Pengembangan Media Scrapbook Materi Warisan Budaya Indonesia Pada Pembelajaran IPAS

Authors

  • Fitri Novita Sari Fitri Universitas Muria Kudus
  • Moh. Syafruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4494

Keywords:

Media Scropbook, Warisan Budaya, Pembelajaran IPAS, ADDIE

Abstract

Urgensi dari penelitian ini terletak pada perlunya media pembelajaran yang inovatif dan menarik, seperti scrapbook, untuk meningkatkan kevalidan dan kepraktisan proses belajar mengajar IPAS. Dengan mengembangkan media tersebut, diharapkan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran yang lebih efektif dan mudah diterapkan di lingkungan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media scrapbook  pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD 6 Getassrabi, Desa Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, dari Maret hingga Agustus 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevaliditan media scrapbook materi warisan budaya Indonesia yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 98,43%, dan tingkat kepraktisan media scrapbook yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata diperoleh sebesar 95,25%. Simpulan penelitian ini adalah media scrapbook dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, M., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Meta analisis pengembangan modul IPAS berorientasi kearifan lokal lombok di sekolah dasar. http://dx.doi.org/10.29210/30033592000

Amalina, Aulia Fatwa. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Dengan Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Health Sains. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i5.90

Harjanti, Rina, Supriyati, Yetty, & Rahayu, Wardani. (2019). Evaluation of Learning Programs at Elementary School Level of “ Sekolah Alam Indonesia ( SAI )”. ( Evaluative Research Using Countenance Stake ’ s Model ). 7(2), 125–132. https://doi.org/10.12691/education-7-2-2

Ikhsani, Nasa Mayyisi Ikhsani, & Alfiansyah, Iqnatia Alfiansyah. (2023). Persepsi Guru Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Elementaria Edukasia. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7132

Ilfa, Muhammad Khaza, Ardianti, Sekar Dwi, & Kuryanto, Mohammad Syafruddin. (2023). Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.2979

Islami, Amalia Nur, Pratiwi, Ika Ari, & Ismaya, Erik Aditia. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Di Desa Tunjungharjo Kecamatan Tegowanu Grobogan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3031

Khoirin, Lukman. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.435

Khotimah, Tutik, Pratiwi, Ika Ari, & Fardani, Much Arsyad. (2021). An Analysis of Game Difficulty in ˋˋGame Panjol’’. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v5i7.9333

Lailiyah, Fauzan, & Istianah, Farida. (2020). Pengembangan media komik siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 08(01), 89–99.

Muktadir, Abdul, Darmansyah, Ady, & Kamelia, Yella. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Scrapbook dalam Pembelajaran Tematik Bagi Guru-guru di SDN 57 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan. https://doi.org/10.33369/abdipendidikan.3.1.15-20

Nabila, G., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Media Ludo Kebhinekaan Pada Pembelajaran IPS Keberagaman Budaya (Studi Analisis Kebutuhan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar). Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 9(1), 35-52. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i1.8308

Nurpratama, Rika Rosiana, & Faznur, Lutfi Syauki. (2023). Pengembangan Media Scrapbook terhadap Keterampilan Menulis Pantun pada Kelas VII. KABASTRA: Kajian Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.31002/kabastra.v2i2.269

Nuzula, Nur Firdausi, Sari, Arissona Dia Indah, & Subayani, Nataria Wahyuning. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Rme Materi Perkalian Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p167-174

Pasaribu, Wirda Ichsani, & Silalahi, Beta Rapita. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa Materi Struktur Dan Fungsi Tumbuhan Kelas Iv Sd. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.279

Pratiwi, Ika Ari, Afisa, Zahra Rifqa, & Fajrie, Nur. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Kota Pati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5573

Putri, Riyan Aryuning, Pratiwi, Ika Ari, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054

Rahmawanti, Novi, Mashuri, Mohan Taufiq, & Nurjanah, Nurjanah. (2020). Pengaruh media scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Natural: Jurnal Ilmiah PendidikanIPA. https://doi.org/10.30738/natural.v6i2.5251

Sarta, I. F., & Wuryasturi, S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Banten Pada Tema 2 Di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 40-46.https://doi.org/10.37150/perseda.v6i1.1775

Verawati, Ni Nyoman Sri Putu. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran di Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 168–175.

Wulandhari, Sri, Sukaesih, Nunung Siti, & Sutresna, Iyos. (2023). Perbandingan Pendidikan Kesehatan melalui Media Scrapbook dan Ceramah Mengenai Pencegahan Demam Berdarah Dengue pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i2.1599

Yono, Sugi, & Estiastuti, Arini. (2022). Pengembangan Media Scrapbook Digital Model Problem-Based Learning Pada Muatan Ips. Joyful Learning Journal. https://doi.org/10.15294/jlj.v11i1.54857

Published

2024-09-29

How to Cite

Fitri, F. N. S., Kuryanto, M. S. ., & Pratiwi, I. A. . (2024). Pengembangan Media Scrapbook Materi Warisan Budaya Indonesia Pada Pembelajaran IPAS. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 291–300. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4494

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.