Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan

  • Femi Yunita Ravinski Universitas Trilogi
  • Winda Amelia
Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, WhatsApp, Kualitatif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan pembelajaran daring melalui WhatsApp pada masa pandemi covid-19, yang meliputi faktor pendukung, faktor penghambat, dan upaya guru dan siswa mengatasi masalah kesulitan belajar yang mempengaruhi pembelajaran daring melalui WhatsApp di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIA SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan salah satu guru dan enam orang siswa kelas IIIA. Hasil peneilitian ini yaitu, (1) Motivasi guru, buku mata pelajaran, dan handphone yang digunakan saat pembelajaran daring merupakan faktor pendukung pembelajaran daring. (2) Faktor penghambat yaitu kurangnya media pembelaran yang digunakan guru dan materi yang digunakan guru terpaku pada buku tematik, guru jarang menggunakan Google Meet atau Zoom Meeting. Kondisi kesehatan siswa, kesiapan fasilitas penunjang siswa dan pendampingan orang tua. (3) Upaya yang dilakukan guru yaitu; memberi motivasi, memberi kelonggaran waktu untuk siswa mengirim tugas, dan mengadakan remedial. Upaya siswa yaitu, meminta bimbingan orang tua dan membaca berulang materi pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adila, N. (2020). Faktor Yang Memengaruhi Kesulitan Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Gowa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan.

Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi WhatsApp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio.

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling.

Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Iplementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.

Dewi, A. K., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Yang Dialami Guru Dan Peserta Didik Pada Pelajaran Tema 4 KD 3.10 Di Kelas III Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indira.

Dewi, W. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal.

Hayat, S. (2021). Kesulitan belajar daring siswa kelas X Mipa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kota Surabaya. UIN Sunan Ampel.

Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jaya, I. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant.

Kompri. (2017). Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Makki, I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan pembelajaran. Pamekasan.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.

Moloeng, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung.

Pratiwi , N. Q. (2021). Penggunaan Media Sosial WhatsApp Oleh Guru Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar. Repsitory Universitas Jambi.

Rafendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, Vol III.

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Hamid, M. A., Sudarsana, I. K., Sahri, S., . . . Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rumengan, I. M., Lumenta, A. S., & Paturusi, S. D. (2019). Pembelajaran Daring Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat. Jurnal Teknik Informatika.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Sena, W. B. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Materi Statistika Mata Pelajaran Matematika Pada MTS Negeri Di Grobogan. IAIN Salatiga.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sidiq, U., Choiri, M. M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal).

Suardi, M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudaryana, B. (2018). Metode Penelitian Teori dan Praktek Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo .

Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: Rajawali Pers.

Surya, A., Sularmi, S., Istiyati, S., & Prakoso, R. F. (2018). Finding Hots-Based Mathematical Learning In Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik.

Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Wulandari, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Kartu Uno Sebagai Media Permainan Tentang Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN Brosot Dan SDN Prembulan Galur Kulonprogo. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Published
14-03-2022
How to Cite
Ravinski, F. Y., & Amelia, W. (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 40-47. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1581
Section
Articles