Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menjawab Soal-Soal Perkalian dan Pembagian Kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat

  • Zahra Firdausya Puteri Nurenda Universitas Trilogi Jakarta
  • Winda Amelia
Keywords: Kesulitan Belajar, Perkalian, Pembagian, Menjawab Soal, Kualitatif

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan belajar menjawab soal-soal perkalian dan pembagian kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran Matematika dan Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menjawab soal-soal perkalian dan pembagian di kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang di dapat adalah pada pembelajaran perkalian siswa cukup aktif dalam menjawab soal-soal perkalian dan untuk pembelajaran pembagian hanya terlihat 1 siswa yang aktif menjawab soal-soal pembagian dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ayu, W., Herawati, H., Nugraheni Tri Lestari, N., & I Made Alit Gu nawan, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Kartu Uno Sebagai Media Permainan Tentang Buah Dan Sayur Pada Anak Sekolah Dasar Di Sdn Brosot Dan Sdn Prembulan Galur Kulonprogo (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Helaluddin & Hengki, W. (2019). Analisis Data Kualitatif.

Heruman. 2008. Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ichsan, I., & Ali, A. (2020). Metode Pengumpulan Data Penelitian Musik Berbasis Observasi Auditif. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(2), 85-93.

Jamaris, M. (2014). Kesulitan belajar. Bogor, Indoensia: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. 2010. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47-53

Sandu, S., & Muhammad, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing,

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.

Subini, N. (2011). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Jakarta, Indoensia: Javalitera.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitisn Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya: edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, J. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas Iv Sdn 064979 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2029/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Quality).

Umar, S., & Miftachul., C. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24-32.

Published
14-03-2022
How to Cite
Nurenda, Z. F. P., & Amelia, W. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menjawab Soal-Soal Perkalian dan Pembagian Kelas V SDS Lazuardi Cordova Jakarta Barat. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 64-68. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1582
Section
Articles