Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan pembelajaran daring melalui WhatsApp pada masa pandemi covid-19, yang meliputi faktor pendukung, faktor penghambat, dan upaya guru dan siswa mengatasi masalah kesulitan belajar yang mempengaruhi pembelajaran daring melalui WhatsApp di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIA SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan salah satu guru dan enam orang siswa kelas IIIA. Hasil peneilitian ini yaitu, (1) Motivasi guru, buku mata pelajaran, dan handphone yang digunakan saat pembelajaran daring merupakan faktor pendukung pembelajaran daring. (2) Faktor penghambat yaitu kurangnya media pembelaran yang digunakan guru dan materi yang digunakan guru terpaku pada buku tematik, guru jarang menggunakan Google Meet atau Zoom Meeting. Kondisi kesehatan siswa, kesiapan fasilitas penunjang siswa dan pendampingan orang tua. (3) Upaya yang dilakukan guru yaitu; memberi motivasi, memberi kelonggaran waktu untuk siswa mengirim tugas, dan mengadakan remedial. Upaya siswa yaitu, meminta bimbingan orang tua dan membaca berulang materi pembelajaran.
Downloads
Metrics
References
Adila, N. (2020). Faktor Yang Memengaruhi Kesulitan Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Gowa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan.
Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi WhatsApp Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio.
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling.
Darmadi, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi Konsep Dasar, Teori, Strategi dan Iplementasi dalam Pendidikan Globalisasi. An1mage.
Dewi, A. K., Rukayah, R., & Daryanto, J. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Yang Dialami Guru Dan Peserta Didik Pada Pelajaran Tema 4 KD 3.10 Di Kelas III Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indira.
Dewi, W. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Dzalila, L., Ananda, A., & Zuhri, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pemahaman Belajar Mahasiswa. Jurnal Signal.
Hayat, S. (2021). Kesulitan belajar daring siswa kelas X Mipa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kota Surabaya. UIN Sunan Ampel.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Jaya, I. L. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Teori Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Quadrant.
Kompri. (2017). Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.
Makki, I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan pembelajaran. Pamekasan.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Bandar Lampung: Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.
Moloeng, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Sarnu Untung.
Pratiwi , N. Q. (2021). Penggunaan Media Sosial WhatsApp Oleh Guru Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Daring Siswa Sekolah Dasar. Repsitory Universitas Jambi.
Rafendi, T. P., Pridana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, Vol III.
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Hamid, M. A., Sudarsana, I. K., Sahri, S., . . . Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rumengan, I. M., Lumenta, A. S., & Paturusi, S. D. (2019). Pembelajaran Daring Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Papua Barat. Jurnal Teknik Informatika.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Sena, W. B. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Materi Statistika Mata Pelajaran Matematika Pada MTS Negeri Di Grobogan. IAIN Salatiga.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sidiq, U., Choiri, M. M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal).
Suardi, M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Sudaryana, B. (2018). Metode Penelitian Teori dan Praktek Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana, N., & Ibrahim. (2014). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo .
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: Rajawali Pers.
Surya, A., Sularmi, S., Istiyati, S., & Prakoso, R. F. (2018). Finding Hots-Based Mathematical Learning In Elementary School Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik.
Winarti, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan.
Wulandari, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Kartu Uno Sebagai Media Permainan Tentang Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN Brosot Dan SDN Prembulan Galur Kulonprogo. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Copyright (c) 2022 Femi Yunita Ravinski, Winda Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.