Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTSN 8 Agam Tahun Ajaran 2021/2022

  • Luthfia Wulandari UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: LKPD, Teori Belajar, Konstruktivisme, Mind Map, Pembelajaran Matematika

Abstract

Peserta didik hanya mendengarkan penjelasan pendidik dan menyalin penjelasan pendidik ke buku catatan. Buku paket dan buku PR matematika dari penerbit adalah sumber pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Buku-buku ini belum memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan konsep matematika secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD (Bahan Ajar dan Pembelajaran) yang sah, praktis, dan efektif berdasarkan teori belajar konstruktivisme, dilengkapi dengan mind map, untuk digunakan di kelas VII di MTsN 8 Agam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang memanfaatkan paradigma pengembangan Sugiyono. Sampel yang digunkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 8 Agam, yang berjumlah 31 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dengan instruktur dan peserta didik di MTsN 8 Agam. Pendekatan pengembangan Sugiono terdiri dari enam tahap: identifikasi kemungkinan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, penyempurnaan desain, dan pengujian produk. LKPD tersebut divalidasi oleh tiga validator dan kemudian diubah berdasarkan komentar mereka. Uji praktikalitas dinilai dengan angket respons peserta didik, sedangkan uji efektivitas dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil kajian pengembangan yang telah dilakukan, LKPD ini telah mencapai tingkat kevalidan sebesar 81% yang berarti tingkat kevalidannya sangat tinggi. Tingkat kepraktisan LKPD ini sebesar 88,69% yang berarti telah memenuhi syarat sangat praktis. Selain itu, LKPD ini telah terbukti sangat efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 83,87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika berbasis Teori Belajar Konstruktivisme dengan penerapan Mind Map dalam Pembelajaran Matematika kelas VII MTsN 8 AGAM dinyatakan sahih, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifin, Z. (2017). “Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur”. Bandung: Rosdakarya.

Aryani, P., Ramaita, R., Sangkut, R., & Peserta didiknto, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Mind Mapping PAI di SDIT Ummatan Wahidah. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 225-232.https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2016

Djamaludin, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaafah Learning Center.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Hayati, K., Muhammad, I., & Isfayani, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik pada Materi Persamaan Kuadrat Kelas IX SMP Negeri 2 Bireuen. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 219-228.https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7461

Imamuddin, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik berdasarkan gaya belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 11-20. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5138

Indrayani, I., Rusdi, R., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada Pembelajaran Matematka Kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek Tahun Pelajaran 2021/2022. Journal on Education, 5(3), 5944-5961.

Istiqamah, I., & Prastowo, A. (2021). Perencanaan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi di MIS Bidayatul Hidayah Rafa Percut Sei Tuan). MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 1(1), 99-104. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v1i1.50

Mulyati, M. (2019). Menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam menumbuhkan peminatan anak usia dini terhadap pelajaran. Alim, 1(2), 277-294.

Nada, Q., Zaini, M., & Ajizah, A. (2022). Implementasi e-LKPD liveworksheets archaebacteria dan eubacteria: Pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA: Implementation of e-LKPD live worksheets of archaebacteria and eubacteria: Its effect on cognitive learning outcomes and critical thinking skills of MIPA grate X students. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(2), 88-96. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i2.21

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204-213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691

Nisa, W. Z., & Fitrihidajati, H. (2024). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(1), 30-38. https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n1.p30-38

Nurdin, S., & Adriontoni, A. (2016). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prastowo, A. (2018). Sumber Belajar & Pusat Sumber Belajar teori dan aplikasinya di sekolah/madrasah. Jakarta: Kencana.

Rahmat, T. (2017). Proses Berpikir Mahapeserta didik PMTK IAIN Bukittinggi Dalam Meyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tarbiyah, 24(2).http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.212

Rahmiati, R., & Pianda, D. (2018). Strategi dan Implementasi Pembelajaran Matematika di Depan Kelas. Jawa Barat: CV Jejak.

Rayanto, Y. H., & Sugianti, S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Rizki, M., & Fitri, R. (2024). Meta-Analysis’ Validity of Booklet on the Human Reproductive System as a Supplementary Biology Teaching Material for High School. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 10(1), 43-50. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v10i1.21549

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. Purwakarta: CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sahril, S., Al Idrus, A., & Syukur, A. (2022). Pengembangan LKPD pencemaran lingkungan berbasis PBI (problem based instruction) untuk meningkatkan literasi sains dan berpikir kritis peserta didik smp/mts di kabupaten lombok tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2379-2393. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.863

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, B. A. (2019). Pemikiran Ikhwanus Shafa Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan di Indonesia. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 1-18. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v13i1.616

Suyono, S., & Hariyanto, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Published
29-08-2024
How to Cite
Wulandari, L., Rusdi, R., Isnaniah, I., & Rahmat, T. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTSN 8 Agam Tahun Ajaran 2021/2022. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 217-232. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4382