Analisis Tingkat Pemahaman Materi Sanitasi Lingkungan dengan Film Dokumenter pada Mahasiswa

Authors

  • Asri Asri Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1291

Keywords:

Sanitasi Lingkungan, Film Dokumenter, Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencemaran lingkungan berupa limbah sanitasi, sehingga Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Paopo diberikan pembelajaran dengan menggunakan film dokumenter sebanyak 31 orang. Langkah penelitian adalah metode tindakan pembuatan kit film dokumenter yang divalidasi oleh ahli media pembelajaran agar layak digunakan dan soal evaluasi menggunakan software Google Form untuk dilakukan secara online oleh siswa setelah proses pembelajaran. Kemampuan memahami materi siswa dalam kategori sedang sebanyak 22 orang dari total sampel 31 orang, hasil belajar kemampuan siswa dalam memahami materi penyehatan lingkungan berada pada kategori sedang dengan persentase 71 persen. Kategori rendah memahami materi sebanyak 9 orang dengan persentase 29 persen yang artinya kemampuan memahami materi penyehatan lingkungan dengan menggunakan film dokumenter kurang baik sehingga mendapatkan hasil kategori rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armitage, Andy & Jane Evershed, Dennis Hayes, Alan Hudson, Janis Kent, Shirley Lawes, Mandy Renwick. 2012. Teaching and Training in Lifelong Learning. New York:Aptara Inc.ional: Lessons From around the world: OECD Publishing

Asri, 2019. Anilisis Model Belajar Lingkungan Hidup Menggunakan Video Dokumeneter sebagai metode informasi pada penduduk pesisir Kabupaten Luwu Utara. Politeknik Ujingpandang: Journal SNP2M 2019.

Asri, R. Junaid, dan S. Saputra. 2020. The Development Of Learning Model Through Video Documentary To Improve Environmental Knowledge Of Coastal Residentrs Of Palopo City, Indonesia. Indonesian Journal of Science Education (Jurnal Pendidikan IPA Indonesia) 9(3):970 – 407. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.23358

Asri, Rusdiana J., dan Saddang S. 2019 Model Belajar Lingkungan Pesisir dan Etika Pengelolaan Wilayah. Gowa Sulawesi Sealatan. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI) Anggota IKAPI.

Asri. 2016. Pendidikan Lingkungan Hidup di SMK Berbasis Teknologi Informasi. Gowa Sulawesi Selatan. Global Research and Consulting Institute (Global-RCI) Anggota IKAPI.

Chiras, Daniel. 1991. Environmental Science. Redword City California: Cummings Publishing Company, Inc

Fátima Viteria, Geraldine Clareboutb and Marion Crauwelsa. (2014). Children’s recall and motivation for an environmental education video with supporting pedagogical materials. Environmental Education Research. ISSN: 14695871, 13504622. DOI: 10.1080/13504622.171734. Vol. 20 No. 2 Page: 228 – 247. DOI: https://doi.org/10.1080/13504622.2013.771734

Made, 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Rachmad K, 2009. Sosiologi Lingkungan. Jakarta: PT RajaGrafindo

Soerjani, 2009. Pendidikan Lingkungan. Jakarta: UI-Press.

Sukardi. (2016). Educational research methodology. PT.Bumi Aksara. ISBN: 979-526-852-X.

Sharon E.Smaldino, & Deborah L. Lowther, & James D. Russell. (2012). Instructional Technology and Media for Learning.Terjemahkan oleh: Arif Rahman. Jakarta: Pranada Media Group Indonesia. ISBN: 9786028730594.

Prasetyo & Hariyanto, (2018). Indonesia environmental education (Basic pedagogy and methodology). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya Indonesia, ISBN: 9786024461867

Winkel, (2019). teaching psychology. Jogyakarta. Media Abadi Indonesia, ISBN: 9793525169.

Published

2020-10-31

How to Cite

Asri, A. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Materi Sanitasi Lingkungan dengan Film Dokumenter pada Mahasiswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 118–127. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1291

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.