Persepsi Guru Terhadap Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Malang

Authors

  • Fernadiksa Rasta Putra Pratama Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4051

Keywords:

Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

Berlakunya kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran di sekolah dasar memberikan dampak positif dan negatif. Perlunya persepsi guru untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum merdeka guna perbaikan dan evaluasi merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan proses analisis kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 12 guru sekolah dasar yang berada di Kecamatan Pakis, Kecamatan Jabung, dan Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Data yang dianalisis bersumber dari hasil wawancara. Tahapan analisis data antara lain (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru memiliki peran penting terhadap keterlaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran, (2) perubahan kurikulum ini menimbulkan terjadinya perubahan dinamika pembelajaran di SD seperti perubahan perangkat pembelajaran, perubahan waktu belajar, dan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran, serta (3) adanya hambatan yang dialami guru untuk mencapai pembelajaran yang efektif dalam penerapan kurikulum merdeka seperti kurangnya pengalaman dengan merdeka belajar, keterbatasan referensi, kurangnya fasilitas pembelajaran, banyaknya administrasi  pembelajaran, minimnya penguasaan teknologi pembelajaran, dan kurangnya pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Dewi, R. S. I., & Mudrikah, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 500–511. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.327

Habibah, M. (2022). Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Sittah: Journal of Primary Education, 3(1), 76-89. https://doi.org/10.30762/sittah/v3i1.11

Herunata, H., Widarti, H. R., Amalia, R., Sulistina, O., Habiiddin, H., & Rosli, M. S. bin. (2020). An Analysis of Higher Order Thinking Skill ( HOTs ) in Chemistry National Examination for Senior High School. AIP Conference Proceedings, 2215(020009), 1–8. https://doi.org/10.1063/5.0000639

Irawan. (2016). Paradigma Keilmuan Manajemen Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 297–315. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-07

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 2322–2336. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.572

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Kurniawan, A., Yanti, H., & Abdurrahman, A. (2023). Menajemen kurikulum merdeka belajar dalam menerapkan nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran di SD Negeri 16 Meulaboh-Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1927-1935. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1424

KemendikbudRI. (2024). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.

Mizwar, Usman, & Suyanta. (2024). Hambatan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kabupaten Bireuen. Indonesian Journal of Islamic and Social Science, 2(1), 39-48.

Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43–57. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal ilmiah dinamika sosial, 1(2), 202-224. https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.219

Putri, I., Sabrina, S. I., Budiman, N., Tri, W., Utami, P., & Galur, B. K. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran DI SD Negeri 3 BrosoT. 5(1), 51–60.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rumiati, R., Ayuni, R. P., Wulandari, R., Saputri, S. D., & Monica, T. (2024). Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Proses Pembelajaran di SDN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.272

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Sobri, M., Liani, A., Zuwiranti, A., Myati, T., & Nur Widiyati, R. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka SD/MI di Indonesia. Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 3(2), 26–34.

Amiruddin, A., Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2023). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5487-5492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11934

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/jpsh.v13i2.65142

Published

2024-09-29

How to Cite

Pratama, F. R. P. (2024). Persepsi Guru Terhadap Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Malang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 301–311. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4051

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.