Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menjawab Soal-Soal Perkalian dan Pembagian Kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan belajar menjawab soal-soal perkalian dan pembagian kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran Matematika dan Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menjawab soal-soal perkalian dan pembagian di kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang di dapat adalah pada pembelajaran perkalian siswa cukup aktif dalam menjawab soal-soal perkalian dan untuk pembelajaran pembagian hanya terlihat 1 siswa yang aktif menjawab soal-soal pembagian dari guru.
Downloads
Metrics
References
Ayu, W., Herawati, H., Nugraheni Tri Lestari, N., & I Made Alit Gu nawan, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Kartu Uno Sebagai Media Permainan Tentang Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Brosot Dan Sdn Prembulan Galur Kulonprogo (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
Helaluddin & Hengki, W. (2019). Analisis Data Kualitatif.
Heruman. 2008. Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85-93.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan belajar. Bogor, Indoensia: Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47-53
Sandu, S., & Muhammad, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing,
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Jakarta, Indoensia: Javalitera.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitisn Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya: edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Tarigan, J. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 064979 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2029/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).
Umar, S., & Miftachul., C. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.
Copyright (c) 2022 Zahra Firdausya Puteri Nurenda, Winda Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.