PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTS. AL-KHAERIYAH MURANTE

Authors

  • Sukria Sukria Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Rio Fabrika Pasandaran Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbandingan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Al-Khaeriyah Murante. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Al-Khaeriyah Murante yang terdiri dari dua kelas dan dengan teknik total sampling terpilih dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas Eksperimen 1 dan VIII A sebagai kelas eskperimen 2. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Al-Khaeriyah Murante sebelum diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi bangun ruang sisi datar berada pada kateogri sangat rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berada pada kategori sedang. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Al-Khaeriyah Murante sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar berada pada kateogri sangat rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berada pada kategori sedang. 3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik dibandingkan dengan  model Problem Based Learning (PBL).

Downloads

Download data is not yet available.

References

DEA, W. A., & RAHMAWATI, T. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.647
Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 51–55. https://doi.org/10.22219/jppg.v2i2.14834
Hindriyanto, R. A., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1092. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12682
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Masi, L., Misu, L., & Pitasari, D. (2022). J urnal Pendidikan Matematika. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa, 13(2), 156–166.
OCDE. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education. Pisa 2022, I, 491.
Pasandaran, R. F. (2019). Representasi Matematika Dalam Penyelesaian Masalah Non Rutin. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v2i1.23
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa [Project-based learning model, creativity and student learning outcomes]. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/index
Ratri, I. R., & Nurfalah, E, . (2023). Studi Komparasi Model Problem Based Learning (Pbl) dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tuban …. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 10985–11001. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3454%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/3454/2457
Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. 6(1), 29–42.
Solong, A., Nasir, M., & Ferawati, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMPN 5 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022/2023. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 12–17. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol1.iss3.242
Triningsih, R., & Mawardi, M. (2020). Efektivitas Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 51–56. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3228
Yara, Y.S. & Taufik, M. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sukria, S., Basir, F. ., & Pasandaran, R. F. . (2024). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI MTS. AL-KHAERIYAH MURANTE. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 508–518. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/5414

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>