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p167-174
Pasaribu, Wirda Ichsani, & Silalahi, Beta Rapita. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas Iv Sd. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.279
Pratiwi, Ika Ari, Afisa, Zahra Rifqa, & Fajrie, Nur. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Kota Pati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5573
Putri, Riyan Aryuning, Pratiwi, Ika Ari, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054
Rahmawanti, Novi, Mashuri, Mohan Taufiq, & Nurjanah, Nurjanah. (2020). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah PendidikanIPA. https://doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251
Sarta, I. F., & Wuryasturi, S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Banten Pada Tema 2 Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 40-46.https://doi.org/10.37150/perseda.v6i1.1775
Verawati, Ni Nyoman Sri Putu. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran di Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 168–175.
Wulandhari, Sri, Sukaesih, Nunung Siti, & Sutresna, Iyos. (2023). Perbandingan Pendidikan Kesehatan melalui Media Scrapbook dan Ceramah Mengenai Pencegahan Demam Berdarah Dengue pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i2.1599
Yono, Sugi, & Estiastuti, Arini. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Digital Model Problem-Based Learning Pada Muatan Ips. Joyful Learning Journal. https://doi.org/10.15294/jlj.v11i1.54857
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.