Studi Komparasi Kinerja Guru Bersertifikasi dan Nonsertifikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Serang Banten
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.281Keywords:
Kinerja, Sertifikasi, Implementasi Kurikulum 2013Abstract
Kinerja guru merupakan kegiatan yang dilaksanakan seorang guru dalam pembelajaran yang sudah direncanakan sebagai tugas dan tanggungjawabnya di sekolah. Fakta di lapangan, sejak digulirkannya kurikulum 2013 guru masih belum maksimal dalam memahami prosedur melaksanakan pembelajaran saintifik dan penilaian autentik di sekolah, padahal sebagian guru telah memiliki sertifikat pendidik dan menerima tunjangan sertifikasi sebesar satu kali gaji sebagai bentuk penghargaan atas keprofesionalannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif komparatif yakni dengan melakukan pengamatan, studi dokumentasi, dan wawancara serta triangulasi kepada informan terpilih di 3 sekolah berbeda di Kabupaten Serang Banten. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja guru bersertifikasi dan non sertifikasi dalam menyusun rencana pembelajaran, dalam melaksanakan proses pembelajaran saintifik guru dalam melaksanakan penilaian autentik, dan dalam menunjukkan etos kerja guru bersertifikasi telah tergolong baik sedangkan guru non sertifikasi tergolong kategori cukup. Dengan demikian, semua guru dan pemerintah seharusnya dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi terlebih bagi guru yang telah bersertifikat pendidik.
Downloads
References
Akbar, S. D., A’yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Barnawi dan Mohamma Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: ar-Ruzz Media.
BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Dantes, N. (2008). Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses Dan Produk dalam Pembelajaran yang Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan pada IHT di SMAN 1 Kuta Utara.
Darling-Hammond, L., Ancess, J., & Falk, B. (1995). Authentic assessment in action: Studies of schools and students at work. Teachers College Press.
Day, C., & Sachs, J. (2004). Professionalism, performativity and empowerment: Discourses in the politics, policies and purposes of continuing professional development. International handbook on the continuing professional development of teachers, 3-32.
Erni, E., & Kilawati, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 11-15. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.102
Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105
Jaedun, A. (2009). Evaluasi Kinerja Profesional Guru. Makalah pada Pelatihan” Refleksi Profesi Guru Bersertifikat Profesional” di Kantor Dinas Dikpora Kabupaten Cilacap, tanggal 12 Oktober 2009.
Kolb, D. A. (1976). Management and the Learning Process. California Management Review, 18(3), 21–31. DOI: https://doi.org/10.2307/41164649
Koswara, D. dan Suryadi. (2007). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: UPI Press.
Miles B., Matthew & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta.
Saondi, O & Aris, S. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo
Tarihoran, N. (2012), Pendidikan Profesi guru dan Mutu Pendidikan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, 4(2), 113-122.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.