Persepsi Guru Terhadap Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Malang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4051Keywords:
Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstract
Berlakunya kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran di sekolah dasar memberikan dampak positif dan negatif. Perlunya persepsi guru untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum merdeka guna perbaikan dan evaluasi merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan proses analisis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 12 guru sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pakis, Kecamatan Jabung, dan Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Data yang dianalisis bersumber dari hasil wawancara. Tahapan analisis data antara lain (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru memiliki peran penting terhadap keterlaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, (2) perubahan kurikulum ini menimbulkan terjadinya perubahan dinamika pembelajaran di SD seperti perubahan perangkat pembelajaran, perubahan waktu belajar, dan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, serta (3) adanya hambatan yang dialami guru untuk mencapai pembelajaran yang efektif dalam penerapan kurikulum merdeka seperti kurangnya pengalaman dengan merdeka belajar, keterbatasan referensi, kurangnya fasilitas pembelajaran, banyaknya administrasi pembelajaran, minimnya penguasaan teknologi pembelajaran, dan kurangnya pelatihan.
Downloads
References
Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Dewi, R. S. I., & Mudrikah, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 500–511. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.327
Habibah, M. (2022). Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Sittah: Journal of Primary Education, 3(1), 76-89. https://doi.org/10.30762/sittah/v3i1.11
Herunata, H., Widarti, H. R., Amalia, R., Sulistina, O., Habiiddin, H., & Rosli, M. S. bin. (2020). An Analysis of Higher Order Thinking Skill ( HOTs ) in Chemistry National Examination for Senior High School. AIP Conference Proceedings, 2215(020009), 1–8. https://doi.org/10.1063/5.0000639
Irawan. (2016). Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 297–315. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-07
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 2322–2336. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.572
Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.
Kurniawan, A., Yanti, H., & Abdurrahman, A. (2023). Menajemen kurikulum merdeka belajar dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran di SD Negeri 16 Meulaboh-Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1927-1935. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1424
KemendikbudRI. (2024). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.
Mizwar, Usman, & Suyanta. (2024). Hambatan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kabupaten Bireuen. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 2(1), 39-48.
Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 1(2), 202-224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219
Putri, I., Sabrina, S. I., Budiman, N., Tri, W., Utami, P., & Galur, B. K. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran DI SD Negeri 3 BrosoT. 5(1), 51–60.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rumiati, R., Ayuni, R. P., Wulandari, R., Saputri, S. D., & Monica, T. (2024). Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Proses Pembelajaran di SDN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.272
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Sobri, M., Liani, A., Zuwiranti, A., Myati, T., & Nur Widiyati, R. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka SD/MI di Indonesia. Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 26–34.
Amiruddin, A., Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5487-5492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11934
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/jpsh.v13i2.65142
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.