Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.119Keywords:
Hasil Belajar, Metode Penemuan TerbimbingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing di kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Melalui penelitian ini diharapkan guru sekolah dasar memiliki pengetahuan tentang metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang (siklus) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan dengan mata pelajaran IPA pada materi cahaya. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang terdiri dari pemberian soal atau masalah kepada siswa, pengembangan data, data processing, verivikasi dan generalisasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama cukup baik, pertemuan kedua mengalami peningkatan dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II mengalami peningkatan dalam kategori sangat baik. Aktivitas mengajar guru juga mengalami perkembangan dari setiap siklus. Siklus I dalam kategori baik, pada siklus II dalam kategori sangat baik. Selain itu, tampak pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya. Siklus I nilai ketuntasan siswa hanya mencapai 43%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 89%.
Downloads
References
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Tingkat SD/MI. Jakarta: Direktorat Mendikti.
Khaeruddin dan Sudjiono, E.H. (2005). Pembelajaran Sains(IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Makassar.
Kilawati, A., & Yanti, R. (2019). Hubungan Outdor Activity dengan Scene Setting dalam Skill Mengajar Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 6 - 10
Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mengefetivitasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana, (1989). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.
Wardani, I.G.A.K. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra., Udin S dkk. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yanti, R., & Riady, A. (2019). Korelasi Kebiasaan Membaca dan Kemampuan Literasi Sains. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 1-5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.